Class review 11th
Beberapa hari
ini cuaca sangat panas, khususnya saat ini di Cirebon. Apalagi pada siang ini, panasnya terasa
banget. Namun itu semua tidak menghalangi saya untuk tetap menuliskan class
review yang dengar-dengar bahwa ini adalah class review yang terakhr. Saya yang
sendiri namun hanya ditemani oleh buku passport
(class review) dan pulpen mencoba untuk menuliskan kata demi kata untuk
merangkai kalimat serta paragraph yang menarik agar enak dibaca.
Mungkin ini adalah class review saya yang terakhir pada
semester ini. Tetapi walaupun demikian, saya berharap kalau pun ini telah
selesai, semangat untuk menulispun tidak akan pernah pudar atau selesai. Akan
tetapi dengan bekal kebiasaan setiap minggu menulis class review, walaupun
awalnya karena paksaan, semoga saja ini menjadi modal awal untuk menuju
cita-cita saya yang ingin menjadi
seorang penulis.
Pada hari selasa tanggal 06 mei 2014 kemarin, Mr.Lala
masuk kembali ke kelas yang sudah dua pertemuan tidak masuk untuk menerangkan
kembali mengenai teks argumentative essay. Tetapi pada minggu yang lalu Mr.
Lala mengecek satu persatu hasil outline teks argumentative essay dari kami.
Namun sebelumnya menjelaskan alasan apa saja yang harus ada di argumentative
essay nanti, juga lebih memantapkan lagi mengenai alasan yang akan dituliskan
dalam teksnya kita.
Ketika kami ditanya oleh Mr. Lala, apa alasan yang paling
utama, mengapa papua harus tetap menjadi bagian dari NKRI ? kemudian kamipun
menjawabnya dengan menyebutkan beberapa alasannya, seperti education, natural
resource, culture, art and history. Namun bapak tidak sependapat dengan kami.
Mr. lala, alasan yang paling penting dan utama tapi tidak menunjukkan
matrealistis adalah history. Kemudian muncul pertanyaan selanjutnya, mengapa
harus history yang harus diletakkan dalam alasan yang pertama, kenapa tidak
yang lainnya ? Because, history an asset.
Maksudnya asset di sini adalah sesuatu yang bernilai atau berharga dan
tidak bisa digantikan dengan yang lainnya. Nah, dalam sejarah tersebut banyak
kejadian yang berkaitan. Baik berupa peristiwa maupun mengenai moment-momeny
yang berharga liannya. Dalam hal ini, Mr. Lala mencontohkan sejarah Papua.
Papua mulai dikenal pada tahun 1945. Apa alasan Soekarno mempertahankan Papua ?
hal tersebut ada dalam sejarah TRIKORA. Perjuangan-perjuangan soekarno dan
tokoh-tokoh lainnya. Ketika mempertahankan Papua. Kemudian kita semua diperintahkan untuk mengecek
atau melihat ada kejadian apa saja yang terjadi di Indoneia selama lima belas
tahun, yaitu dari mulai tahun 1945-1960 (Historical Pouse).
Dalam argumentative Essay yang kemarin bahwa alasan yang
paling penting dan non matrealistis adalah history. Karena dalam alasan
tersesbut tentang history, maka dalam argumentative tersebut harus ditulis
kejadian-kejadian apa saja yang terjadi dari tahun 1945 sampai dengan 1960an.
Ada beberapa pertanyaan yang timbul dari diskusi bersama satelah selsai dari
kelas MK Writing.
·
Cek apa saja kejadian sekitar 15
tahun itu?
·
Siapa sajakah yang terlibat dengan
mempertahankan Papua ? seperti Soekarno, Soeharto, Megawati dan yang lainnya.
·
Mengapa Papua Nugini tidak menjadi
Papua Barat?
Sedangkan sampai sekarang pun ketika Papua Nugini sudah lepas dari
Indonesia masih tetap seperti itu. Maksudnya perubahannya belum kelihatan dalam
arti belum menjadi Negara yang maju.
Pada minggu
yang lalu juga Mr. Lala banyak bercerita atau berbagi pengalamannya, mengapa
beberapa minggu kemarin Beliau tidak bisa masuk selama dua minggu (dua
pertemuan ). Di karenakan ada keperluan yang bertempat di Negara tetangga
yaitu, Malysia. Di samping itu, ada beberapa problem yang terjadi di rumahnya.
Kembali
berbicara mengenai argumentative Essay, kita jangan terlalu memikirkan bahwa
kita harus membuat 1000 kata. Karena takut akan mengganggu konsentrasi dan
kesehatan kita karena terlalu memikirkan 1000 kata tersebut.
Argumentative Essay
Reasoning = not emotion
Definite Evidance
A working Thesis
Thesis Satatement = Opini kita + Resource
In one
single sentence
Dalam alasan
history, kita harus bisa mengungkapkan kejadian atau peristiwa-peristiwa apa
saja yang terjadi selama lima belas tahun, yaitu dari tahun 1945-1960. Di bawah
ini ada beberapa peristiwa tersebut, yaitu:
·
Sumpah Pemuda (1928)
·
Proklamasi (1945)
·
Jepang menyerah terhadap Sekutu
(1945)
·
Perjanjian Linggar Jati
·
Perjanjian Renvile (1948)
·
KMB (1952)
·
PEPERA (1970-2014)
Dari beberapa rangkaian
kalimat-kalimat di atas dapat disimpulkan bahwa dalam peaper kita yang menjadi
alasan yang paling utama mengapa Papua harus dipertahankan adalah history.
Sejarah adalah sesuatu yang sangat bernilai atau berharga yang tidak bisa
digantikan dengan yang lainnya (history as an asset). Kemudian dalam membuat argumentative
essay kita harus memunculkan pernyataan atau kalimat yang meyakinkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
a space for comment and critic