We are simple, but no simple impact. Proudly Presents, PBI C 2012. Happy Reading!

Course: Writing and Composition 4

Instructor : Lala Bumela

This website created by : College student from The State Institute of Islamic Studies Syekh Nurjati Cirebon, The Dapartment of English Education 2012.


widgets

Selasa, 29 April 2014

Pemantapan Materi Untuk Argumentative Essay



Class Review 10

Pada tanggal 22 April 2014 adalah pertemuan kesebelas pada mata kuliah writing and composition 4.   Pada  pertemuan kali ini Mr. Lala menjelaskan tentang argumentative essay dan struktur-strukturnya dan pada pertemuan kali ini Mr. Lala tidak mengecek class review tetapi akan dilihat pada minggu depan.
Pertama kegiatan yang selalu dilakukan Mr. Lala adalah mengabsen kehadiaran mahasiwa. Kemudian beliau menanyakan bukti telah melakukan intensif reading, intensif reading yaitu  membaca dengan teliti dengan tujuan untuk memahami isi dan makna yang terkandung dari teks bacaan tersebut. Hasil intensif  reading yaitu berbentuk pemahaman kami tentang artikel S. Eben Kirksey yang berjudul don’t use your data as a pillow  per-kalimat.
Dalam slide Mr. Lala menjelaskan pengertian dari Argumentative essay adalah jenis penulisan yang mengharuskan siswa untuk menyelidiki topik; mengumpulkan, menghasilkan, dan mengevaluasi bukti; dan membangun posisi pada topik secara ringkas. Kemudian dalam argumentative, kita harus bisa meyakinkan pembaca dalam mempertimbangkan pandangan atau pendapat yang dikemukakan oleh penulis, sesuai dengan pendapat yang di kemukakan oleh  Fitzpatrick, M. (2005) yaitu “In writing an argumentative essay you have to persuade your audience to consider your point of view.
Mr. Lala menjelaskan mengenai jenis teks yang sama dengan argumentative yaitu sebagai berikut : [1] Expositiry, yaitu jenis teks yang didalamnya hasil penelitian dan penelitian tersebut belum banyak dilakukan dan tujuan dari teks tersebut yaitu sebagai infromasi baru. Mr. Lala mengatakan bahwa teks ini bertujuan knowing about the topic. Contoh dari teks ini yaitu S. Eben Kirksey yang telah meneliti di Papua dan masih banyak lagi.
[2] Exposition,  yaitu jenis teks yang didalamnya hasil penelitian tetapi terdapat argument dari penulis. Exposition terbagi menjadi dua yaitu : (1) Analytical yang didalamnya terdapat introduction, serics of argument, dan conclusion. (2) Hortatory yang berstruktur introduction, arguments, dan recommendation.
[3] Argumentative, yaitu jenis teks yang didalamnya memuat argument dari penulis dan didukung oleh hasil riset. Mr. Lala mengatakan bahwa kita termasuk labirin reseach yang artinya penelitian dari buku yang penulisnya terkenal dalam bidang tersebut atau bisa juga dari sumber internet dan argumentative memiliki struktur sebagai berikut :
  1. Introduction
  2. Body
            First point and supporting info
            Second point and supporting info
            Third point and supporting info                                 
  1. Conclusion
Kemudian Mr. Lala menjelaskan tentang Define the topic, Limit the topic, dan Analyse the topic.  Define the topic yaitu topik yang memerlukan penjelasan yang luas, Limit the topic yaitu topik dari argument yang memerlukan pembatasan kata agar tujuannya jelas, dan Analyse the topic yaitu penelitian masalah yang dilakukan sebelum menentukan topik. Kebanyakan topik argumentative memiliki dua poin pandangan  for and against dan dapat memulai dari yes/no question, such as “Should high school students work during the school year?”. 
Dalam argumentative essay kita memerlukan alasan yang kuat dan alasan yang kuat yaitu seperti dapat dipercaya, berhubungan dengan topik dan penting. To test each reason on your lists, ask yourself these questions: is it true? Is it clearly connected to my topic? Does it matter, or does it have real consequences?
Kemudian Mr. Lala membahas thesis statment pada argumentative yang berbentuk opini. Opini tersebut harus menggunakan modal verb “should” untuk mengevaluasi “good” and “bad” dan thesis statment mengandung contains reasons, or supporting arguments. Contoh :
-          Teenagers should have part-time jobs. (judul ini yang tepat karena menggunakan modal verb “should”)
-          Part-time work is good for teenagers.


OUTLINE ARGUMENTATIVE ESSAY
As Indonesian I personally will not support Papua to become newly separated country.  Papua should stay as NKRI part because I have several reason such as : education, natural resources, culture, and history.
First reason is education, education in Papua still lagged than other regions in Indonesia and Papua with the education has not been able to form their own country.
Second  reason is natural resources, Papua has abundant natural resources, natural resources in Papua consists of various kinds, the first is natural resources in the form of gold, silver, and forest resources, second is flora and fauna resources of Papua. Then if Indonesia releases Papua, Indonesia will lose something very valuable
Third reason is from culture, Papua have unique culture that is not shared by other areas, such as Traditional house, dancing, language, song and others. Indonesia is famous for many countries that have cultures, including cultures that originated from Papua and if Papua separate with Indonesia, then Indonesia will lose many cultures.
Fourth reason is history, I will explain how to the fight for Indonesian to join Papua with Indonesia, because it is through the stages of a long process. So if Papua want to separate with Indonesia, it’s means Papua can not thank to the Indonesian who has freed Papua from Dutch colonial rule.

Kesimpulan :
Menulis argumentative essai bukanlah hal yang mudah.  Bisa dibilang argumentative essay akan lebih sulit dibandingkan dengan jenis teks yang pernah kita buat.  Argumentative essay lebih sulit karena kita harus mampu mempertahankan opini kita dan kita harus bisa membuat banyak orang terpengaruh dengan opini kita.  Dalam menulis argumentative essay juga kita harus tetap fokus terhadap opini kita sendiri dan didasari oleh sumber yang jelas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

a space for comment and critic