We are simple, but no simple impact. Proudly Presents, PBI C 2012. Happy Reading!

Course: Writing and Composition 4

Instructor : Lala Bumela

This website created by : College student from The State Institute of Islamic Studies Syekh Nurjati Cirebon, The Dapartment of English Education 2012.


widgets

Senin, 28 April 2014

ESAY (class review 11)



    Pada tanggal 22 April 2014, jadwal pun kembali seperti semula setelah mengalami break yang di sebabkan karena beliau ada jadwal presentasi di Malaysia. Pembukaan kali ini yaitu mengenai cek pasport writing di Minggu depan, sedangkan minggu sekarang yaitu mengenai free pasport.  Maka dari itu akan terlihat siapa saja yang kurang membaca, kali ini bukan tentang reading tapi time to write again.  Nasihat beliau kali ini yaitu perbanyak download materi di saat break time, untuk menambah ilmu pengetahuan.  Kemudian mengkroscek absen dan say “yes”.
Membaca juga harus secara continue dengan cara cek sentence per sentence, beliau pun berkeliling sebentar untuk bertanya mengenai peralatan perang yang di bawa berupa apa.  Seperti yang telah di katakan oleh Lehtonen “there expecting when you read”, membaca juga di ibaratkan dengan memanjat gunung.  Karena letak klimaksnya sama-sama ada di tengah perjalanan, tidak mungkin dalam awalan membaca langsung memahami konten tersebut.  Sama halnya dengan memanjat gunung, dalam memanjat klimaksnya ada di tengah – tengahseperti tali putus atau menemukan pemandangan yang indah.  Maka climbing a mountain and reading menghasilkan jungle.


                                                         
 



 



Jangan halnya seperti teroris yang hanya baru mengetahui secuil ilmu dari Al-qur’an dan hadis lalu kemudian langsung menyimpulkan permasalahan yang ada, lalu merakit bom untuk membunuh yang di anggap nya bahwa hal demikian adalah salah dan perbuatan maksiat.  Maka dari itu dibutuhkan banyaknya latihan untuk membaca, tujuannya yaitu menambah wawasan pengetahuan.  Kemudian fahami isi bacaan tersebut knowing the jungle (hal-hal yang baru) maka ceritakan.
Secara umum, hortatory yaitu salah satu jenis teks persuasive writing.  Di dalam oxford dictionary, hortatory termasuk kata sifat adjective “cenderung atau bertujuan mendorong / mendesak orang lain untuk berbuat sesuatu”.   Generic structurenya yaitu :
1.      Thesis statement yaitu berisi pernyataan pembuka mengenai topik pembahasan.  Contohnya bahaya merokok yaitu kalimatnya sebagai berikut:
“rokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, dan impotensi.”
2.      Arguments (pendapat) berisi berbagai pembahsan lanjutan dari thesis statement secara detail, pendapat disini akan lebih baik di isi dari pendapatlain sebagai pendukung dari pendapat si penulis. Seperti:
Argument 1: saya mengira serangan jantung yang di alami oleh direktur PT maju mundur, Pak “XLM” disebabkan karena intensitas merokok lebih banyak dibandingkan dengan minum air putih.
Argument 2: telah banyak di buktikan bahwa rokok hampir menjadi sebab utama penyakit kanker.
Argument 3: impotensi seorang bos “XLM” di kota “XYZ” di sebutkan karena kebiasaan merokok sebelum tidur.
3.      Recomendation yaitu berisi tentang saran penulis tentang topik pembahasan.
Perbedaan antara hortatory dan analytical yaitu hortatory mengenai akhir nya yang di akhiri oleh recomendation dan analytical di akhiri oleh conclusion.  Contoh analytical yaitu bisa di lihat di iklan, pamplet, poster dll.  Contoh yaitu:











Jadi, perbedaan expository and exposition yaitu expository yang belum di ketahui.  Sedangkan, exposition yaitu point of view.  Argumentative yaitu deep research, yang di perdalamnya yaitu tentang penelitian (seolah-olah posisi kita yaitu sebagai seorang peneliti) untuk memperkuat argumen yang di ajukan.  Sekarang – sekarang ini adanya teks yang berupa campuran dari expository exposition dan argumen.
Isi slide yang pertama yaitu mengenai mempertimbangkan argumentative essay, apa yang ada dalam benakmu mengenai argumentative essay?  Bagaimana caranya untuk membedakan penjelasan dari penulis dengan penjelasan pendukung?  Apakah kamu mempunyai pengalaman menulis argumentative essay?
Judul slide yang ke dua yaitu berfikir mengenai berfikir argumentative essay, bahwasannya argumentative essay di sini yaitu satu gaya penulisan yang memerlukan murid untuk menyelidiki satu topik.  Kumpul, menghasilkan dan evaluasi bukti dan mendirikan satu posisi pada topik ringkas.  Argumentative essay dalam pengertian lain yaitu menyatakan pendapat anda dan mempertahankan dengan memberikan argumen yang mendukung.  Catatan, beberapa kebingungan mungkin terjadi antara argumentative essay dengan memberikan penjelasan.  Ini merupakan dua gaya yang serupa, tapi argumentative essay membedakan dari essay pemberi penjelasan pada sejumlah pra penulisan (penemuan) dan teliti yang berbelit.  Argumentative essay biasanya di tugaskan sebagai satu proyek puncak atau final di tahun pertama menulis atau memajukan gubahan kursus dan melibatkan panjang serta memperinci penelitian.  Essay memberi penjelasan adalah sering terpakai untuk di latihan penulisan kelas atau test GED atau GRE.
Judul slide yang ke tiga yaitu mengenai argumentative menurut Fitz Patrick (2005), dalam tulisan argumentative yaitu untuk membujuk pendengar untuk mempertimbangkan segi pandangan sekalipun si pendengar memberikan respon tidak setuju terhadap opini si pembicara.
Hal-hal yang harus di perhatikan yaitu adalah harus respect terhadap suatu point of view, harus berhati-hati dalam memilih kosa kata, harus menulis secara jelas dan masuk akal.  Slide yang ke empat yaitu hal yang harus di lakukan yaitu:
1)      Tentukan topik
2)      Beberapa topik memerlukan definisi, contoh jika topik kamu “should school provide moral education itu apa?
3)      Bagaimana memberikan istilah definisi?
4)      Batasi topik
5)      Beberapa topik membutuhkan pembatasan
6)      Menganalisi topik
7)      Sebelum menentukan point of view, terlebih dahulu harus menganalisis isu yang sedang terjadi. Apakah mendukun”for” atau membantah”against”
Slide yang berikutnya yaitu contoh opini dari HSS should work during the school year.
1)      They can save for college
2)      They can make new friends
3)      They can learn responsibility
4)      They may discover a career for themsleves
Should NOT work during the school year
1)      They can get better grades if they don’t work
2)      They can participate in extracurricular activities
Slide selanjutnya yaitu mengenai saran yang harus di lakukan dalam mengutip, yaitu sebelum membuat keputusan tentang point of view itu adalah gagasan yang bagus untuk evaluasi, memperkuat dan dari pendukung alasan yang telah di urutkan.  Memperkuat alasan adalah satu dar kepercayaan yang relevant dan penting.  Untuk mengetes tiap daftar alasan tanya pada dirimu sendri “apakah itu sudah betul?” “apakah itu sudah ada kesinambungan dengan topik?”
Strutur dari argumentative essay adalah:
1)      Introduction
2)      Body paragraph
Ø  First point and supporting info
Ø  Second point and supporting info
Ø  Third point and supporting info
3)      Conclusion
Inilah contoh dari outline argumentative essay mengenai Papua, the reason why Papua should be NKRI?
1.      Education
2.      Economic
3.      Culture
4.      History
5.      Art
6.      Politic


KESIMPULAN
Jadi pada hari itu yaitu membahas tentang argumentative essay secara keseluruhan, dan kami di beri tugas untuk membuat outline mengenai argumentative esay.  Bukan hanya itu saja beliau pun memberikan nasihat yang mana kami itu harus memperbanyak download materi supaya tingkat pemahaman membaca nya menjadi luas.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

a space for comment and critic