MULAI MENGATUR NAFAS
Malam
yang penuh berkah. Terdengar merdu alunan shalawat yang menenangkan hati.
Seakan menjadi obat kegundahan yang telah lama mengganggu jiwa ini. Tuhan..
sampai kapankah perjalanan ini berakhir? Bila saja Aku dihadapkan pada beberapa
kamera yang memantau keadaanku, dan jika Aku sudah tidak sanggup lagi, Aku
cukup melambaikan tangan ke kamera-kamera itu sebagai tanda Aku sudah menyerah.
Tapi, ini adalah resiko yang harus aku terima.
Jalan
yang menanjak semakin terasa. Aku harus mulai bisa mengatur nafas agar badan
ini tidak semakin lemah. Curamnya jurang semakin terlihat jelas. Aku harus
berhati-hati agar tidak terperosok ke jurang tersebut.
Selasa,
4 Maret 2014 merupakan pertemuan kelima mata kuliah Writing 4. Pada pertemuan ini,
Mr. Lala lebih menjelaskan kesalahan-kesalahan yang terdapat pada Critical
Review. Banyak mahasiswa yang mengacuhkan Generic Structure. Mungkin hal ini,
dsebabkan karena kurangnya pemahaman terhadap generic structure pada Critical
Review. Selain itu, sebagai penulis yang baik kita harus bisa memagari ide.
Maksudnya, ide yang muncul pada saat kita menulis haruslah sesuai dengan topic
sampai kalimat terakhir, hal ini bertujuan untuk tidak rancunya tulisan kita
pada saat dibaca oleh orang lain.
Menulis
sebagai interaksi sosial. Gagasan bahwa menulis adalah interaksi antara penulis
dan pembaca menambahkan dimensi komunikatif untuk penulis. Martin Nystrand,
yang berpendapat bahwa keberhasilan
sebuah teks adalah kemampuan penulis untuk memenuhi tuntutan retoris
pembaca. Proses menulis adalah soal menguraikan teks sesuai dengan apa yang
penulis cukup bisa berasumsi bahwa pembaca tahu, dan proses membaca adalah
masalah memprediksi teks sesuai dengan apa pembaca mengasumsikan tentang tujuan
penulis. Lebih mendasar lagi, masing-masing mengandaikan kemampuan akal.
Sebagai akibatnya, komunikasi tertulis didasarkan pada apa yang lain akan
melakukan atau yang telah dilakukan.
Martin Nystrand (1989:75). Dalam model interaktif sosial, makna diciptakan
melalui konfigurasi unik dan interaksi apa yang baik bagi pembaca dan penulis
bawa pada teks. (Nystrand, 1993:299).
Sebuah wacana dibentuk oleh penulis
yang mencoba untuk menyeimbangkan tujuan mereka dengan harapan pembaca melalui
proses negoisasi. Menurut Nystrand teks memiliki ‘sematik potensial’, atau
berbagai kemungkinan arti, tetapi beberapa diantaranya ditutup oleh kombinasi
dari maksud penulis, pembaca kognisi dan sifat obyektif dari teks itu sendiri.
Hoey (2001) mengibaratkan ini sebagai penari yang mengikuti langkah
masing-masing, setiap arti dari teks dengan mengantisipasi apa yang mungkin
dilakukan oleh yang lain. Penulis yang terampil mampu membuat bingkai yang
saling mereferensi dan mengantisipasi kapan tujuan mereka akan diambil oleh
audience mereka. Penulis yang memahami kebutuhan dan kepentingan dari
audiencenya pasti akan memiliki kemampuan dan pengetahuan penting tentang
retorika yang sesuai genre, konten, sikap, dan gaya.
Dalam review kalin ini, Saya akan
mencoba memaparkan sejumlah isu yang mendominasi pemahaman menulis.
a.
Menulis
dan Konteks
Cara kita memahami
tulisan diembangkan melalui pemahaman yang semakin canggih yaitu dari konteks.
Kita menyadari bahwa makna bukanlah sesuatu yang berada di dalam kata-kata lalu
dikirimkan pada orang lain, tetapi diciptakan di dalam interaksi antara penulis
dan pembaca karena mereka memahami kata-kata dengan cara yang berbeda,
masing-masing berusaha menebak makna yang terdapat dalam teks.
Ini bukan
situasi sosial yang mempengaruhi (atau dipengaruhi oleh) wacana, tetapi cara
pembaca mengidentifikasikan situasi yang ada dalam wacana. Konteks bukan
semacam kondisi ‘obyektif’ atau penyebab lansung, melainkan (inter) konstruksi
sunyektif dirancang dan diperbaharui dalam interaksi oleh pembaca sebagai
anggota kelompok dan masyarakat. Van Djikk (2008:VIIi). Cutting (2002:3)
menyatakan bahwa ada tiga aspek utama konteks penafsiran, yaitu:
·
Konteks
situasi :
·
Latar
belakang konteks pengetahuan :
·
Co-tekstual :
Halliday mengembangkan
analisis konteks dari pilihan bahasa penulis dalam konteks situasi tertentu
(Malinowski, 1949). Artinya, bahasa bervariasi situasi dengan situasi dimana ia
digunakan. Konteks situasi adalah situasi langsung dimana pengguanaan bahasa
terjadi dan bahasa bervariasi dalam konteks tersebut dan bervariasi dengan
konvigurasi field, tenor dan modus.
Berikut
adalah konsep konteks menurut Halliday:
Ø
Field : mengacu pada apa yang terjadi. Jenis aksi
sosial, atau apa yang ada pada teks adalah
tentang (topic bersama dengan bentuk-bentuk yang diharapkan secara
sosial dan pola biasanya digunakan untuk mengekspresikan itu).
Ø
Tenor : mengacu pada siapa yang mengambil bagian,
peran dan hubungan pembaca (status, atau kekuasaan mereka). Misalnya, yang
mempengaruhi keterlibatan formalitas dan kesopanan.
Ø
Mode : mengacu pada bagian bahasa yang diputar.
Apa yang pembaca harapkan untuk dilakukan oleh mereka (apakah lisan atau
tulisan, bagaimana informasi terstruktur, dsb).
(Halliday,1985)
b.
Menulis
dan Literasi
Menulis
dan membaca adalah tindakan keaksaraan (literasi). Bagaimana kita benar-benar
menggunakan bahasa dalam kehidupan sehari-hari. Konsepsi modern keaksaraan
mendorong kita untuk melihat tulisan sebagai praktik sosial, bukan sebagai
keterampilan abstrak dipisahkan dari orang-orang dan tempat dimana menggunakan
teks.
Scibner
dan Cole (1981:236) mengatakan “Literasi tidak hanya mengatahui cara membaca
membaca dan menulis naskah tertentu, tetapi menerapkan pengetahuan ini untuk
tujuan dalam konteks tertentu’. Literasi dipandang sebagai set diskrit, keterampilan teknis bebas nilai yang meliputi decoding
dan encoding makna, memanipulasi alat tulis, mengamati bentuk suara
korespondensi yang dipelajari melalui pendidikan formal. Menulis adalah
pemberdayaan pribadi, tetapi juga didefinisikan dalam hal sebaliknya. Disini
menulis (dan membaca) adalah cara menghubungkan orang-orang dengan satu sama
lain dalam cara-cara membawa makna sosial tertentu, sehingga menulis bervariasi
dengan konteks dan tidak bisa satu set pada kemampuan kognitif atau teknis.
c.
Menulis
dan Budaya
Gagasan
bahwa pengalaman menulis dari praktik keaksaraan (literasi) yang berbeda pada
masyarakat akan mempengaruhi pilihan linguistik. Hal ini menunjukan bahwa guru
harus mempertimbangkan bagian budaya yang dimainkan dalam kegiatan menulis
siswa. Budaya secara umum dipahami sebagai historis ditransmisikan dan jaringan
sistematis makna yang memungkinkan kita untuk memahami, mengembangkan dan
mengkomunikasikan pengetahuan dan keyakinan kita tentang dunia (Lantoif, 1999).
Akibatnya, bahasa dan pembelajaran dikepung oleh budaya (Kramsh, 1993). Hal ini
terjadi karena sebagian nilai-nilia budaya kita tercermin dalam dan dilakukan
melalui bahasa, tetapi juga budaya tersedia bagi kita untuk membuat cara
tertentu untuk diambil dan mengorganisir persepsi dan harapan, termasuk yang
kita gunakan untuk belajar dan berkomunikasi secara tertulis. Dalam menulis
penelitian dan pengajaran ini adalah wilayah retorika kontrastif.
Retorika
konstrantif adalah area penelitian dalam akuisasi bahasa kedua yang
mengidentifikasikan masalah dalam komposisi yang dihadapi oleh bahasa kedua
penulis dengan mengacu pada strategi retoris dari bahasa pertama, Connor
(1996:5).
d.
Menulis
dan Teknologi
Untuk
menjadi orang literat hari ini berarti memiliki control atas berbagai media
cetak dan media elektronik. Pengaruh teknologi elektronik pada penulisan
sebagai berikut:
1.
Ubah
menciptakan, mengedit, proofending dan proses format.
2.
Kombinasi
teks tertulis dengan media audio visual lebih mudah.
3.
Mendorong
menulis non-linear dan proses membaca melalui hypertext Link
4.
Tantangan
pemikiran tradisional tentang penulisan, wewenang, dan intelektual
5.
Izinkan
penulis mengakses informasi lebih banyak dan menghubungkan informasi dengan
cara baru
6.
Mengubah
hubungan antara penulis dan pembaca sebagai pembaca bisa menulis kembali
7.
Memperluas
berbagai genre dan peluang untuk mencapai audience lebih luas
Turkle (1995)
berpendapat bahwa internet memungkinkan orang untuk mencoba aspek yang berbeda
dari identitas mereka, dan sementara ini dapat berkisar dari main-main ke hal-hal
yang menakutkan, mungkin sebenarnya menguntungkan pengguna bahasa adalah
seseorang yang pendiam atau diri yang mungkin lebih cenderung untuk
mengekspresikan di on-line ‘internet’, (Bloch dan Crosby, 2006).
e.
Menulis
dan Genre
Genre
diakui sebagai jenis komunikatif tindakan yang berarti untuk berpartisipasi
dalam cara sosial. Individu (pembaca) harus terbiasa dengan genre yang mereka
hadapi. Sekarang, genre menjadi salah satu konsep yang paling penting dalam
bahasa pendidikan.
Genre
dipandang sebagai sesuatu yang dipentaskan dan berorientasi pada tujuan proses
sosial (Martin, 1992:505). Menekankan tujuan karakter yang berurutan berbeda
genre dan mencerminkan kepedulian Halliday dengan bahasa cara yang sistematis
terkait dengan konteks. Genre adalah proses sosial karena anggota suatu budaya
berinteraksi untuk mencapai tujuan mereka, karena mereka telah berevolusi untuk
mencapai hal-hal lalu dipentaskan. Makna dibuat dalam langkah-langkah dan
biasanya penulis membutuhkan lebih dari satu langkah untuk mencapai tujuan
mereka. Genre ini menghubungkan masa lau dengan masa sekarang, sehingga
kekuatan keseimbangan tradisi dan inovasi. Menyusun peran individu dalam
kerangka yang lebih luas, dan lebih lanjut membantu orang-orang dengan aktualisasi
komunikatif rencana dan tujuan mereka, (Sengkedan, 1998:20).
f.
Menulis
dan Identitas
Penelitian
baru telah menekankan hubungna menulis dengan identitas seorang penulis. Dalam
arti luas, identitas mengacu pada cara orang-orang menampilkan siapa mereka
satu sama lain (Benwell dan Stokoe, 2006:6). Identitas dipandang oleh kedua
teks yang terlibat didalamnya dan pilihan bahasa yang kita buat, sehingga
identitas pribadi bergerak ke ranah public, dan dari proses tersembunyi kondisi
konstruksi sosial dan dinamis dalam wacana. Bloemmaest (2005) mengamati
bagaimana pun identitas kita hanya berhasil sampai-sampai diakui oleh orang
lain, dan ini berarti memperkerjakan, mengambil alih, dan mengubah wacana yang
kita hadapi, (Balehtin, 1986).
Pengertian
saat ini identitas melihatnya sebagai konsep plural yang didefinisikan secara
sosial dan dinegoisasikan melalui pilihan penulis yang dibuat dalam wacana
mereka. Identitas demikian mengacu penulis untuk mempekerjakan diri dalam
berbagai konteks yang berbeda. Proses hubungan mereka dengan khusus masyarakat
dan tanggapan mereka terhadap hubungan kekuasaan institusional tyertulis di
dalamnya.
Oleh
karena itu, identitas perlu dibedakan dari gagasan suara dalam literature
ekspresid. Voice adalah ide yang kompleks dengan berbagai makna konotasi,
tetapi pada dasarnya mengacu pada penulis dissignature tinctive, bahwa ia
meninggalkan cap individu pada teks.
Dapat disimpulkan terdapat enam
kunci yang mendominasi pemahaman menulis, yaitu konteks, literasi, budaya,
teknologi, genre, dan identitas. Keenam kunci tgersebut saling
berkesinambungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
a space for comment and critic