Name : Yayah Fatchiyah
Class : PBI-c
Saya
akan mulai dengan introducting issuw paling penting dari semua yang berkaitan
dengan menulis, dan itu adalah, apa
yang di dunia gunanya? Apa efek tidak dimilikinya?
Apakah itu membantu mengubah wrold? Setelah semua, keputusan pertama penulis
harus membuat adalah seperti keputusan pertama seorang guru harus membuat:
mengapa kita melakukan hal seperti ini? dengan cara itu, kita akan membantu
orang, atau kami melakukan hal
itu hanya untuk memajukan diri secara profesional atau hanya untuk mendapatkan
sebuah buku yang diterbitkan?
Kami
ingin tahu- sebagian karena saya tidak berpikir untuk kita mrngrtahui oleh
penulis buku apa yang dilakukan atau apa yang tidak tertulis. Salah satu alasannya adalah bahwa hal itu sangat jarang
untuk menemukan garis langsung antara penulisan buku dan perubahan kebijakan.
Tapi saya pikir Anda dapat menemukan garis langsung, dan Anda dapat menemukan
era di mana tulisan-tulisan muncul dalam kesadaran masyarakat yang dibesarkan
dari kebijakan yang telah berubah, beberapa kali setelah puluhan tahun berlalu.
Lintasan panjang antara menulis dan mengubah kesadaran, antara menulis dan
aktivisme, kemudian mempengaruhi kebijakan publik, bisa berliku-liku dan rumit.
Tapi ini tidak berarti kita harus berhenti dari menulis. Saya dibujuk dengan
diri saya sendiri bahwa bagaimana pentingnya dalam menulis dari sebuah
pengalaman kita yang dapat kita tulis. Disitu saya berfikir dalam diri saya
yang paling dalam. Dan saya pikir : apakah itu latar belakang saya ? apakah itu
saya tumbuh dewasa ? . dan saya pikir semua orang yang dibesarkan di sekitar
lingkungan yang sama saya lakukan , dan yang tidak berakhir berpikir sama atau
melakukan hal yang sama . Dan yang paling dekat aku bisa lebih mengetahui
sebuah pengalaman saya dari hasil saya menulis.
Dulu Saya membayangkan orang lain telah memiliki
pengalaman yang sama. Ada buku yang serius mempengaruhi kita. Sekarang
bagaimana membuat hubungan antara mereka mempengaruhi Anda, dan apa yang
kemudian Anda lakukan, dan kemudian hubungan antara apa yang kemudian Anda
lakukan, dan apa yang orang lain lakukan, kemudian koneksi apa antara apa yang
orang lakukan dan kemudian apa yang terjadi di dunia. Nah, itu rumit. Tapi jika
Anda tidak mulai lintasan itu, bahkan jika Anda tidak tahu di mana itu akan
berakhir, itu akan ke mana-mana. Anda harus mulai.
Disini saya setuju dengan cerita didalam buku tersebut
karena, Buku beroperasi di banyak cara untuk
mengubah kesadaran masyarakat kita, mereka
tahu bahwa para ilmuwan selalu nomor hal dan karena semua orang ingin
menjadi ilmiah, mereka juga nomor hal. Saya ingat ketika saya pergi ke sekolah,
saya akan mendengar pernyataan, " ini adalah empat penyebab revolusi
Perancis". Saya menyadari bahwa jika Ada nomor hal-hal yang Anda katakan itu
sangat mengesankan meskipun sama sekali tidak berarti. Mari kita hanya
mengatakan ada sejumlah cara di mana buku dapat mengubah kesadaran. Pertama,
mereka dapat memperkenalkan gagasan bahwa pembaca tidak pernah terpikirkan
sebelumnya. Hal ini terjadi terlalu banyak dari kita. Kita membaca Herman
Melville, Billy Budd, dan kita dihadapkan sedikit pun situasi di mana semua
orang mematuhi hukum, semua orang patuh mengikuti aturan. Pendeta ini mengikuti
apa yang dia pikir adalah firman Tuhan dan semua orang ells mengikuti kata
beberapa otoritas, dan Billy Budd, seorang pria tak bersalah dihukum mati. Anda
harus berpikir pada saat itu," Mungkin "Mungkin
ada perbedaan antara hukum dan keadilan." Mungkin aturan hukum perlu diperiksa, dan mungkin otoritas tidak
akan dihormati, atau
orang-orang yang tidak bersalah akan
mati.
Jadi ya , ada wawasan yang berasal
dari buku-buku . Berikut ini satu lagi dari Charles Dickens . Pertama kali saya
membaca Dickens Hard Times Saya hanyalah seorang anak kecil dan hanya dipahami
pada tingkat yang dangkal . Kemudian saya baca lagi , dan terpana oleh karakter
kepala sekolah yang Gradgrind nasehat seorang guru muda ,"Ingat, hanya
memberi mereka fakta-fakta, tidak ada tapi fakta. " Saya merenungkan nasihat
ini abiut " fakta-fakta, tidak ada," dan datang untuk wawasan bahwa
tidak ada hal-hal seperti fakta murni tanpa hiasan dengan penghakiman. Artinya,
segera setelah fakta-fakta yang disajikan, segera setelah fakta-fakta yang
dimasukkan di dunia ( Anda menempatkan mereka di dunia atau orang lain
menempatkan mereka kepada Anda ), mereka mewakili penghakiman. Penghakiman
adalah bahwa fakta-fakta tertentu yang penting bagi seseorang untuk mengetahui
dan ada fakta lain kita tidak akan memberitahu Anda tentang , yang tidak penting
bagi Anda untuk mengetahui. Aku ingat Senior Bush , George HW Bush , berbicara
tentang pendidikan karena dia tahu banyak tentang pendidikan dan ia tahu bahwa
anak-anak harus mempelajari fakta-fakta . Anda melihat hal ini diwakili dalam
pilihan ganda tes , dan tes true / fals skor dan seterusnya : fakta dan fakta
dan fakta . Tapi setelah Anda memahami bahwa fakta-fakta tertentu diadakan
dalam tampilan penuh dan yang lain tidak , dan bahwa pemilihan tidak bersalah ,
itu adalah lompatan kesadaran sosial.
Jadi
ya , ada wawasan yang berasal dari buku-buku . Berikut ini satu lagi dari
Charles Dickens . Pertama kali saya membaca Dickens Hard Times Saya hanyalah
seorang anak kecil dan hanya dipahami pada tingkat yang dangkal . Kemudian saya
baca lagi , dan terpana oleh karakter kepala sekolah yang Gradgrind nasehat
seorang guru muda , " Ingat, hanya memberi mereka fakta-fakta , tidak ada
tapi fakta. " Saya merenungkan nasihat ini abiut " fakta-fakta ,
tidak ada," dan datang untuk wawasan bahwa tidak ada hal-hal seperti fakta
murni tanpa hiasan dengan penghakiman. Artinya, segera setelah fakta-fakta yang
disajikan , segera setelah fakta-fakta yang dimasukkan di dunia ( Anda
menempatkan mereka di dunia atau orang lain menempatkan mereka kepada Anda ) ,
mereka mewakili penghakiman . Penghakiman adalah bahwa fakta-fakta tertentu
yang penting bagi seseorang untuk mengetahui dan ada fakta lain kita tidak akan
memberitahu Anda tentang , yang tidak penting bagi Anda untuk mengetahui . Aku
ingat Senior Bush , George HW Bush , berbicara tentang pendidikan karena dia
tahu banyak tentang pendidikan dan ia tahu bahwa anak-anak harus mempelajari
fakta-fakta . Anda melihat hal ini diwakili dalam pilihan ganda tes , dan tes
true / fals skor dan seterusnya : fakta dan fakta dan fakta . Tapi setelah Anda
memahami bahwa fakta-fakta tertentu diadakan dalam tampilan penuh dan yang lain
tidak , dan bahwa pemilihan tidak bersalah , itu adalah lompatan kesadaran
sosial, dalam hal perbedaan agam yaitu, Perbedaan antara hukum dan keadilan, mungkin aturan hukum
perlu diperiksa, dan mungkin otoritas tidak akan dihormati, atau orang-orang
yang tidak bersalah akan mati.
Kami tumbuh diajarkan bahwa kita harus mematuhi aturan , mematuhi orang tua kita , guru , dan sampai ke presiden. Namun di beberapa titik dalam hidup kit , terutama jika kita membaca secara luas, kita berhenti dan berkata "Mengapa kita harus melakukan ini?" Mengapa kita harus pergi bersama whit ini dan kita tidak berpikir untuk diri kita sendiri? "Itu adalah wawasan yang dapat Anda dapatkan dari buku bahkan jika itu hanya mengisyaratkan. Ini mungkin hanya tersirat dalam cerita , namun memiliki efek yang kuat. Berikut ini adalah ide lain yang mungkin terjadi kepada orang-orang , mungkin setelah membaca buku , terutama jika mereka membaca sejarah ortodoks . Ini bisa menyerang Anda bahwa kami tidak semua memiliki kepentingan yang sama . Ini bukan hal yang mudah didapat karena kita semua dihadapkan bahasa sedikit pun yang menganggap kepentingan bersama untuk semua orang di negara ini . Kita diberitahu bahwa kebijakan yang sama dalam " kepentingan nasional " . Sesuatu yang harus dilakukan untuk " keamanan nasional " atau " pertahanan nasional " . Kepura-puraan adalah bahwa kepentingan " bangsa " dan kompas kita semua . Jika saya membaca Kurt Vonnegut Cat Cradle pada usia dini saya mungkin mempertanyakan ini karena Vonnegut menciptakan istilah " gran Falloon " untuk menggambarkan " hubungan bangga dan berarti manusia " dan ia menempatkan negara antara abstraksi tidak wajar tersebut. Tapi itu adalah sebuah buku yang berbeda yang , ketika saya masih muda , pertama-tama saya untuk mempertimbangkan bahwa kita tidak satu keluarga besar di negeri ini , bahwa gagasan diri sebagai bangsa vleverly menyembunyikan perjuangan bentrok bunga karena takut kita mungkin dibandingkan masukkan perjuangan yang mengetahui dengan jelas siapa teman kita dan musuh-musuh kita. Itu selalu sedikit memalukan untuk menyadari bahwa Anda hidup bertahun-tahun sebelum realisasi penting tertentu datang kepada Anda . Anda ingin orang berpikir bahwa apa yang Anda ketahui sekarang , kau tahu itu melahirkan . Guru akan menyajikan sesuatu otoritas yang besar sedikit pun , tapi mungkin sesuatu yang mereka hanya belajar minggu lalu . Jadi saya akan mengakui bahwa ini hanya pada titik tertentu dalam hidup saya yang saya baca Interpretasi Ekonomi Charles Beard konstitusi , dan itu adalah wahyu . Kami tumbuh di negara di mana semua orang menjunjung Bapa pendiri dan Konstitusi ( atau setidaknya saya berpikir begitu , tidak tahu sampai waktu yang lebih surat dalam hidup saya yang sarjana hitam memiliki reservasi yang mendalam ) . Konstitusi adalah dokumen suci dan sehingga Anda tidak bisa mengatakan apa-apa terhadap UUD , Anda tidak bisa mengatakan apa-apa terhadap Bapa pendiri Anda melihat semua volume buku yang keluar tentang Adams dan Jefferson dan Madison , volume pada volume; hampir selalu mereka mengagumi.
Kami tumbuh diajarkan bahwa kita harus mematuhi aturan , mematuhi orang tua kita , guru , dan sampai ke presiden. Namun di beberapa titik dalam hidup kit , terutama jika kita membaca secara luas, kita berhenti dan berkata "Mengapa kita harus melakukan ini?" Mengapa kita harus pergi bersama whit ini dan kita tidak berpikir untuk diri kita sendiri? "Itu adalah wawasan yang dapat Anda dapatkan dari buku bahkan jika itu hanya mengisyaratkan. Ini mungkin hanya tersirat dalam cerita , namun memiliki efek yang kuat. Berikut ini adalah ide lain yang mungkin terjadi kepada orang-orang , mungkin setelah membaca buku , terutama jika mereka membaca sejarah ortodoks . Ini bisa menyerang Anda bahwa kami tidak semua memiliki kepentingan yang sama . Ini bukan hal yang mudah didapat karena kita semua dihadapkan bahasa sedikit pun yang menganggap kepentingan bersama untuk semua orang di negara ini . Kita diberitahu bahwa kebijakan yang sama dalam " kepentingan nasional " . Sesuatu yang harus dilakukan untuk " keamanan nasional " atau " pertahanan nasional " . Kepura-puraan adalah bahwa kepentingan " bangsa " dan kompas kita semua . Jika saya membaca Kurt Vonnegut Cat Cradle pada usia dini saya mungkin mempertanyakan ini karena Vonnegut menciptakan istilah " gran Falloon " untuk menggambarkan " hubungan bangga dan berarti manusia " dan ia menempatkan negara antara abstraksi tidak wajar tersebut. Tapi itu adalah sebuah buku yang berbeda yang , ketika saya masih muda , pertama-tama saya untuk mempertimbangkan bahwa kita tidak satu keluarga besar di negeri ini , bahwa gagasan diri sebagai bangsa vleverly menyembunyikan perjuangan bentrok bunga karena takut kita mungkin dibandingkan masukkan perjuangan yang mengetahui dengan jelas siapa teman kita dan musuh-musuh kita. Itu selalu sedikit memalukan untuk menyadari bahwa Anda hidup bertahun-tahun sebelum realisasi penting tertentu datang kepada Anda . Anda ingin orang berpikir bahwa apa yang Anda ketahui sekarang , kau tahu itu melahirkan . Guru akan menyajikan sesuatu otoritas yang besar sedikit pun , tapi mungkin sesuatu yang mereka hanya belajar minggu lalu . Jadi saya akan mengakui bahwa ini hanya pada titik tertentu dalam hidup saya yang saya baca Interpretasi Ekonomi Charles Beard konstitusi , dan itu adalah wahyu . Kami tumbuh di negara di mana semua orang menjunjung Bapa pendiri dan Konstitusi ( atau setidaknya saya berpikir begitu , tidak tahu sampai waktu yang lebih surat dalam hidup saya yang sarjana hitam memiliki reservasi yang mendalam ) . Konstitusi adalah dokumen suci dan sehingga Anda tidak bisa mengatakan apa-apa terhadap UUD , Anda tidak bisa mengatakan apa-apa terhadap Bapa pendiri Anda melihat semua volume buku yang keluar tentang Adams dan Jefferson dan Madison , volume pada volume; hampir selalu mereka mengagumi.
Critical
yang kedua, Dalam dunia di mana ada ratapan umum
bahwa tidak ada lagi pahlawan, terlalu sering sinis dan putus asa dianggap
sebagai bukti kematian keberanian moral. Persepsi yang salah. Orang-orang dari
keberanian besar dan jantung, berkomitmen untuk tujuan mulia , dengan catatan
panjang pengorbanan pribadi , berjalan di antara kita di setiap negara di dunia
. Saya telah menghabiskan dua tahun terakhir perjalanan dunia untuk
mewawancarai lima puluh satu orang dari negara-negara hampir empat puluh dan
lima benua , beberapa di antaranya muncul dalam halaman-halaman ini dan dalam
bermain oleh Ariel Dorfman Anda akan menemukan di sini , orang-orang yang
hidupnya penuh dengan luar biasa prestasi keberanian . Aku sudah mendengarkan
mereka berbicara tentang kualitas dan sifat keberanian , dan kisah-kisah mereka
saya menemukan harapan dan inspirasi , visi dunia yang lebih baik .
Bagi banyak pahlawan ini ,
pemahaman mereka tentang pencabutan hak asasi manusia telah mendalam dibentuk
oleh pengalaman pribadi mereka : ancaman pembunuhan , pemenjaraan , dan dalam
beberapa kasus , membahayakan tubuh . Namun, hal ini tidak , dengan ukuran apa
pun , kompilasi korban . Sebaliknya , keberanian , dengan penegasan atas
kemungkinan dan perubahan , adalah apa yang mendefinisikan mereka ,
sendiri-sendiri dan bersama-sama . Masing-masing berbicara kepada saya dengan
kefasihan menarik dari penyebab yang mereka telah mengabdikan hidup mereka ,
dan untuk itu mereka bersedia mengorbankan mereka - dari kebebasan berekspresi
dengan aturan hukum , dari pertahanan lingkungan untuk memberantas ijon , dari
akses ke modal dengan hak atas proses hukum , dari hak-hak perempuan untuk
kebebasan beragama . Sebagai Martin Luther Kings negara mereka , para pemimpin
ini dimiliki bersama catatan inspirasi prestasi dan kapasitas yang mendalam
untuk menyalakan perubahan .
Suara pembela HAM sendiri memancing
pertanyaan mendasar : mengapa orang yang menghadapi hukuman penjara,
penyiksaan, dan kematian , terus mengejar pekerjaan mereka ketika peluang
sukses sangat terpencil dan konsekuensi pribadi begitu berat ? Mengapa mereka
terlibat ? Apa yang membuat mereka pergi ? Di mana mereka mendapatkan kekuatan
dan inspirasi mereka ? Bagaimana mereka mengatasi ketakutan mereka ? Bagaimana
mengukur keberhasilan mereka ? Dari jawaban muncul potret simpatik dan kekuatan
- pemberian kekuatan tekad pribadi dan tekad dalam menghadapi ketidakadilan .
Pertanyaan-pertanyaan mendasar memiliki minat khusus bagi saya pribadi .
Sebagai seorang ibu dari tiga gadis-gadis muda , saya sangat ingin memahami
jika ada langkah yang saya bisa lakukan untuk mendorong anak saya sendiri untuk
mengembangkan atribut yang sama , atau jika keberanian moral adalah sesuatu
yang orang-orang tertentu dilahirkan dengan , inheren , sedangkan sisanya dari
kita ( dengan kepekaan yang lebih rendah kita sendiri ) yang tersisa untuk
mengatasi . Dan jika kita mampu kurang, maka kita off the hook ? Dihukum untuk
menjadi orang-orang berdosa , apakah ada gunanya berjuang untuk menjadi
orang-orang kudus ?
Beberapa pembela mengingat momen
awal atau insiden yang galvanis kesadaran sosial mereka selamanya . Beberapa
cerita menceritakan membakar anak bertemu dengan ketidakadilan , seperti ketika
Patria Jimenez berbicara tentang kefanatikan dalam keluarganya sendiri terhadap
kaum gay dan pengalamannya sendiri prasangka sebagai lesbian . Banyak pembela
adalah anggota kelompok yang telah mengalami represi berkelanjutan , dan
sebagainya telah datang ke pemahaman yang alami dari masalah dan keinginan
untuk mengatasi kesalahan , seperti Juliana Dogbadzi . Lainnya melihat
ketidakadilan dalam masyarakat mereka bukan bagian dari dan mengambil
penyebabnya , seperti Bruce Harris . Dan yang lain telah menikmati kenyamanan
berada di antara elit di negara mereka , namun mempertaruhkan diasingkan - dan
lebih buruk - untuk memperbaiki kesalahan yang dilakukan oleh rekan-rekan
mereka , terutama Kailash Satyarthi .
Meskipun kekuatan besar tersusun
terhadap mereka , laki-laki dan perempuan ini , secara keseluruhan , optimis
banyak . Dalam wawancara saya dengan Uskup Agung Tutu , ia menekankan sikap ini
mengatakan ,
emiliki
Tuhan yang tidak mengatakan , ' Ah ... Got you! ' No Allah berkata , '
Bangunlah , ' dan Tuhan debu kami dan Tuhan berkata , " Coba lagi . "
" Mungkin sikap harus memenuhi syarat sebagai kurang optimis dari harapan
. Sangat banyak pragmatis dan realistis tentang prospek perubahan , terlalu menyadari
tantangan yang mereka hadapi , namun mereka terus bergulir batu mereka kembali
ke atas bukit . Oscar Arias Sanchez , seorang Nobel peace Prize pemenang
aktivis , menunjukkan , " Dalam dunia yang menyajikan suatu perjuangan
yang dramatis antara hidup dan mati , keputusan yang kita buat tentang
bagaimana melakukan hidup kita , tentang jenis orang yang kita inginkan,
memiliki konsekuensi penting . Dalam konteks ini , kita harus berdiri di sisi
kehidupan ... Satu bekerja untuk keadilan bukan untuk kemenangan besar, tapi
hanya karena terlibat dalam perjuangan itu sendiri layak dilakukan . "
Suara-suara
ini , sebagian besar dari semua , panggilan untuk bertindak , sangat dibutuhkan
karena pelanggaran hak asasi manusia sering terjadi sampulnya malam , di
tempat-tempat terpencil dan gelap . Bagi banyak dari mereka yang menderita ,
isolasi adalah musuh terburuk mereka , dan paparan dari kekejaman adalah
satu-satunya harapan mereka . Kita harus membawa sorotan internasional terhadap
pelanggaran dan memperluas komunitas mereka yang tahu dan peduli tentang
orang-orang yang digambarkan . Ini saja juga dapat menghentikan penghilangan ,
membatalkan sesi penyiksaan , atau bahkan , suatu hari , menyelamatkan sebuah
nyawa . Termasuk dengan setiap cerita adalah panduan sumber daya informasi
kontak untuk pembela dan organisasi mereka dengan harapan bahwa Anda , pembaca
, akan mengambil tindakan , mengirimkan donasi , meminta informasi lebih lanjut
, terlibat . Semakin banyak suara yang dibesarkan di protes , semakin besar
kemungkinan perubahan .
Aku
dibesarkan dalam tradisi Yahudi-Kristen di mana kita dicat nabi kami pada
langit-langit dan disegel kudus kita di kaca patri . Mereka adalah manusia
super , tak tersentuh , dan jadi kita dibebaskan dari beban tantangan mereka .
Tapi di sini di bumi , orang-orang seperti ini dan tak terhitung jumlahnya
pembela lainnya hidup , bernapas manusia di tengah-tengah kita . Tekad mereka ,
keberanian , dan komitmen dalam menghadapi bahaya besar menantang kita
masing-masing untuk mengambil obor untuk masyarakat yang lebih layak. Hari ini
kita diberkati dengan kehadiran orang-orang ini . Mereka adalah guru , yang
menunjukkan kepada kita bukan bagaimana menjadi orang-orang kudus , tapi
bagaimana menjadi manusia sepenuhnya.
Critical yang ketiga. Salah satu
yang perlu kita ingat ialah bahwa pengetahuan dan keahlian untuk membaca dan
menulis tidak kita bawa sejak lahir. Ketika kita lahir hingga berumur 5 tahun,
kita tidak memiliki kemampuan untuk baca dan tulis. Keahlian untuk baca dan
tulis muncul melalui proses pendidikan dan latihan yang rutin. Melalui
pendidikan dan latihan yang rutin, kita mampu membaca dan menulis dengan
lancar. Hal ini memang telah saya alami sendiri hingga saat ini. Orang tua
merupakan guru pertama saya. Mereka melatih saya membaca, menulis, menyanyi dan
membuat perhitungan Matematika. Ketika saya masuk Sekolah Dasar, para guru saya
menjadi orang yang berusaha agar saya dapat tahu baca dan tulis. Mula-mula
memang penuh perjuangan, keterpaksaan dan ‘penderitaan’. Saya masih ingat,
ketika kami yang masih kecil, kami dirotani sesekali oleh Bu Guru SD agar kami
dapat lancar dan benar dalam menulis dan membaca kata, kalimat , wacana dan
juga Matematika. Pedih rasanya dirotani oleh Bu Guru akibat kami salah menulis
dan tidak bisa membaca ketika Sekolah Dasar. Bergilir untuk melakukan
aktivitas membaca sendiri satu-demi satu siswa/i di muka papan tulis hitam
dengan tulisan dari kapur putih itu memang saat-saat yang mendebarkan bagi kami
yang tidak tahu baca dan tulis. Terkadang kami hanya diam membatu di depan
papan. Mungkin memang bukan tidak tahu baca, tulis dan membuat perhitungan
Matematika, namun karena konsentrasi terganggu akibat mental yang belum kuat
berdiri dan berbicara di depan kelas. Malu dan takut merupakan perasaan yang
terus bergejolak ketika itu. Tangan Bu Guru atau Pak Guru yang kekarpun
langsung mendarat empuk di tubuh kami. Sakit dan pedih memang. Malahan
kadang-kadang kamipun dirotani ataupun disuruh berlutut di muka kelas agar
memiliki kesadaran bahwa membaca dan menulis merupakan aktivitas yang harus
bagi kami anak-anak bangsa Indonesia.
Kesimpulan, Didalam buku tersebut karena, Buku
beroperasi di banyak cara untuk mengubah kesadaran masyarakat kita, mereka tahu bahwa para ilmuwan selalu nomor hal dan
karena semua orang ingin menjadi ilmiah, mereka juga nomor hal. Saya ingat
ketika saya pergi ke sekolah, saya akan mendengar pernyataan, " ini adalah
empat penyebab revolusi Perancis". Saya menyadari bahwa jika Ada nomor
hal-hal yang Anda katakan itu sangat mengesankan meskipun sama sekali tidak
berarti. Mari kita hanya mengatakan ada sejumlah cara di mana buku dapat
mengubah kesadaran. Pertama, mereka dapat memperkenalkan gagasan bahwa pembaca
tidak pernah terpikirkan sebelumnya.
Referency.
Speaking Turth to
power with books1.Howard Zinn
coba petakan ulang dengan gamblang keterhubungan sejarah dan literasi
BalasHapus