We are simple, but no simple impact. Proudly Presents, PBI C 2012. Happy Reading!

Course: Writing and Composition 4

Instructor : Lala Bumela

This website created by : College student from The State Institute of Islamic Studies Syekh Nurjati Cirebon, The Dapartment of English Education 2012.


widgets

Kamis, 13 Februari 2014

STUDY WRITING 4

Class review

            Didalam buku ini saya akan mengerjakan tugas saya dalam pelajaran writing 4 dan tugas pertama saya adalah membuat class review. Disini saya akan menulis class review yang di tugaskan oleh Mr. Lala Bumela, didalam kelas Mr. Lala menjelaskan banyak materi yang tercantum di dalam silabusnya. Didalam silabus tersebut banyak sekali point-point yang di jelaskan oleh beliau, dari poin nilai, kehadiraan, keaktifannya, dan masih banyak lagi setelai itu beliau menjelaskan tentang materi-materi yang terdapat dalam silabusnya seperti, class review, appetizer essay, chapter review, dandi semester 4 ini beliau menambahkan materi baru seperti appetizer essay. Setelah beliau menjelaskan materi beliau juga memberitahukan kebada kami bahwa di tahun 2014 ini beliau mendapatkan banyak kesibuka di luar kampus (IAIN), setelah beliau menjelaskan tentang silabusnya, beliau melanjutkan dengan materi berikutnya yaitu tentang writing.
            Dalam awal kita menulis kita harus menumukan sebuah idea itu adalah aancaran pertama kita dalam menulis, ketika kita sudah menemukan idea yang sangat berlian itu semua akan mempermudah bagi kita untuk menulis, dan yang kedua adalah dengan menentukan sebuah topic atau judul, karena sebelum kita menulis karangan cerita kita harus kita harus membuat topic atau judul terlebih dahulu agar kita lebih mudah untuk membuat karangan cerita tersebut. Dalam menentuka topic atau judul kita harus bisa memperluas dalam memancarkan idea-idea tersebut sehingga judul yang kita dapatkan itu lumayan berlian dan bagus, dalam mencari sebuah topic atau judul kita tidak harus menggunakan dengan pronunciation dan juga grammar.
            Beliau juga menjelaskan bahwa dimensi mengajar writing tidak semudah dengan apa yang kita bayagkan, didalam konsekuen mengajar writing harus penuh dengan konsentrasi dan penuh dengan kesabaran, apalagi kita menulis dengan menggunakan dua bahasa itu semua pasti sangat membutuhkn kesabaraan yang sangat optimal. Dalam belajar menulis adalah salah satu aspek yang saangat menantang dari pembelajaran menulis tersebut. Bahkan bagi kita semua menulis aadalah bagian dari kehidupan sehari-hari kita dan menulis juga adalah sebuah tahap pertama dalam menggapai masa depan kita, memiliki kemampuan menulis secara efektif adalah sesuatu yang sangat membutuhkan exensive khusus intruksi yang dibutuhkan dalam belajar menulis. (Hyland 2003-2004)
            Untuk menjadi guru writing harus mempunyai kemampuan dalam sebuah penelitian karena bagaimanapun untuk mengetahui teori-teori penulisan itu terdapat dari sebuah penelitian jadi menjadi seorang guru writing itu harus mempunyai kemampuaan dalam sebuah penelitian selain itu dalam pengajaran writing guru harus bisa berevolusi untuk mengetahui sifat penulisan yang baik, setelah itu guru juga harus memiliki kemampuan dalam sifat texs yang sangat baik dan genres yang bagaimana guru bisa mencerminkan penggunaannya dalam komonitas wacana dalam menulis, hubungan untuk menjadi seorang penulis itu ada beberapa bagian. Yang pertama dan yang dua adalah memperluas bahasa, bagaimaana cara kita agar dapat memperluas suaatu bahasa? Cara untuk memperluasnya adalah dengan cara kita yang selalu mau mencoba berlatih dan selalu ingin mencobanya dan tak mudah putus asa, dan agar bisa lebih baik lagi kita juga harus memiliki khursus dalam berlatih menulis ataupun membaca.


Didalam khursus menulis yang sangat penting dan harus dikembangkan yaitu:
Ø  Mengembangkan ajaran caraa menulis
Ø  Penggunaan computer dalam menulis.
Ø  Dan pendekatan untuk umpan balik dalam sebuah penelitian.
Semua itu adalah bagian-bagian dari kurikulum untuk menulis. Untuk membantu guru bahasa menjadikan seorang guru menulis itu tidak mudah dan juga tidak asal-asalan, untuk menjadikan seorang guru menulis itu  seorang guru harus selalu efektif, dan itu adalah salah satu yang dapat membuat pilihan dalam sebuah informasi tentang metode dalam pengajaran menulis, dalam material dan sebuah prosedur untuk digunakan dalam kelas yang didasarkaan pada pemahamaan yang sangat jelas tentang pengetahuan sika dan sifat saaat praktek dalam menjadi propesi seorang guru writing yang relektif dan refleksi,yang sangat membutuhkan banyak pengetahuan untuk bisa menghubungkan sebuah penelitian dan teori yang sangat relevan.
Dalam menulis pasti sangat melibatkan sebuah penyusunan keterampilan dan banyak pengetahuan tentang sebuah text, context, dengan si pembaca ataupun sipenulis, seperti kita mengikuti kerajinan apapun dan bagaimanapun penulisan itu agar lebih baik dan bagus semua itu jika diikuti dengan sebuah praktek dan semua itu adalah sebuah pembahasan pertam kita saaat kita akan melaakukan cara menulis dan mengetahui dasar yang kedua yang menggunakan dengan cara mengajaar atau praktik dalam belajar menulis. Dalam belajar menulis meliputi beberapa maacam yaitu :
Ø  Struktur Bahasa
Ø  Fungsi Text
Ø  Tema atau Topik
Ø  Kadar
Ø  Ekspresi Kreatif
Ø  Proses menulis
Ø  Genre dan Kontext Penulisan
Dari ketujuh point teersebut adalah sebuah point-point yang akan mengawali pembelajaran dalam penulisan kita.
Stuktur bahasa adalah sebuah proses tau pengaturan bahasa pada guru ketika kita edang memulai prktek mengajaar. Struktur bahasa itu sangat penting bagi guru karena sebelum kita menjadi seoran guru kita harus mempunyai struktur dalam mengajar disaat kita sedang mengajar, jadi struktur bahasa itu sangat penting bagi seorang guru.
Dalam rangkuman struktur bahasa itu kita harus membahsnya dengan kita mempunyai kemaampuan untuk mncari sebua tema,judul atau pun dengan sebuah topic. Semua itu pasti sangat sekaali kita butuhkan diyang akan datang nanti.
Kadar dalam pengetahuan atau peenelitiaan seorang guru harus bisa mempunyai kadar penelitian ataupun ilmu pengetahuaan dalam pengajaran di dalam kelas agar kitaa bisa mengetahui kaadaar dalam cara mengajar kita, dalam mengajar kita juga harus menggunakan ekspresi dalam mengajaar agar semua siswa yang sedang mengarjar tidak jenuh untuk mendengarkan guru ketika guru sedang menerangkan sebuah materi writing.
 


            Teacher                 Research                                         Text                  Contek

                        Activities                                                                  READER

Guru itu harus memiliki semua cara dalam segitiga diatas. Dan guru juga harus wajib memiliki aktifitas dalam mengajar, harus memiliki keterampilan dan juga harus mempunyai text kontek dalam mengajar di dalam kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

a space for comment and critic