Class review
Didalam buku ini saya akan
mengerjakan tugas saya dalam pelajaran writing 4 dan tugas pertama saya adalah
membuat class review. Disini saya akan menulis class review yang di tugaskan oleh
Mr. Lala Bumela, didalam kelas Mr. Lala menjelaskan banyak materi yang
tercantum di dalam silabusnya. Didalam silabus tersebut banyak sekali
point-point yang di jelaskan oleh beliau, dari poin nilai, kehadiraan,
keaktifannya, dan masih banyak lagi setelai itu beliau menjelaskan tentang
materi-materi yang terdapat dalam silabusnya seperti, class review, appetizer
essay, chapter review, dandi semester 4 ini beliau menambahkan materi baru
seperti appetizer essay. Setelah beliau menjelaskan materi beliau juga
memberitahukan kebada kami bahwa di tahun 2014 ini beliau mendapatkan banyak
kesibuka di luar kampus (IAIN), setelah beliau menjelaskan tentang silabusnya,
beliau melanjutkan dengan materi berikutnya yaitu tentang writing.
Dalam awal kita menulis kita harus
menumukan sebuah idea itu adalah aancaran pertama kita dalam menulis, ketika
kita sudah menemukan idea yang sangat berlian itu semua akan mempermudah bagi
kita untuk menulis, dan yang kedua adalah dengan menentukan sebuah topic atau
judul, karena sebelum kita menulis karangan cerita kita harus kita harus
membuat topic atau judul terlebih dahulu agar kita lebih mudah untuk membuat
karangan cerita tersebut. Dalam menentuka topic atau judul kita harus bisa
memperluas dalam memancarkan idea-idea tersebut sehingga judul yang kita
dapatkan itu lumayan berlian dan bagus, dalam mencari sebuah topic atau judul
kita tidak harus menggunakan dengan pronunciation dan juga grammar.
Beliau juga menjelaskan bahwa
dimensi mengajar writing tidak semudah dengan apa yang kita bayagkan, didalam
konsekuen mengajar writing harus penuh dengan konsentrasi dan penuh dengan
kesabaran, apalagi kita menulis dengan menggunakan dua bahasa itu semua pasti
sangat membutuhkn kesabaraan yang sangat optimal. Dalam belajar menulis adalah salah
satu aspek yang saangat menantang dari pembelajaran menulis tersebut. Bahkan
bagi kita semua menulis aadalah bagian dari kehidupan sehari-hari kita dan
menulis juga adalah sebuah tahap pertama dalam menggapai masa depan kita,
memiliki kemampuan menulis secara efektif adalah sesuatu yang sangat
membutuhkan exensive khusus intruksi yang dibutuhkan dalam belajar menulis.
(Hyland 2003-2004)
Untuk menjadi guru writing harus
mempunyai kemampuan dalam sebuah penelitian karena bagaimanapun untuk
mengetahui teori-teori penulisan itu terdapat dari sebuah penelitian jadi
menjadi seorang guru writing itu harus mempunyai kemampuaan dalam sebuah
penelitian selain itu dalam pengajaran writing guru harus bisa berevolusi untuk
mengetahui sifat penulisan yang baik, setelah itu guru juga harus memiliki
kemampuan dalam sifat texs yang sangat baik dan genres yang bagaimana guru bisa
mencerminkan penggunaannya dalam komonitas wacana dalam menulis, hubungan untuk
menjadi seorang penulis itu ada beberapa bagian. Yang pertama dan yang dua
adalah memperluas bahasa, bagaimaana cara kita agar dapat memperluas suaatu
bahasa? Cara untuk memperluasnya adalah dengan cara kita yang selalu mau
mencoba berlatih dan selalu ingin mencobanya dan tak mudah putus asa, dan agar
bisa lebih baik lagi kita juga harus memiliki khursus dalam berlatih menulis
ataupun membaca.
Didalam
khursus menulis yang sangat penting dan harus dikembangkan yaitu:
Ø Mengembangkan
ajaran caraa menulis
Ø Penggunaan
computer dalam menulis.
Ø Dan
pendekatan untuk umpan balik dalam sebuah penelitian.
Semua
itu adalah bagian-bagian dari kurikulum untuk menulis. Untuk membantu guru
bahasa menjadikan seorang guru menulis itu tidak mudah dan juga tidak
asal-asalan, untuk menjadikan seorang guru menulis itu seorang guru harus selalu efektif, dan itu
adalah salah satu yang dapat membuat pilihan dalam sebuah informasi tentang
metode dalam pengajaran menulis, dalam material dan sebuah prosedur untuk
digunakan dalam kelas yang didasarkaan pada pemahamaan yang sangat jelas
tentang pengetahuan sika dan sifat saaat praktek dalam menjadi propesi seorang
guru writing yang relektif dan refleksi,yang sangat membutuhkan banyak
pengetahuan untuk bisa menghubungkan sebuah penelitian dan teori yang sangat
relevan.
Dalam menulis pasti sangat melibatkan sebuah penyusunan
keterampilan dan banyak pengetahuan tentang sebuah text, context, dengan si
pembaca ataupun sipenulis, seperti kita mengikuti kerajinan apapun dan
bagaimanapun penulisan itu agar lebih baik dan bagus semua itu jika diikuti
dengan sebuah praktek dan semua itu adalah sebuah pembahasan pertam kita saaat
kita akan melaakukan cara menulis dan mengetahui dasar yang kedua yang
menggunakan dengan cara mengajaar atau praktik dalam belajar menulis. Dalam
belajar menulis meliputi beberapa maacam yaitu :
Ø Struktur
Bahasa
Ø Fungsi
Text
Ø Tema
atau Topik
Ø Kadar
Ø Ekspresi
Kreatif
Ø Proses
menulis
Ø Genre
dan Kontext Penulisan
Dari
ketujuh point teersebut adalah sebuah point-point yang akan mengawali
pembelajaran dalam penulisan kita.
Stuktur
bahasa adalah sebuah proses tau pengaturan bahasa pada guru ketika kita edang
memulai prktek mengajaar. Struktur bahasa itu sangat penting bagi guru karena
sebelum kita menjadi seoran guru kita harus mempunyai struktur dalam mengajar
disaat kita sedang mengajar, jadi struktur bahasa itu sangat penting bagi
seorang guru.
Dalam
rangkuman struktur bahasa itu kita harus membahsnya dengan kita mempunyai
kemaampuan untuk mncari sebua tema,judul atau pun dengan sebuah topic. Semua
itu pasti sangat sekaali kita butuhkan diyang akan datang nanti.
Kadar
dalam pengetahuan atau peenelitiaan seorang guru harus bisa mempunyai kadar
penelitian ataupun ilmu pengetahuaan dalam pengajaran di dalam kelas agar kitaa
bisa mengetahui kaadaar dalam cara mengajar kita, dalam mengajar kita juga harus
menggunakan ekspresi dalam mengajaar agar semua siswa yang sedang mengarjar
tidak jenuh untuk mendengarkan guru ketika guru sedang menerangkan sebuah
materi writing.
![]() |
![]() |
Teacher Research Text
Contek
Activities READER
Guru itu harus memiliki semua cara dalam segitiga diatas.
Dan guru juga harus wajib memiliki aktifitas dalam mengajar, harus memiliki
keterampilan dan juga harus mempunyai text kontek dalam mengajar di dalam
kelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
a space for comment and critic