We are simple, but no simple impact. Proudly Presents, PBI C 2012. Happy Reading!

Course: Writing and Composition 4

Instructor : Lala Bumela

This website created by : College student from The State Institute of Islamic Studies Syekh Nurjati Cirebon, The Dapartment of English Education 2012.


widgets

Kamis, 13 Februari 2014

Serangan Awal

Class Review

Sebuah gambaran untuk membangkitkan semangatku, di mana dalam sebuah gambar tersebut terdapat sebuah samudera, lautan yang luas, perahu, serta bekal untuk mengarungi lautan. Samudera tersebut yaitu academic writing. Di mana bila ingin singgah ke samudera tersebut harus melewati lautan yang luas. Sebelum melewati lautan, harus mempersiapkan peralatan agar dapat melewatinya yaitu sebuah perahu. Perahu tersebut di dalamnya  berisi a basic foundation of academic writing, triadic process of writing, provide with basic exercise on writing critical review and argumentative essay. Setelah perahu sudah dipersiapkan, siaplah kita mengarungi dunia writing.
Sepertinya mala mini akan seperti malam-malam saat saya berkelana mengelilingi dunia phonology. Namun kali ini mengelilingi dunia writing empat. 4 Februari 2014 merupakan pertemuan pertama dengan dengan mata kuliah “Writing 4” bersama Mr Lala Bumela. Seperti semester-semester sebelmnya, bila awal masuk perkuliahan pasti membahas kontrak belajar, begitupun dengan hari ini.
Pada kontrak belajar yang dibahas seperti biasanya, ada passport untuk mengikuti mata kuliah writing empat. Course work dan grade scale juga sama seperti semester sebelumnya. Tetapi ada hal yang baru di mata kuliah writing empat diantaranya, class review menjadi lima halaman, chapter review menjadi 10 halaman, terdapat appetizer essay, critical essay dan argumentative essay dan yang lebih menarik lagi yaitu blogging. Semua tugas yang kita kerjakan akan diposting ke blog. Menurut saya dengan adanya blog akan membantu meningkatkan kreatifitas menulis. Bukan hanya tulisan saja tetapi lewat media juga.
Sebenarnya saya juga belum terlalu memahami dengan critical review, appetizer essay, dan argumentative essay. Tapi, saya akan berusaha untuk mengertinya. Dengan berjalannya waktu saya akan mengerti. Tapi bukan hanya untk dimengerti saja, melainkan dapat membuatnya dengan baik. Seperti yang tertera dalam silabus tentang tujuan dari academic writing, yaitu:
1.      Untuk meningkatkan basic foundation of academic writing
2.      Untuk mempertajam dalam mengerti process writing (pre-writing, writing, pos-writing)
3.      Untuk menyediakan kepada mahasiswa dengan latihan basic writing yaitu critical review dan argumentative essay.
4.      Untuk memperlengkap mahasiswa dengan ebah basic untuk menilai hasil karnyanya.
Berbicara mengena critical review dan agumentative essay, saya akan mencoba menjelaskan tentang keduanya. Di dalam silabus sudah dijelaskan mengenai critical review.
Critical Review
Critical review adalah summary dan evalusi ide-ide dan informasi dalam sebuah artikel atau text. Ini mengungkapkan sudut pandang sang penulis di dalam subjek yang sudah diketahui dan sudah diperoleh dari teks-teks yang terkait. Maksudnya yaitu critical review itu mengekspesikan penulis dalam menggali informasi yang sudah diketahui dan dperoleh dari teks-teks. Dalam membuat critical review juga harus berfikir dengan hati-hati dan jelas dan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan materi laporan yang disajkan. Ada dua skill untuk membuat review, diantaranya:
a.       Seeking Information : Memidai literature untuk mejadi subjek informasi yang baik
b.      Reviewing Effectively : Mempertanyakan informasi dalam text dan menyajikan evalusi dan penilaian.
Argumentative Essay
Argumentative essay yaitu salah satu genre tulisan yang di dalamnya untuk menyelidiki topic, mengumpulkan, menghasilkan, mengevaluasi bukti dan membangaun posisi pada topic secara ringkas. Dalam membuat argumentative essay memerlukan penilitian empiris, dimana harus mengumpulkan data melalui wawancara, survey, observasi atau eksperimen.
·         Paragraph pertama (introduction), menetapkan konteks dengan meninjau topic secara umum.
·         Body Paragpraph harus dibatasi pembahasan satu ide umum. Hal ini akan memungkinkan untuk menjelaskan seluruh essay. Yang perlu dicatat bahwa setiap body paragraph harus memiliki berbagai koneksi logis untuk pertanyaan tesis juga disertai dengan hasil penelitian.
·         Paragraph terakhir yaitu kesimpulan. Sebuah kesimpulan tidak hanya menyatakan kembali tesis, tapi bukti yang diberikan untuk pembaca.
Pada semester ini namanya bukan lagi writing and composition, tapi academic writing. Menurut Mr Lala Bumela composition hanya sebagian kecil saja, sedangkan academic writing itu sifatnya meluas. Academic writing itu sifatnya pasif, otomatis kalau pasif pasti subjeknya dihilangkan. Pada pertemuan awal ini Mr Lala Bumela membahas tentang Academic Writing. Mr Lala memaparkan “Apa tantangan kita saat ini?”, diantanya :
·         Mneliti bagaimana tori-teori dalam penulisan itu berevolusi
·         Sifat penulisan yang baik
·         Sufat text dan enre dan bagaiman keduanya mencerminkan penggunaan dalam komunikasi wacana tertentu
·         Hubungan antara tulisan bahasa satu dengan bahasa yang lain
·         Bagaimana kurikulum dapat dikembangakan untuk materi writing
·         Pengembangan bahan ajar untuk class writing
·         Penggunaan computer dalam menulis instuksi
·         Pendekatan untuk umpan balik dan penelitian
Berbicara mengenai tantangan di atas bahwasannya teori-teori dalam penulisan itu berevolusi. Pendekatan writing juga harus berevolusi seperti grammar yang terus berevolusi. Tantangan berikutnya juga harus menulis dengan baik. Dengan kita menulis dengan baik itu akan membuat ketertarikan sendiri kepada pembaca. Pada point ke empat disebutkan bahasa satu dengan bahasa lainya. Bla kita menulis boleh menggunakan bahasa lain selain bahasa Inggris. Namun yang harus difikirkan yaitu idenya harus brilliant. Banyak teori-teori yang mendukung kita supaya dapat menjadi penulis, diantaranya Teaching and Researching Writing, Critical Academic Writing and Multilingual Student, Second Language Writing, Academic Writing : A Hanbook for International Student dan lain lain. Judul-judul buku tersebut dapat membantu kita mempelajari lebih dalam tentang academic writing.
Menurut Hyland “My expectation is to the honest”. Dalam hal ini menjadi guru bahasa dan gru writing. Seorang guru yang efektif adalah salah satu yang dapat membuat pilihan informasi tentang metode, material, dan produser untuk digunakan dalam kelas, didasarkan pada pemahaman yang jelas tentang sikap dan praktek. Seorang guru yang kuat adalah seorang guru reflektif dan refleksi membutuhkan pengetahuan untuk berhubngan dengan kegiatan kelas untuk penelitian dan teori yang relavan. Guru atau dosen yang mengajat writing tau seperti apa capeknya menulis.

Jadi kesimpulannya adalah pertemuan perdana hanya membahas tentang silabus serta pengenalan tentang academic writing. Pada academic wring semester ini ada latihan yang harus dikerjakan, yaitu membuat appetizer essay, ctitical review dan argumentative essay. Appetizer essay itu seperti opini essay sedangkan critical review itu mengungkapkan sudut pandang sang penulis di dalam subjek yang sudah diketahui dan diperoleh dari teks-teks yang terkait, dan argumentative essay itu pembuatan essay yang memerlukan penelitian yang empiris, dimana harus mengumpulkan data, melalui wawancara, survey, observasi atau eksperimen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

a space for comment and critic