We are simple, but no simple impact. Proudly Presents, PBI C 2012. Happy Reading!

Course: Writing and Composition 4

Instructor : Lala Bumela

This website created by : College student from The State Institute of Islamic Studies Syekh Nurjati Cirebon, The Dapartment of English Education 2012.


widgets

Kamis, 13 Februari 2014

GO TO ACADEMIC WRITING

CLASS REVIEW 1

Libur panjang telah berakhir, perjuangan pun akan segera dimulai.  Semangat pun harus kembali dibangun dengan kokoh.  Pagi yang mendung.  Rintik hujan kecil pun berlomba jatuh membasahi bumi.  Awan gelap pun seakan berarak dan berkumpul menutupi langit.  Hawa liburan pun masih terasa di hari pertama perkuliahan.  Rasa malas yang harus segera dilenyapkan setelah liburan panjang semester ini, membawa efek yang amat besar di hari pertama. 
Selasa pagi pukul 10.50 WIB, tanggal 04 Februari 2014 bertempat di gedung PBI ruang 44 IAIN Syekh Nurjati Cirebon, hari ini adalah hari pertama masuk perkuliahan di semester 4.  Pada semester 4 kali ini the best lecturer Mr. Lala Bumela, M.Pd kembali mengajar saya dan teman-teman PBI-C.  Pada semester 4 ini, Mr. Lala Bumela, M.Pd mengajar mata kuliah Writing and Composition 4. Pada semester sebelumnya, Mr. Lala Bumela, M.Pd mengajar mata kuliah Writing and Composition 2 di semester 2 dan English Phonology di semester 3.  Mata kuliah yang cukup sulit tersebut, telah kami lewati dengan nilai yang cukup memuaskan  sebagai pencapaian hasil dari apa yang telah kami perjuangkan.
“Writing 4, means sleepless nights, sore eyes, back pain, strained fingers, books scattered all over the room, a lengthy talk with colleagues, and of course, a handful bar of chocolate and cups of coffee.  But above all, writing makes you better student, a better individual, and of course, a better citizen. Enjoy!”.  Itulah sebagian kutipan yang Mr. Lala Bumela, M.Pd tulis pada syllabus beliau.  Kutipan yang benar-benar dialami dan dirasakan oleh saya dan teman-teman PBI-C. Mr. Lala Bumela, M.Pd  juga mengatakan bahawa di Writing and Composition 4 kita dituntut untuk bisa focus yang berat dan membutuhkan energi yang banyak. Struggle. Keep spirit to be success. 
Pada pertemuan pertama perkuliahan Writing and Composition  4 ini, Mr. Lala Bumela, M.Pd  menjelaskan tentang program pembelajaran yang beliau tulis pada syllabus.  Mr. Lala Bumela, M.Pd menjelaskan bahwa mata kuliah Writing and Composition 4 yang beliau ajar di semester 4 kali ini akan lebih sulit dan complicated dari mata kuliah Writing and Composition 2 di semester 2 lalu. Di mata kuliah Writing and Composition  4 ini, saya dan teman-teman dituntut untuk lebih kritis dan serius karena di mata kuliah Writing and Composition 4 ini kami akan membahas tentang Academic Writing.
Academic writing pada dasarnya, tulisan-tulisan yang harus kita buat untuk program-program di universitas.  Mungkin ada perbedaan nama-nama untuk tugas-tugas pada tulisan akademik (essay, paper, research paper, term paper, argumentative paper/essay, analysis paper/essay, position paper), tapi semua tugas-tugas tersebut mempunyai persamaan tujuan dan prinsip-prinsipnya.
Tujuan dari academic writing : mengapa siswa harus menulis  makalah?  Sebuah tugas academic writing seharusnya menjadi sebuah kesempatan untuk mengeksplorasi sesuatu yang menarik dari program mata kuliah.  Kita mempunyai kebebasan untuk memilih sebuah topic, halaman-halaman kosong untuk mengekspresikan ide-ide sendiri, dan seorang audience yang tertarik untuk membaca apa yang kita pikirkan.
Dalam tugas academic writing, kita harus memulai dengan menanyakan sebuah pertanyaan yang bagus, kemudian menemukan jawaban analisis untuk hal tersebut, dan memilih jawaban-jawaban terbaik kita untuk dibahas dalam makalah.  Makalah yang telah kita buat akan berbagi pemikiran dan penemuan-penemuan dan membenarkan jawaban  kita dengan logika dan bukti-bukti.  Jadi tujuan dari academic writing adalah bukan untuk menunjukan segala sesuatu yang kita tahu tentang topic yang kita pilih, tapi melainkan untuk menunjukan pemahaman dan bisa berpikir kritis tentang topik yang kita pilih (dan ini adalah alasan kita mendapatkan nilai yang baik).
Ditambah, kita akan mengembangkan keterampilan dalam mencari, mengevaluasi informasi, pengorganisasian, berdebat, merespon berbagai argumen-argumen lain, menganalisis, dan mengekspresikan diri kita dengan jelas dalam menulis (dalam bahasa Inggris juga).  Keterampilan-keterampilan tersebut, dengan jalan, adalah semua nilai dari employers.
Mr. Lala Bumela, M.Pd menuliskan pula tujuan-tujuan yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran mata kuliah Writing and Composition 4 di semester 4 ini dalam syllabus beliau, antara lain :
·         Untuk meningkatkan pemahaman para mahasiswa pada pondasi dasar dari academic writing.
·         Untuk mempertajam pemahaman mahasiswa tentang  proses triadic dalam menulis: pre-writing, writing, and post-writing.
·         Untuk memberi para mahasiswa dengan  dasar latihan dalam menulis tinjauan kritis dan argumentative essays.
·         Untuk membekali para mahasiswa dengan sebuah prinsip dasar menilai karya mereka sendiri.
Referensi buku merupakan hal yang penting dalam kegiatan belajar, dengan adanya referensi buku, mahasiswa menjadi lebih mudah mencari bahan materi dari mata kuliah yang diajarkan.  Dalam proses pembelajaran mata kuliah Writing and Composition 4, Mr. Lala Bumela, M.Pd menggunakan sebelas referensi buku, antara lain buku yang berjudul “Pokoknya Rekayasa Literasi” karya Dr. Chaedar Alwasilah, A.C. (2012), buku yang berjudul “Teaching and Researching Writing” karya Hyland K (2002), dan buku-buku lainnya.
Mr. Lala Bumela, M.Pd menuliskan lima point penilaian beliau dalam mata kuliah Writing and Composition 4 di semester 4 ini, antara lain two best homework (class and chapter reviews) 20%, three progress tests (two best critical reviews and one argumentative essay) 30%, one individual presentation (two minutes-challenge) 20%, blogging 10%, dan final exam 20%.  Ada beberapa point baru dalam mata kuliah Mr. Lala Bumela, M.Pd Writing and Composition 4 ini, antara lain class review yang bertambah satu halaman dari class review sebelumnya menjadi 5 pages, chapter review yang bertambah empat halaman dari chapter review sebelumnya menjadi 10 pages, untuk tugas critical review minimal 2500 kata dalam bahasa Indonesia dan argumentative essay minimal 3000 kata dalam bahasa Inggris, dan blogging.  Amazing.  Blogging merupakan very first time dalam mata kuliah Writing.  Untuk blogging, setiap kelas diwajibkan mempunyai akun blog, akun blog tersebut didalamanya akan diisi dengan tugas-tugas yang telah ditulis oleh setiap mahasiswa.  Blogging juga menjadi jalan baru untuk media interaksi antara dosen dan mahasiswa. Mr. Lala Bumela, M.Pd, meminta kami untuk membuat profil yang semenarik mungkin, agar Mr. Lala Bumela, M.Pd bisa melihat profil masing-masing mahasiswa dengan mudah.  Blog merupakan peluang bagi mahasiswa IAIN untuk menunjukan berbagai keterampilan-keterampilan mereka kepada khalayak umum.
Setelah menjelaskan isi dari syllabus, Mr. Lala Bumela, M.Pd membahas beberapa slide yang ada pada power point.  Pada slide pertama, Mr. Lala Bumela, M.Pd menjelaskan tentang kutipan dari Hyland K. “Learning how to write a second language is one of the most challenging aspects of second language learning” (Hyland, 2003), belajar menulis dengan menggunakan bahasa kedua merupakan sesuatu yang menantang dari pada kita belajar bahasa kedua tersebut. “Even for those who speak English as a first language, the ability to write effectively is something that requires extensive and specialized instruction” (Hyland 2003, Hyland 2004).  Bahkan seseorang yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertama, kemampuan untuk menulis secara efektif merupakan sesuatu yang membutuhkan extensive dan specialized instruction.  Extensive berarti harus mempunyai cakupan yang luas dalam tulisannya.  Hal tersebut berarti si penulis mampu menyajikan tulisan yang detail dan menyeluruh tentang suatu hal yang ia tulis, sehingga tulisannya dapat bermanfaat dan dipahami oleh pembaca.  Tentunya untuk menghasilkan tulisan yang bagus membutuhkan waktu yang cukup lama.  Specialized berarti si penulis memahami tentang mengapa, bagaimana dan apa yang ia tulis, tentunya orang-orang yang suka menulis, dan pernah menulis.
Sebelum kita menulis, tentunya kita harus paham terlebih dahulu tentang tantangan apa saja yang kita hadapi saat menulis.  Seperti yang tertulis dalam slide Mr. Lala Bumela, M.Pd, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi seorang penulis ketika ia menulis, seorang penulis harus bisa meneliti bagaimana teori-teori penulisan dan pengajaran  menulis berevolusi.  Dengan meneliti dan mengetahui setiap perkembangan teori-teori tersebut, penulis dapat menerapkannya dalam tulisannya, sehingga hasil dari karya tulis tersebut dapat dipahami oleh pembaca.
Pada slide kelima Mr. Lala Bumela, M.Pd menuliskan beberapa point penting dari Hyland K., kutipan tersebut merupakan harapan Mr. Lala Bumela, M.Pd mengajar mata kuliah Writing and Composition 4 yaitu untuk membantu guru bahasa menjadi guru menulis, karena tidak semua guru bahasa bahkan guru bahasa yang mahir dalam speakingnya pun belum tentu bisa bisa mengajar mata kuliah writing.  Seseorang guru yang efektif adalah salah satu yang dapat membuat pilihan informasi tentang metode, material, dan prosedur untuk digunakan dalam kelas didasarkan pada pemahaman yang jelas tentang sikap saat ini dan praktek dalamnya profesi.  Seorang guru yang kuat adalah seorang guru reflektif, dan refleksi membutuhkan pengetahuan untuk berhubungan kegiatan kelas untuk penelitian  dan teori yang relevan.
Menulis melibatkan menyusun keterampilan dan pengetahuan tentang teks, konteks, dan pembaca.
 


Theory             Research                      Text                 Context

Activity                                               Readers
Seorang guru yang baik, minimal mempunyai tiga penerapan ketika ia mengajar.  Seorang guru, harus bisa memilih theory yang sesuai dengan mahasiswanya.  Untuk bisa mengembangkan theory tersebut, guru bisa melakukan research dan menerapkan hasil penelitiannya dalam activity belajar di kelas.   Agar seorang bisa menghasilkan tulisan yang baik, penulis harus memahami  tiga point penting dalam menulis yaitu teks, context, dan readers.  Penulis harus memahami sifat dan jenis teks beserta contextnya , sehingga penulis bisa menyajikan teks yang sesuai dengan pembacanya (readers).
Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa mata kuliah Writing and Composition 4 di semester 4 ini akan mengacu pada sistem academic writing.  Academic writing pada dasarnya, tulisan-tulisan yang harus kita buat untuk program-program di universitas.  Sebuah tugas academic writing seharusnya menjadi sebuah kesempatan untuk mengeksplorasi sesuatu yang menarik dari program mata kuliah.  Kita mempunyai kebebasan untuk memilih sebuah topic, halaman-halaman kosong untuk mengekspresikan ide-ide sendiri, dan seorang audience yang tertarik untuk membaca apa yang kita pikirkan.  Jadi tujuan dari academic writing adalah bukan untuk menunjukan segala sesuatu yang kita tahu tentang topic yang kita pilih, tapi melainkan untuk menunjukan pemahaman dan bisa berpikir kritis tentang topik yang kita pilih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

a space for comment and critic