CLASS
REVIEW 1
Libur panjang telah
berakhir, perjuangan pun akan segera dimulai.
Semangat pun harus kembali dibangun dengan kokoh. Pagi yang mendung. Rintik hujan kecil pun berlomba jatuh
membasahi bumi. Awan gelap pun seakan
berarak dan berkumpul menutupi langit. Hawa
liburan pun masih terasa di hari pertama perkuliahan. Rasa malas yang harus segera dilenyapkan
setelah liburan panjang semester ini, membawa efek yang amat besar di hari
pertama.
Selasa pagi pukul 10.50
WIB, tanggal 04 Februari 2014 bertempat di gedung PBI ruang 44 IAIN Syekh
Nurjati Cirebon, hari ini adalah hari pertama masuk perkuliahan di semester
4. Pada semester 4 kali ini the best
lecturer Mr. Lala Bumela, M.Pd kembali mengajar saya dan teman-teman
PBI-C. Pada semester 4 ini, Mr. Lala
Bumela, M.Pd mengajar mata kuliah Writing and Composition 4. Pada semester
sebelumnya, Mr. Lala Bumela, M.Pd mengajar mata kuliah Writing and Composition
2 di semester 2 dan English Phonology di semester 3. Mata kuliah yang cukup sulit tersebut, telah
kami lewati dengan nilai yang cukup memuaskan
sebagai pencapaian hasil dari apa yang telah kami perjuangkan.
“Writing 4, means
sleepless nights, sore eyes, back pain, strained fingers, books scattered all
over the room, a lengthy talk with colleagues, and of course, a handful bar of
chocolate and cups of coffee. But above
all, writing makes you better student, a better individual, and of course, a better
citizen. Enjoy!”. Itulah sebagian
kutipan yang Mr. Lala Bumela, M.Pd tulis pada syllabus beliau. Kutipan yang benar-benar dialami dan dirasakan
oleh saya dan teman-teman PBI-C. Mr. Lala Bumela, M.Pd juga mengatakan bahawa di Writing and
Composition 4 kita dituntut untuk bisa focus yang berat dan membutuhkan energi
yang banyak. Struggle. Keep spirit to be success.
Pada pertemuan pertama
perkuliahan Writing and Composition 4
ini, Mr. Lala Bumela, M.Pd menjelaskan
tentang program pembelajaran yang beliau tulis pada syllabus. Mr. Lala Bumela, M.Pd menjelaskan bahwa mata
kuliah Writing and Composition 4 yang beliau ajar di semester 4 kali ini akan lebih
sulit dan complicated dari mata kuliah Writing and Composition 2 di semester 2 lalu.
Di mata kuliah Writing and Composition 4
ini, saya dan teman-teman dituntut untuk lebih kritis dan serius karena di mata
kuliah Writing and Composition 4 ini kami akan membahas tentang Academic
Writing.
Academic writing pada
dasarnya, tulisan-tulisan yang harus kita buat untuk program-program di
universitas. Mungkin ada perbedaan
nama-nama untuk tugas-tugas pada tulisan akademik (essay, paper, research
paper, term paper, argumentative paper/essay, analysis paper/essay, position
paper), tapi semua tugas-tugas tersebut mempunyai persamaan tujuan dan
prinsip-prinsipnya.
Tujuan dari academic
writing : mengapa siswa harus menulis
makalah? Sebuah tugas academic
writing seharusnya menjadi sebuah kesempatan untuk mengeksplorasi sesuatu yang
menarik dari program mata kuliah. Kita
mempunyai kebebasan untuk memilih sebuah topic, halaman-halaman kosong untuk
mengekspresikan ide-ide sendiri, dan seorang audience yang tertarik untuk
membaca apa yang kita pikirkan.
Dalam tugas academic
writing, kita harus memulai dengan menanyakan sebuah pertanyaan yang bagus,
kemudian menemukan jawaban analisis untuk hal tersebut, dan memilih
jawaban-jawaban terbaik kita untuk dibahas dalam makalah. Makalah yang telah kita buat akan berbagi
pemikiran dan penemuan-penemuan dan membenarkan jawaban kita dengan logika dan bukti-bukti. Jadi tujuan dari academic writing adalah bukan
untuk menunjukan segala sesuatu yang kita tahu tentang topic yang kita pilih,
tapi melainkan untuk menunjukan pemahaman dan bisa berpikir kritis tentang
topik yang kita pilih (dan ini adalah alasan kita mendapatkan nilai yang baik).
Ditambah, kita akan mengembangkan
keterampilan dalam mencari, mengevaluasi informasi, pengorganisasian, berdebat,
merespon berbagai argumen-argumen lain, menganalisis, dan mengekspresikan diri
kita dengan jelas dalam menulis (dalam bahasa Inggris juga). Keterampilan-keterampilan tersebut, dengan
jalan, adalah semua nilai dari employers.
Mr. Lala Bumela, M.Pd
menuliskan pula tujuan-tujuan yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran mata
kuliah Writing and Composition 4 di semester 4 ini dalam syllabus beliau,
antara lain :
·
Untuk meningkatkan
pemahaman para mahasiswa pada pondasi dasar dari academic writing.
·
Untuk mempertajam pemahaman
mahasiswa tentang proses triadic dalam
menulis: pre-writing, writing, and post-writing.
·
Untuk memberi para
mahasiswa dengan dasar latihan dalam
menulis tinjauan kritis dan argumentative essays.
·
Untuk membekali para
mahasiswa dengan sebuah prinsip dasar menilai karya mereka sendiri.
Referensi buku
merupakan hal yang penting dalam kegiatan belajar, dengan adanya referensi
buku, mahasiswa menjadi lebih mudah mencari bahan materi dari mata kuliah yang
diajarkan. Dalam proses pembelajaran mata
kuliah Writing and Composition 4, Mr. Lala Bumela, M.Pd menggunakan sebelas
referensi buku, antara lain buku yang berjudul “Pokoknya Rekayasa Literasi”
karya Dr. Chaedar Alwasilah, A.C. (2012), buku yang berjudul “Teaching and
Researching Writing” karya Hyland K (2002), dan buku-buku lainnya.
Mr. Lala Bumela, M.Pd menuliskan
lima point penilaian beliau dalam mata kuliah Writing and Composition 4 di
semester 4 ini, antara lain two best homework (class and chapter reviews) 20%,
three progress tests (two best critical reviews and one argumentative essay)
30%, one individual presentation (two minutes-challenge) 20%, blogging 10%, dan
final exam 20%. Ada beberapa point baru
dalam mata kuliah Mr. Lala Bumela, M.Pd Writing and Composition 4 ini, antara
lain class review yang bertambah satu halaman dari class review sebelumnya
menjadi 5 pages, chapter review yang bertambah empat halaman dari chapter
review sebelumnya menjadi 10 pages, untuk tugas critical review minimal 2500
kata dalam bahasa Indonesia dan argumentative essay minimal 3000 kata dalam
bahasa Inggris, dan blogging. Amazing.
Blogging merupakan very first time dalam mata kuliah Writing. Untuk blogging, setiap kelas diwajibkan
mempunyai akun blog, akun blog tersebut didalamanya akan diisi dengan
tugas-tugas yang telah ditulis oleh setiap mahasiswa. Blogging juga menjadi jalan baru untuk media
interaksi antara dosen dan mahasiswa. Mr. Lala Bumela, M.Pd, meminta kami untuk
membuat profil yang semenarik mungkin, agar Mr. Lala Bumela, M.Pd bisa melihat
profil masing-masing mahasiswa dengan mudah. Blog merupakan peluang bagi mahasiswa IAIN
untuk menunjukan berbagai keterampilan-keterampilan mereka kepada khalayak
umum.
Setelah menjelaskan isi
dari syllabus, Mr. Lala Bumela, M.Pd membahas beberapa slide yang ada pada
power point. Pada slide pertama, Mr.
Lala Bumela, M.Pd menjelaskan tentang kutipan dari Hyland K. “Learning how to
write a second language is one of the most challenging aspects of second
language learning” (Hyland, 2003), belajar menulis dengan menggunakan bahasa
kedua merupakan sesuatu yang menantang dari pada kita belajar bahasa kedua
tersebut. “Even for those who speak English as a first language, the ability to
write effectively is something that requires extensive and specialized
instruction” (Hyland 2003, Hyland 2004).
Bahkan seseorang yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertama,
kemampuan untuk menulis secara efektif merupakan sesuatu yang membutuhkan
extensive dan specialized instruction. Extensive
berarti harus mempunyai cakupan yang luas dalam tulisannya. Hal tersebut berarti si penulis mampu
menyajikan tulisan yang detail dan menyeluruh tentang suatu hal yang ia tulis,
sehingga tulisannya dapat bermanfaat dan dipahami oleh pembaca. Tentunya untuk menghasilkan tulisan yang bagus
membutuhkan waktu yang cukup lama. Specialized
berarti si penulis memahami tentang mengapa, bagaimana dan apa yang ia tulis,
tentunya orang-orang yang suka menulis, dan pernah menulis.
Sebelum kita menulis,
tentunya kita harus paham terlebih dahulu tentang tantangan apa saja yang kita
hadapi saat menulis. Seperti yang
tertulis dalam slide Mr. Lala Bumela, M.Pd, ada beberapa tantangan yang harus
dihadapi seorang penulis ketika ia menulis, seorang penulis harus bisa meneliti
bagaimana teori-teori penulisan dan pengajaran
menulis berevolusi. Dengan
meneliti dan mengetahui setiap perkembangan teori-teori tersebut, penulis dapat
menerapkannya dalam tulisannya, sehingga hasil dari karya tulis tersebut dapat
dipahami oleh pembaca.
Pada slide kelima Mr. Lala
Bumela, M.Pd menuliskan beberapa point penting dari Hyland K., kutipan tersebut
merupakan harapan Mr. Lala Bumela, M.Pd mengajar mata kuliah Writing and
Composition 4 yaitu untuk membantu guru bahasa menjadi guru menulis, karena
tidak semua guru bahasa bahkan guru bahasa yang mahir dalam speakingnya pun
belum tentu bisa bisa mengajar mata kuliah writing. Seseorang guru yang efektif adalah salah satu
yang dapat membuat pilihan informasi tentang metode, material, dan prosedur
untuk digunakan dalam kelas didasarkan pada pemahaman yang jelas tentang sikap
saat ini dan praktek dalamnya profesi. Seorang
guru yang kuat adalah seorang guru reflektif, dan refleksi membutuhkan
pengetahuan untuk berhubungan kegiatan kelas untuk penelitian dan teori yang relevan.
Menulis melibatkan
menyusun keterampilan dan pengetahuan tentang teks, konteks, dan pembaca.
![]() |
![]() |
Theory Research Text Context
Activity Readers
Seorang guru yang baik, minimal
mempunyai tiga penerapan ketika ia mengajar. Seorang guru, harus bisa memilih theory yang
sesuai dengan mahasiswanya. Untuk bisa
mengembangkan theory tersebut, guru bisa melakukan research dan menerapkan
hasil penelitiannya dalam activity belajar di kelas. Agar
seorang bisa menghasilkan tulisan yang baik, penulis harus memahami tiga point penting dalam menulis yaitu teks,
context, dan readers. Penulis harus
memahami sifat dan jenis teks beserta contextnya , sehingga penulis bisa
menyajikan teks yang sesuai dengan pembacanya (readers).
Dari pembahasan diatas
dapat disimpulkan bahwa mata kuliah Writing and Composition 4 di semester 4 ini
akan mengacu pada sistem academic writing. Academic writing pada dasarnya,
tulisan-tulisan yang harus kita buat untuk program-program di universitas. Sebuah tugas academic writing seharusnya
menjadi sebuah kesempatan untuk mengeksplorasi sesuatu yang menarik dari
program mata kuliah. Kita mempunyai
kebebasan untuk memilih sebuah topic, halaman-halaman kosong untuk
mengekspresikan ide-ide sendiri, dan seorang audience yang tertarik untuk
membaca apa yang kita pikirkan. Jadi
tujuan dari academic writing adalah bukan untuk menunjukan segala sesuatu yang
kita tahu tentang topic yang kita pilih, tapi melainkan untuk menunjukan
pemahaman dan bisa berpikir kritis tentang topik yang kita pilih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
a space for comment and critic