CLASS REVIEW
Menulis berarti mengukir sejarah. Sejarah selalu identik dengan pahlawan.
Jadi apakah seorang penulis itu bisa dikatakan seorang pahlawan? Saya fikir
bisa, karena seseorang bisa dikatakan seorang pahlawan bukan hanya karena dia
melawan penjajah, suka menyelamatkan sesuatu yang berharga atau dia suka
membantu orang-orang yang sedang kesusahan, tetapi seorang pahlawan juga harus
bisa menginspirasi banyak orang. Tentu saja seorang penulis bisa dikatakan
mampu untuk melakukan hal tersebut. Karena ketika kita menulis dan kemudian
dibaca oleh para pembaca maka kita telah memberi inspirasi kepada mereka.
Contohnya presiden Republik Indonesia pertama kita, Ir. Soekarno. Beliau
menulis teks proklamasi dan kemudian di ketik oleh Sayuti Malik. Sampai saat
ini teks tersebut masih tersimpan di suatu tempat dan telah memberikan
inspirasi bagi banyak orang.
Pada
tanggal 4 Februari 2014 merupakan hari yang sangat luar biasa. Setelah kurang
lebih satu bulan libur, bebas dari berbagai berbagai tugas yang terkadang
membuat stres, bosan, kesal, marah dan bahkan membuat badan drop, hari itu saya
harus siap kembali bergelut dengan tugas-tugas kuliah dan membunuh rasa malas
yang selalu menjadi musuh utama dalam diri saya.
Untuk
mata kuliah Writing and Composition 4, kembali di pegang oleh Mr. Lala Bumela,
M.Pd. sebagai dosennya. Dan pada kali ini, mata kuliah Writing and Composition
4 akan sangat berbeda dengan Writing and Composition 2 yang pada waktu semester
2 di pegang Mr. Lala. Pada Writing and Composition 2 lalu, kami lebih di
tekankan untuk menulis recount, narrative, explanation text, tapi pada Writing
and Composition 4 ini akan lebih rumit karena bukan recount, narrative,
explanation text lagi, melainkan kami akan lebih menulis ke arah yang akademik.
Akademik yaitu memiliki jarak yang jauh antara penulis dan tulisannya. Dan di
mata kuliah Writing and Composition 4 ini akan lebih strong taste karena kami
akan menulis hal yang sesuai dengan standard research kami. Maka dari itu di
semester kali ini kami akan di tekankan untuk lebih meneliti hal-hal yang akan
di tulis agar para pembaca dapat benar-benar menikmati tulisan kami di sertai
pembaca dapat mengambil hal-hal positif atau manfaat dari apa yang kami tulis.
Seperti
yang sudah di sebutkan di atas bahwa di semester 4 ini kami akan menulis ke
arah yang akademik, bukan lagi menulis asal-asalan. Dan ini akan jauh lebih
rumit serta menguras fikiran. Di semester ini juga kami akan di ajarkan
bagaimana menjadi pengajar writing. Seperti yang pernah Mr. Lala katakan,
sebagai dosen writing beliau harus memenuhi tiga point penting yaitu research,
activities and theory.
Pada semester
ini juga banyak hal baru yang kami temui diantaranya kami harus membuat satu
blog yang akan digunakan oleh bersama-sama dalam satu kelas. Hal tersebut dilakukan
untuk menunjukan kepada khalayak bahwa kami sedang belajar mengenai academic
writing. Selain itu, seperti biasa penambahan halaman untuk class review yang
kini menjadi lima halaman setiap minggunya tetapi tetap menggunakan bahasa
Indonesia. Selain class review ada juga appetizer dimana kami harus menulis
lima halaman lagi berdasarkan teks yang telah di berikan Mr. Lala. Dan tidak di
perbolehkan menggunakan bahasa Inggris.
A
Highlight on Writing 4 Course
·
Learning how to
write in a second language is one of the most challenging aspects of second
language learning (Hyland 2003)
·
Even for those who
speak English as a first language, the ability to write effectively is
something that requires exensive and specialised instruction (Hyland 2003;
Hyland 2004).
Belajar bagaimana menulis
menggunakan bahasa kedua merupakan tantangan berat. Tetapi bila bahasa pertama
sudah kita kuasai atau kita sudah bisa di katakan mampu menulis dengan bahasa
pertama maka tidak menutup kemungkinan kita mampu untuk manulis menggunakan
bahasa kedua. Dan bahkan orang yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa
pertamanya belum tentu mampu menulis dengan bahasa Inggris.
Semester 4 akan menjadi pengalaman
yang mungkin tak akan pernah bisa terlupakan karena pada semester ini academic
writing akan mencakup banyak hal yaitu meneliti bagaimana teori-teori penulisan
dan pengajaran menulis telah berevolusi, sifat penulisan yang baik, sifat genre
dan bagaimana mereka mencerminkan penggunaannya dalam komunitas wacana
tertentu, hubungan antara menulis di pertama dan kedua bahasa, bagaimana
kurikulum dapat di kembangkan untuk kursus menulis, pengembangan bahan ajar
untuk kelas menulis, penggunaan komputer dalam menulis intruksi dan pendekatan
untuk umpan balik dan penilaian.
Academic writing akan sangat berguna
bagi kami sebagai mahasiswa. Materi academic writing akan sangat membantu kami
ketika penulisan skripsi nanti di akhir masa perkuliahan. Dan seperti yang
telah di ketahui bahwa di lingkungan kampus kita itu mahasiswanya “latah”,
artinya skripsi mereka hampir sama, jadi dapat di katakan wajar bila mahasiswa
bolak-balik hanya untuk mengganti dan mencari judul skripsi yang tepat karena
setelah mereka konsul dengan dosen pembimbingnya maka mereka akan dapat 1 + 1 +
1 + .... dan terus bertambah. Dengan adanya academic writing di semester 4 ini,
maka kami akan di ajarkan bagaimana agar tidak menjadi mahasiswa latah,
bagaimana menentukan judul yang tepat dan menarik, bagaimana memproduksi
tulisan yang luar biasa yang sesuai dengan yang di harapkan.
Seperti yang di ketahui bahwa
sekarang ini kami belajar di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang kemungkinan
besar setelah lulus nanti akan menjadi guru bahasa Inggris. Seorang guru
tentunya ingin menjadi guru yang efektif, dan seorang guru yang efektif adalah
salah satu yang dapat membuat pilihan informasi tentang metode, material, dan
prosedur untuk digunakan dalam kelas di dasarkan pada pemahaman yang jelas
tentang sikap saat ini dan praktek dalamnya profesi. Selain itu seorang guru
juga tentunya ingin kuat dalam artian menjadi guru yang reflektif, dan refleksi
membutuhkan pengetahuan untuk berhubungan kegiatan kelas untuk penelitian dan
teori yang relevan.
Jadi kesimpulannya yaitu di semster
4 ini kami akan lebih belajar tentang academic writing yang akan mengarahkan
kami supaya di akhir masa kuliah nanti atau ketika menulis skripsi kami tidak
menjadi mahasiswa yang latah. Tetapi kami mampu untuk memilih judul yang tepat
dan menarik dan mampu memproduksi tulisan yang luar biasa. Dan selain itu
academic writing juga akan melatih kami untuk menjadi guru yang kreatif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
a space for comment and critic