We are simple, but no simple impact. Proudly Presents, PBI C 2012. Happy Reading!

Course: Writing and Composition 4

Instructor : Lala Bumela

This website created by : College student from The State Institute of Islamic Studies Syekh Nurjati Cirebon, The Dapartment of English Education 2012.


widgets

Kamis, 13 Februari 2014

BUKAN SEKEDAR MENULIS

CLASS REVIEW

            Menulis berarti mengukir sejarah. Sejarah selalu identik dengan pahlawan. Jadi apakah seorang penulis itu bisa dikatakan seorang pahlawan? Saya fikir bisa, karena seseorang bisa dikatakan seorang pahlawan bukan hanya karena dia melawan penjajah, suka menyelamatkan sesuatu yang berharga atau dia suka membantu orang-orang yang sedang kesusahan, tetapi seorang pahlawan juga harus bisa menginspirasi banyak orang. Tentu saja seorang penulis bisa dikatakan mampu untuk melakukan hal tersebut. Karena ketika kita menulis dan kemudian dibaca oleh para pembaca maka kita telah memberi inspirasi kepada mereka. Contohnya presiden Republik Indonesia pertama kita, Ir. Soekarno. Beliau menulis teks proklamasi dan kemudian di ketik oleh Sayuti Malik. Sampai saat ini teks tersebut masih tersimpan di suatu tempat dan telah memberikan inspirasi bagi banyak orang.
            Pada tanggal 4 Februari 2014 merupakan hari yang sangat luar biasa. Setelah kurang lebih satu bulan libur, bebas dari berbagai berbagai tugas yang terkadang membuat stres, bosan, kesal, marah dan bahkan membuat badan drop, hari itu saya harus siap kembali bergelut dengan tugas-tugas kuliah dan membunuh rasa malas yang selalu menjadi musuh utama dalam diri saya.
            Untuk mata kuliah Writing and Composition 4, kembali di pegang oleh Mr. Lala Bumela, M.Pd. sebagai dosennya. Dan pada kali ini, mata kuliah Writing and Composition 4 akan sangat berbeda dengan Writing and Composition 2 yang pada waktu semester 2 di pegang Mr. Lala. Pada Writing and Composition 2 lalu, kami lebih di tekankan untuk menulis recount, narrative, explanation text, tapi pada Writing and Composition 4 ini akan lebih rumit karena bukan recount, narrative, explanation text lagi, melainkan kami akan lebih menulis ke arah yang akademik. Akademik yaitu memiliki jarak yang jauh antara penulis dan tulisannya. Dan di mata kuliah Writing and Composition 4 ini akan lebih strong taste karena kami akan menulis hal yang sesuai dengan standard research kami. Maka dari itu di semester kali ini kami akan di tekankan untuk lebih meneliti hal-hal yang akan di tulis agar para pembaca dapat benar-benar menikmati tulisan kami di sertai pembaca dapat mengambil hal-hal positif atau manfaat dari apa yang kami tulis.
            Seperti yang sudah di sebutkan di atas bahwa di semester 4 ini kami akan menulis ke arah yang akademik, bukan lagi menulis asal-asalan. Dan ini akan jauh lebih rumit serta menguras fikiran. Di semester ini juga kami akan di ajarkan bagaimana menjadi pengajar writing. Seperti yang pernah Mr. Lala katakan, sebagai dosen writing beliau harus memenuhi tiga point penting yaitu research, activities and theory.
            Pada semester ini juga banyak hal baru yang kami temui diantaranya kami harus membuat satu blog yang akan digunakan oleh bersama-sama dalam satu kelas. Hal tersebut dilakukan untuk menunjukan kepada khalayak bahwa kami sedang belajar mengenai academic writing. Selain itu, seperti biasa penambahan halaman untuk class review yang kini menjadi lima halaman setiap minggunya tetapi tetap menggunakan bahasa Indonesia. Selain class review ada juga appetizer dimana kami harus menulis lima halaman lagi berdasarkan teks yang telah di berikan Mr. Lala. Dan tidak di perbolehkan menggunakan bahasa Inggris.
            A Highlight on Writing 4 Course
·         Learning how to write in a second language is one of the most challenging aspects of second language learning (Hyland 2003)
·         Even for those who speak English as a first language, the ability to write effectively is something that requires exensive and specialised instruction (Hyland 2003; Hyland 2004).
            Belajar bagaimana menulis menggunakan bahasa kedua merupakan tantangan berat. Tetapi bila bahasa pertama sudah kita kuasai atau kita sudah bisa di katakan mampu menulis dengan bahasa pertama maka tidak menutup kemungkinan kita mampu untuk manulis menggunakan bahasa kedua. Dan bahkan orang yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa pertamanya belum tentu mampu menulis dengan bahasa Inggris.
            Semester 4 akan menjadi pengalaman yang mungkin tak akan pernah bisa terlupakan karena pada semester ini academic writing akan mencakup banyak hal yaitu meneliti bagaimana teori-teori penulisan dan pengajaran menulis telah berevolusi, sifat penulisan yang baik, sifat genre dan bagaimana mereka mencerminkan penggunaannya dalam komunitas wacana tertentu, hubungan antara menulis di pertama dan kedua bahasa, bagaimana kurikulum dapat di kembangkan untuk kursus menulis, pengembangan bahan ajar untuk kelas menulis, penggunaan komputer dalam menulis intruksi dan pendekatan untuk umpan balik dan penilaian.
            Academic writing akan sangat berguna bagi kami sebagai mahasiswa. Materi academic writing akan sangat membantu kami ketika penulisan skripsi nanti di akhir masa perkuliahan. Dan seperti yang telah di ketahui bahwa di lingkungan kampus kita itu mahasiswanya “latah”, artinya skripsi mereka hampir sama, jadi dapat di katakan wajar bila mahasiswa bolak-balik hanya untuk mengganti dan mencari judul skripsi yang tepat karena setelah mereka konsul dengan dosen pembimbingnya maka mereka akan dapat 1 + 1 + 1 + .... dan terus bertambah. Dengan adanya academic writing di semester 4 ini, maka kami akan di ajarkan bagaimana agar tidak menjadi mahasiswa latah, bagaimana menentukan judul yang tepat dan menarik, bagaimana memproduksi tulisan yang luar biasa yang sesuai dengan yang di harapkan.
            Seperti yang di ketahui bahwa sekarang ini kami belajar di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang kemungkinan besar setelah lulus nanti akan menjadi guru bahasa Inggris. Seorang guru tentunya ingin menjadi guru yang efektif, dan seorang guru yang efektif adalah salah satu yang dapat membuat pilihan informasi tentang metode, material, dan prosedur untuk digunakan dalam kelas di dasarkan pada pemahaman yang jelas tentang sikap saat ini dan praktek dalamnya profesi. Selain itu seorang guru juga tentunya ingin kuat dalam artian menjadi guru yang reflektif, dan refleksi membutuhkan pengetahuan untuk berhubungan kegiatan kelas untuk penelitian dan teori yang relevan.

            Jadi kesimpulannya yaitu di semster 4 ini kami akan lebih belajar tentang academic writing yang akan mengarahkan kami supaya di akhir masa kuliah nanti atau ketika menulis skripsi kami tidak menjadi mahasiswa yang latah. Tetapi kami mampu untuk memilih judul yang tepat dan menarik dan mampu memproduksi tulisan yang luar biasa. Dan selain itu academic writing juga akan melatih kami untuk menjadi guru yang kreatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

a space for comment and critic