We are simple, but no simple impact. Proudly Presents, PBI C 2012. Happy Reading!

Course: Writing and Composition 4

Instructor : Lala Bumela

This website created by : College student from The State Institute of Islamic Studies Syekh Nurjati Cirebon, The Dapartment of English Education 2012.


widgets

Kamis, 13 Februari 2014

PENGENALAN WRITING 4


Malam ini hujan turun membasahi bumi.  Suara rintik-rintik  hujan terdengar merdu di telinga. Ditambah lagi oleh selingan suara gemuruh petir.  Dengan begitu lengkapnya, ditemani juga oleh suara-suara kodok yang sedikit mengganggu ditelinga. Itulah malam ini.  Malam yang begitu sulit untuk memulai kembali menulis setelah sekian lama terhalang oleh waktu liburan.  Tapi harus tetap semangat untuk memulai kembali perkuliahan.
Setelah saya menyelesaikan perkuliahan di semseter 3, kini saya dan teman-teman PBI-C harus memulai kembali perkuliahan dan mengerjakan tugas-tugas kuliah.  Ketika di semester 3, mata kuliah English Phonology diajar oleh Mr.Lala Bumela, M.Pd dan di semester 4 ini, beliau mengajar kami di mata kuliah Writing and Composition 4.  Ini tidak jauh berdeda ketika saya dan teman-teman saya duduk di bangku semester 2.  Mr. Lala pun mengajar kami semua di mata kuliah Writing and Compostion 2.  Bagi saya sangat luar biasa sekali, 3 kali berturut-turut di ajar oleh Mr. Lala.  Banyak sekali pengalaman luar biasa yang saya dapatkan dari beliau.  Apalagi ketika saya dan teman-teman PBI-C mengerjakan tugas beliau.  Banyak sekali halangan dan rintanagan yang kami hadapai.  Namun karena kerja keras dan semangat bersama, kami mampu menghadapinya.  Saya yakin dengan usaha keras dan berdo’a kepada Allah, semuanya akan dimudahkan.  Usaha keras itu tidak akan mengkhianati.
Perkuliahan dimulai pada tanggal 3 Februari 2014.  Namun, pertemuan pertama kami, yaitu kelas PBI-C 4th Semester dimulai pada hari selasa tanggal 4 Februari 2014, pukul.10.50 di ruang 44, Gedung PBI.  Yang mana mata kuliah Writing and Composition 4 ini diajar oleh Mr.Lala Bumela, M.P.d.  Namun, tentunya di mata kuliah Writing and Comopisition 4 ini akan lebih complicated lagi karena menggunakan sistem “Academic Writing”.
Menurut di syllabus yang Mr.Lala berikan kepada kami, “Academic Writing” pada dasarnya adalah tulisan yang harus kita lakukan untuk program universitasMungkin memiliki nama yang berbeda untuk menulis tugas-tugas akademik (essay, paper, research paper, term paper, argumentative paper/essay, analysis paper/essay, informative essay, position paper), tetapi semua tugas ini memiliki tujuan yang sama dan prinsip-prinsip.  Tujuan penulisan akademik adalah instrumen penyiksaan yang dirancang khusus.  Biasanya siswa menyiksa diri dengan menunggu sampai menit terakhir untuk menulis makalah mereka dan dengan tidak mengetahui apa yang mereka lakukan.  Makalah tidak seharusnya menyiksa.  Hal tentang penyiksaan adalah lelucon.  Sebuah tugas menulis akademik seharusnya menjadi kesempatan kita untuk menjelajahi sesuatu yang menarik bagi kita dari kursus.  Kita memiliki kebebasan untuk memilih topik, halaman kosong untuk mengekspresikan ide-ide kita sendiri, dan pembaca yang tertarik untuk membaca apa yang kita pikirkan.  Dalam tugas menulis akademik, kita akan mulai dengan mengajukan pertanyaan yang bagus, kemudian cari dan menganalisis jawaban untuk itu, dan memilih jawaban terbaik kita sendiri untuk dibahas dalam makalah kita.  Makalah kita akan berbagi pemikiran dan temuan dan membenarkan jawaban kita dengan logika dan bukti.  Sehingga tujuan penulisan akademik tidak memamerkan segala sesuatu yang kita tahu tentang topik kita, melainkan untuk menunjukkan bahwa kita memahami dan dapat berpikir kritis tentang topik kita.  Ditambah, kita akan mengembangkan keterampilan dalam meneliti, mengevaluasi informasi, pengorganisasian, berdebat, menanggapi argumen orang lain, menganalisis, dan mengekspresikan diri dengan jelas secara tertulis ( dalam bahasa Inggris juga ).
Tujuan dari mata kuliah “Writing and Composition 4” adalah untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa pada landasan dasar menulis akademik, untuk mempertajam pemahaman siswa pada proses tradic dalam menulis critical essay dan argumentative essay, dan untuk membekali siswa dengan prinsip dasar menilai karya mereka sendiri.  Masih membahas tentang syllabus, ada beberapa point penting tentang “Course Work Evaluation”, yaitu two best homework assignments (class and chapter review) dengan point penilaian 20%, three progress tests (two best critical reviews and one argumentative essay) dengan point penilaian 30%, one individual presentation (two-minutes challenge) dengan point penilaian 20%, blogging dengan point penilaian 10% , dan final exam dengan point penilain 20%.  Jadi, semuanya mencakup 100%.
Tidak jauh berbeda dengan semester-semester sebelumnya, syarat untuk mengikuti mata kuliah Mr. Lala Bumela, M.Pd khususnya di mata kuliah Writing and Composition 4 ini, kami harus menunjukan tugas PASSPORT pada setiap minggunya, yaitu menyerahkan class review dan chapter review.  Class review dapat ditulis dengan menggunakan bahasa indonesia ataupun bahasa inggris, tergantung pada tingkat penguasaan bahasa.  Jumlah minimum halaman pada setiap calss review yang harus kita buat adalah lima halaman.  Sementara itu, chapter review adalah typical reading log yang berfungsi sebagai pekerjaan rumah selain class review.  Untuk setiap chapter review, kita harus menulis sebanyak 10 halaman dan tidak boleh kurang dari itu.  Kita diharuskan menulis chapter review dalam bahasa indonesia bukan bahasa inggris.
            Ada dua hal yang sangat menarik yang saya tangkap dari syllabus yang Mr.Lala berikan. Pertama, tentang progress test yang mana Mr.Lala memecah kami menjadi dua kelompok atau lebih dan memberi pertanyaan pada setiap siswa untuk membuat kemajuan secara teratur dan signifikan.  The progress dalam kelas writing mencakup dua hal, yaitu two best critical review dan one best argumentative essay.  Halaman minimal untuk critical review adalah 2500 kata dan ditulis dalam bahasa indonesia.  Sedangkan halaman minimal untuk argumentative essay adalah 3000 kata dan ditulis dalam bahasa inggris.  Kedua, tentang blogging yang mana blog ini sangat berfungsi untuk mengirimkan tugas class review dan chapter review.  Tugas tersebut di posting ke blog setelah mata kuliah writing berlalu selama 2 atau 3 hari.  Blog ini dibuat hanya 1 saja yaitu masing-masing kelas hanya membuat 1 blog yang mana di dalam blog tersebut akan terdapat nama-nama serta tugas-tugas kita selama mata kuliah writing.
Kini berlanjut pada pembahasan power point yang mana telah di jelaskan oleh Mr.Lala sebelumnya.  Ada kutipan penting dari Hyland, yaitu Learning how to write in a second language is one of the most challenging aspects of second language learning (Hyland 2003) dan Even for those who speak English as a first language, the ability to write effectively is something that requires extensive and specialised instruction (Hyland 2003; Hyland 2004).  Jadi, belajar bagaimana menulis dalam bahasa kedua adalah salah satu aspek yang paling menantang dari pembelajaran bahasa kedua dan bahkan bagi mereka yang berbahasa Inggris sebagai bahasa pertama, kemampuan untuk menulis secara efektif adalah sesuatu yang membutuhkan extensive dan specialised intruction.  Ada 2 kata kunci pada kalimat tersebut, yaitu extensive dan specialised.
1.      Extensive disini, kita harus luas cakupan tulisannya dan peluang jam terbangnya harus banyak.
2.      Specialised disini, seperti contohnya dia pernah menulis, dia suka menulis, dan dia bisa nulis.

Saya selalu teringat kata-kata Mr.Lala bahwa kita jangan coba-coba membaca buku bahasa inggris kalau bahasa indonesia saja kita belum mampu memahaminya.  Oleh karena itu, kita harus mampu terlebih dahulu menguasai bahasa indonesia, tidak hanya untuk pengucapan tapi yang paling penting adalah dalam hal penulisan.
Ada delapan tantangan untuk kita saat ini, salah satunya adalah hubungan antara menulis di pertama dan kedua bahasa.  Bahasa pertama dan bahasa kedua sangat penting dalam proses menulis, seperti yang dikatakan oleh Hyland bahwa belajar bagaimana menulis dalam bahasa kedua adalah salah satu aspek yang paling menantang dari pembelajaran bahasa kedua.  Menurut saya, sebelum kita menulis dalam bahasa kedua, kita harus mampu terlebih dahulu menulis dalam bahasa pertama, karena seperti yang dikatakan oleh Hyland, bagi mereka yang berbahasa inggris sebagai bahasa pertama, kemampuan untuk menulis secara efektif adalah sesuatu yang membutuhkan extensive dan specialised introduction (Hyland 2003 ; Hyland 2004).  Butuh proses yang sangat luar biasa sekali untuk bisa menulis dalam bahasa kedua dengan baik.
Mata kuliah writing ini, sangat penting untuk para calon guru ataupun calon dosen kedepannya.  Ada tiga point penting mengapa writing ini sangat bermanfaat bagi siswa jurusan bahasa inggris (Hyland 2002) dan ini merupakan harapan Mr.Lala yang sangat jujur :
1.      Untuk membantu guru bahasa menjadi guru menulis.  Menurut Mr.Lala, 40 siswa di kelas PBI-C bisa menjadi guru semuanya, tapi belum tentu semuanya bisa menulis.  Guru yang bisa menulis itu sangat luar biasa sekali.  Contoh lainnya ada seorang siswa yang pintar speakingnya tapi dalam hal menulis belum tentu dia mahir. Jadi menurut pendapat saya sendiri, pada intinya menulis sangat berpengaruh besar terhadap kehidupan kita dan tidak menjamin bahwa orang yang pintar speakingnya pintar juga writingnya.
2.      Seorang guru yang efektif adalah salah satu yang dapat membuat pilihan informasi tentang metode, material, dan prosedur untuk digunakan dalam kelas didasarkan pada pemahaman yang jelas tentang sikap saat ini dan praktek.
3.      Seorang guru yang kuat adalah seorang guru reflektif dan refleksi, membutuhkan pengetahuan untuk berhubungan dalam kegiatan kelas untuk penelitian dan teori yang relevan.



A Simple Reminder (Sebuah pengingat sederhana)

·         Menulis melibatkan menyusun keterampilan dan pengetahuan tentang teks, konteks, dan pembaca.  Dapat digambarkan seperti dibawah ini :

 


Text                             Context

 


                   Reader

Ketika kita hendak menulis tentunya kita akan membaca teks terlebih dahulu lalu setelah itu konteks apa yang kita tulis dalam tulisan kita dan yang terakhir adalah reader (pembaca) kita sebagai penulis harus tahu siapa redaer untuk tulisan kita, maka tentunya kita harus menyesuaikan tulisan kita untuk audience.  Contohnya, ketika kita membuat skripsi.  Untuk siapa kita menulis skripsi? Tentunya untuk dosen pembimbing.  Maka fokuslah terhadap tulisan kita, bahwa tulisan yang kita ajukan dan yang kita buat adalah untuk dosen pembimbing, maka kita harus menulis tulisan yang sesuai dengan harapan dosen pembimbing.
             
KESIMPULAN

Mata kuliah “Writing dan Composition 4” ini menggunakan sistem “Academic Writing”.  Oleh karena itu, pembahasannya pun akan lebih complicated lagi.  “Academic Writing” pada dasarnya adalah tulisan yang harus kita lakukan untuk program universitas.  Tujuan dari mata kuliah “Writing and Composition 4” adalah untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa pada landasan dasar menulis akademik, untuk mempertajam pemahaman siswa pada proses tradic dalam menulis critical essay dan argumentative essay, dan untuk membekali siswa dengan prinsip dasar menilai karya mereka sendiri.  Dalam mata kuliah Writing and composition 4 ini, class review dan chapter review adalah salah satu PASSPORT untuk mengikuti mata kuliah ini.  Class review sebanyak 5 halamana dan chapter review sebanyak 10 halaman dan tidak boleh kurang dari itu.  Sangat luar biasa sekali karena di mata kuliah writing 4 sangat menantang dan butuh kesabaran ekstra dalam proses menulis, sehingga kami semua harus lebih dan lebih keras lagi untuk belajar menulis dan mengerjakan ­­tugas-tugas pada writing 4 ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

a space for comment and critic