We are simple, but no simple impact. Proudly Presents, PBI C 2012. Happy Reading!

Course: Writing and Composition 4

Instructor : Lala Bumela

This website created by : College student from The State Institute of Islamic Studies Syekh Nurjati Cirebon, The Dapartment of English Education 2012.


widgets

Kamis, 13 Februari 2014

Kapal Baru Bernama “Writing 4”

Class Review 1

“Selamat datang di kelas Writing 4”. Sebuah kalimat sambutan di pintu gerbang untuk menghadapi tantangan baru yang akan kita hadapi di semester 4 ini. Seperti dua semester sebelumnya, pada semester inipun sudah dapat dipastikan kita akan kembali bergelut dengan weekly assignments yang bernama “Class Review”. Tetapi, saya yakin bahwa semester ini akan lebih menantang dari semester sebelumnya. Sebelum itu, kita bahas apa yang telah terjadi pada pertemuan pertama kemarin.
Selasa, 4 Februari 2014 adalah pertemuan pertama untuk mata kuliah Writing 4. Seperti biasa, pada setiap pertemuan pertama semua dosen akan menjelaskan syllabus yang telah dirancang untuk materi pada semester ini. Syllabus itu sendiri merupakan gambaran kegiatan atau materi selama satu semester yang akan dihadapi oleh semua mahasiswa dan syllabus sendiri dibuat oleh dosen yang bersangkutan.
Kembali ke pembahasan tentang pertemuan pertama di kelas Writing 4. Mr. Lala sebagai dosen Writing 4 menjelaskan syllabus yang telah dibuatnya secara detail agar kami semua dapat memahami tentang mata kuliah Writing 4.
Dalam syllabusnya, Mr. Lala menjelaskan bahwa kelas Writing 4 ini kita akan mengalami banyak hal yang sama atau bahkan lebih dari dua semester sebelumnya. Beliau menjelaskan bahwa “Writing 4” tidak dapat tidur malam alias kita akan lebih sering begadang untuk menyelesaikan semua tugas writing 4 ini. Selain itu juga kita akan sering mengalami sakit mata karena harus belajar dibawah cahaya lampu pijar secara terus menerus mengalami sakit punggung karena terlalu banyak duduk saat mengerjakan tugas, tangan kaku karena terlalu banyak menulis untuk memenuhi standar minimal jumlah halaman yang telah ditentukan, buku-buku yang berserakan diseluruh penjuru kamar, berbicara lama dengan teman sejawat untuk saling bertukar pendapat, sebatang coklat dan secangkir kopi untuk menemani kita saat mengerjakan tugas. Tetapi, dari semua itu, menulis membuat kita menjadi seorang mahasiswa dan individu yang lebih baik, dan tentunya warga Negara yang lebih baik. Jadi, nikmati saja proses saat kalian menulis dan masuklah kedalam tulisan kalian.
Sebelum membahas lebih jauh tentang isi dari syllabus. Didalam kertas yang kami dapat dijelaskan mengenai writing. Why Academic Writing ?
Didalam syllabus tersebut dijelaskan bahwa Academic Writing pada dasarnya adalah menulis yang harus kita lakukan untuk tugas kampus.Mungkin memiliki nama untuk tugas-tugas Academic Writing (essay, paper, research paper, term paper, argumentative paper/essay, analysis paper/essay, informative essay, position paper) tetapi semua tugas-tugas tersebut memiliki tujuan dan prinsip yang sama.
Sekarang kita akan membahas mengenai isi syllabus lebih dalam lagi. Didalam syllabusnya, Mr. Lala menulis empat poin yang menjadi tujuan dari mata kuliah Writing 4 in, yaitu:
1. To improve undergraduate students’ understanding on a basic foundation of academic writing.
2. To sharpen students understanding on the triadic process of writing: pre-writing, writing and post-writing.
3. To provide students with basic exercise on writing critical review and argumentative essays.
4. To equip students with a basic principle of assessing their own masterpiece.
Didalam syllabus dijelaskan bahwa mata kuliah writing 4 ini akan dimulai dengan mebuat sebuah personal review untuk apa yang telah dipelajari pada mata kuliah sebelumnya. Untuk amta kuliah writing semester ini tugas yang dibebankan kepada semua mahasiswa tidak hanya akan disuruh membuat class review dan chapter review saja. Disamping kedua tugas stersebut, tugas tambahan di semester ini yaitu membuat critical reviews dan argumentative essay, serta ada tambahan membuat blog kelas yang nantinya akan berisi tulisan dari kelas tersebut yang akan dipost seusai jadwal kuliah. Selain itu ada juga tes bulanan untuk mengetahui sejauh mana progres kita dalam menulis dan tentunya ujian akhir yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa yang mengikuti mata kuliah writing 4.
Berikut ini adalah persentase nilai untuk setiap tugas:
1.      TWO best homework assignments (class and chapter review) : 20%
2.      THREE progress test (two best critical reviews and one argumentative essay) : 30%
3.      ONE individual presentation (two-minutes challenge) : 20%
4.      Blogging : 10%
5.      Final Exam : 20%
Dilihat dari persentase nilai diatas, UAS bukan lagi yang menjadi persentase tertinggi dalam penilaian. Tetapi pada mata kuliah writing 4 ini yang menjadi persentase nilai tertinggi untuk memperoleh nilai yaitu critical reviews dan argumentative essay. Hal ini bertujuan untuk memotivasi kita untuk membuat tulisan yang lebih berkualitas dan memberikan progress yang baik setiap minggunya.Kehadiran didalam kelas juga dapat dijadikan pertimbangan bagi dosen dalam memberikan nialai untuk memeberikan nilai kepada mahasiswanya.Jadi, diharapkan kehadiran di kelas dapat mencapai 100% supaya menambah perolehan nilai kita.
Class review dan chapter review adalah pekerjaan rumah kita yang harus kita kerjakan setiap minggunya. Kedua tugas inilah yang akan menjadi passport kita untuk mengikuti kelas writing 4. Dalam progress test kita diwajibkan untuk membuat two best critical reviews dan one best argumentative essay. Untuk pembuatannya terdapat aturan-aturan yang telah Mr. Lala tetapkan yaitu dalam membuat critical reviews kita harus menulis minimal 2500 kata dan ditulis dalam bahasa Indonesia. Sedangkan untuk argumentative essay jumlah minimalnya yaitu 3000 kata dan ditulis dalam bahasa Inggris. Selain itu, kita juga akan diminta untuk presentasi di depan kelas selama tidak lebih dari dua menit untuk setiap mahasiswa. Setiap mahasiswa akan diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil tulisannya di depan teman-teman dan Mr. Lala. Untuk pembuatan blog sendiri merupakan tugas kelas. Disinilah kita dituntut untuk bisa bekerja sama demi kepentingan bersama atau kepentingan kelas. Sudah terbayang buan betapa akan menariknya semester ini ?
Dari penjelasan syllabus tersebut, dapat kita simpulkan bahwa semester ini kita akan amat sangat sibuk untuk menghasilkan tulisan-tulisan yang berkualitas. Kita akan dituntut untuk menjadi mahasiswa yang dapat menghasilkan sesuatu , tidak hanya menjadi mahasiswa yang hanya bisa menerima sesuatu. Tetapi, saya pikir bahwa menghasilkan sesuatu berupa tulisan atau yang lainnya bukanlah sebuah tuntutan melainkan sebuah kewajiban bagi kita sebagai mahasiswa di era modern ini. Pertanyaannya adalah sanggup atau tidakkah kita menjadi mahasiswa yang dapat menghasilkan sebuah karya yang berkualitas ? Jawabannya ada pada diri kita sendiri. Keinginan yang kuat untuk menjadi lulusan terbaik dan berkualitas akan menjawab pertanyaan tersebut. Jadi, siapkan kita untuk berlayar di kapal bernama “Writing 4” ini dan menghadapi ganasnya ombak yang menghadang ? Siapa sajakah yang akan sampai di daratan dengan selamat dan sebuah senyum manis tersungging dikedua bibirnya ? Untuk mengetahui jawabannya, kita harus berada di kapal tersebut hingga tiga bulan kedepan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

a space for comment and critic