Class
Review 1
“Selamat datang di kelas Writing 4”. Sebuah kalimat
sambutan di pintu gerbang untuk menghadapi tantangan baru yang akan kita hadapi
di semester 4 ini. Seperti dua semester sebelumnya, pada semester inipun sudah
dapat dipastikan kita akan kembali bergelut dengan weekly assignments yang bernama “Class Review”. Tetapi, saya yakin
bahwa semester ini akan lebih menantang dari semester sebelumnya. Sebelum itu,
kita bahas apa yang telah terjadi pada pertemuan pertama kemarin.
Selasa, 4 Februari 2014 adalah pertemuan pertama
untuk mata kuliah Writing 4. Seperti biasa, pada setiap pertemuan pertama semua
dosen akan menjelaskan syllabus yang telah dirancang untuk materi pada semester
ini. Syllabus itu sendiri merupakan gambaran kegiatan atau materi selama satu
semester yang akan dihadapi oleh semua mahasiswa dan syllabus sendiri dibuat
oleh dosen yang bersangkutan.
Kembali ke pembahasan tentang pertemuan pertama di
kelas Writing 4. Mr. Lala sebagai dosen Writing 4 menjelaskan syllabus yang
telah dibuatnya secara detail agar kami semua dapat memahami tentang mata
kuliah Writing 4.
Dalam syllabusnya, Mr. Lala menjelaskan bahwa kelas
Writing 4 ini kita akan mengalami banyak hal yang sama atau bahkan lebih dari
dua semester sebelumnya. Beliau menjelaskan bahwa “Writing 4” tidak dapat tidur
malam alias kita akan lebih sering begadang untuk menyelesaikan semua tugas
writing 4 ini. Selain itu juga kita akan sering mengalami sakit mata karena
harus belajar dibawah cahaya lampu pijar secara terus menerus mengalami sakit
punggung karena terlalu banyak duduk saat mengerjakan tugas, tangan kaku karena
terlalu banyak menulis untuk memenuhi standar minimal jumlah halaman yang telah
ditentukan, buku-buku yang berserakan diseluruh penjuru kamar, berbicara lama
dengan teman sejawat untuk saling bertukar pendapat, sebatang coklat dan
secangkir kopi untuk menemani kita saat mengerjakan tugas. Tetapi, dari semua
itu, menulis membuat kita menjadi seorang mahasiswa dan individu yang lebih
baik, dan tentunya warga Negara yang lebih baik. Jadi, nikmati saja proses saat kalian menulis dan masuklah kedalam tulisan
kalian.
Sebelum membahas lebih jauh tentang isi dari
syllabus. Didalam
kertas yang kami dapat
dijelaskan mengenai writing. Why
Academic Writing ?
Didalam syllabus tersebut dijelaskan bahwa Academic Writing pada dasarnya adalah
menulis yang harus kita lakukan untuk tugas kampus.Mungkin memiliki nama untuk tugas-tugas
Academic Writing (essay, paper, research paper, term paper, argumentative
paper/essay, analysis paper/essay, informative essay, position paper) tetapi
semua tugas-tugas tersebut memiliki tujuan dan prinsip yang sama.
Sekarang kita akan membahas mengenai isi syllabus
lebih dalam lagi. Didalam syllabusnya, Mr. Lala menulis empat poin yang menjadi
tujuan dari mata kuliah Writing 4 in, yaitu:
1. To improve undergraduate
students’ understanding on a basic foundation of academic writing.
2. To sharpen students
understanding on the triadic process of writing: pre-writing, writing and
post-writing.
3. To provide students with basic
exercise on writing critical review and argumentative essays.
4. To equip students with a basic
principle of assessing their own masterpiece.
Didalam syllabus dijelaskan bahwa mata kuliah
writing 4 ini akan dimulai dengan mebuat sebuah personal review untuk apa yang
telah dipelajari pada mata kuliah sebelumnya. Untuk amta kuliah writing
semester ini tugas yang dibebankan kepada semua mahasiswa tidak hanya akan
disuruh membuat class review dan chapter review saja. Disamping kedua tugas
stersebut, tugas tambahan di semester ini yaitu membuat critical reviews dan
argumentative essay, serta ada tambahan membuat blog kelas yang nantinya akan
berisi tulisan dari kelas tersebut yang akan dipost seusai jadwal kuliah.
Selain itu ada juga tes bulanan untuk mengetahui sejauh mana progres kita dalam
menulis dan tentunya ujian akhir yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa yang
mengikuti mata kuliah writing 4.
Berikut ini adalah persentase nilai untuk setiap
tugas:
1. TWO
best homework assignments (class and chapter review) : 20%
2. THREE
progress test (two best critical reviews and one argumentative essay) : 30%
3. ONE
individual presentation (two-minutes challenge) : 20%
4. Blogging
: 10%
5. Final
Exam : 20%
Dilihat dari persentase nilai diatas, UAS bukan lagi
yang menjadi persentase tertinggi dalam penilaian. Tetapi pada mata kuliah
writing 4 ini yang menjadi persentase nilai tertinggi untuk memperoleh nilai
yaitu critical reviews dan argumentative essay. Hal ini bertujuan untuk
memotivasi kita untuk membuat tulisan yang lebih berkualitas dan memberikan progress
yang baik setiap minggunya.Kehadiran didalam kelas juga dapat dijadikan
pertimbangan bagi dosen dalam memberikan nialai untuk memeberikan nilai kepada
mahasiswanya.Jadi, diharapkan kehadiran di kelas dapat mencapai 100% supaya
menambah perolehan nilai kita.
Class review dan chapter review adalah pekerjaan
rumah kita yang harus kita kerjakan setiap minggunya. Kedua tugas inilah yang
akan menjadi passport kita untuk mengikuti kelas writing 4. Dalam progress test
kita diwajibkan untuk membuat two best critical reviews dan one best
argumentative essay. Untuk pembuatannya terdapat aturan-aturan yang telah Mr.
Lala tetapkan yaitu dalam membuat critical reviews kita harus menulis minimal
2500 kata dan ditulis dalam bahasa Indonesia. Sedangkan untuk argumentative
essay jumlah minimalnya yaitu 3000 kata dan ditulis dalam bahasa Inggris.
Selain itu, kita juga akan diminta untuk presentasi di depan kelas selama tidak
lebih dari dua menit untuk setiap mahasiswa. Setiap mahasiswa akan diberi
kesempatan untuk mempresentasikan hasil tulisannya di depan teman-teman dan Mr.
Lala. Untuk pembuatan blog sendiri merupakan tugas kelas. Disinilah kita
dituntut untuk bisa bekerja sama demi kepentingan bersama atau kepentingan
kelas. Sudah terbayang buan betapa akan menariknya semester ini ?
Dari penjelasan syllabus tersebut, dapat kita
simpulkan bahwa semester ini kita akan amat sangat sibuk untuk menghasilkan
tulisan-tulisan yang berkualitas. Kita akan dituntut untuk menjadi mahasiswa yang
dapat menghasilkan sesuatu , tidak hanya menjadi mahasiswa yang hanya bisa
menerima sesuatu. Tetapi, saya pikir bahwa menghasilkan sesuatu berupa tulisan
atau yang lainnya bukanlah sebuah tuntutan melainkan sebuah kewajiban bagi kita
sebagai mahasiswa di era modern ini. Pertanyaannya adalah sanggup atau tidakkah kita menjadi
mahasiswa yang dapat menghasilkan sebuah karya yang berkualitas ? Jawabannya
ada pada diri kita sendiri. Keinginan yang kuat untuk menjadi lulusan terbaik
dan berkualitas akan menjawab pertanyaan tersebut. Jadi, siapkan kita untuk
berlayar di kapal bernama “Writing 4” ini dan menghadapi ganasnya ombak yang
menghadang ? Siapa sajakah yang akan sampai di daratan dengan selamat dan
sebuah senyum manis tersungging dikedua bibirnya ? Untuk mengetahui jawabannya,
kita harus berada di kapal tersebut hingga tiga bulan kedepan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
a space for comment and critic