We are simple, but no simple impact. Proudly Presents, PBI C 2012. Happy Reading!

Course: Writing and Composition 4

Instructor : Lala Bumela

This website created by : College student from The State Institute of Islamic Studies Syekh Nurjati Cirebon, The Dapartment of English Education 2012.


widgets

Kamis, 13 Februari 2014

Jadilah Tuhan Untuk Tulisanmu Sendiri

CLASS REVIEW 1
  
Malam yang semakin larut, tapi pena ini masih tak ingin berhenti bergoyang menemani alunan jari jemari ini. Belum masih ingin beranjak dari tempat tidur, bukan hanya sekedar tidur-tiduran atau bersantai semata, untuk kali ini dan setiap malam tumpukan kertas dan laptop yang menyala, masih selalu menemani mata ini terjaga
Ini awal semester IV dan kali ini saya bertemu kembali dengan Mr. Lala Bumela, dan kali ini saya bertemu dalam mata kuliah WRITING IV, bukan hanya sekedar writing tapi kali ini adalah belajar “Writing Academic”, dimana kita akan berada dalam ranah yang lebih sulit, karena setiap tulisan akan mempunyai point yang sangat berharga. Dan dalam setiap kata-kata yang tertuang mempunyai makna yang saling berhubungan erat dengan ilmu pengetahuan.
Tulis apa yang ingin kau tulis, sampaikan apa yang ingin kamu sampaikan, dan pecahkan setiap masalah yang selama ini bersarang dibenakmu. Kadang saya berfikir ketika kita telah tiada nanti, dengan apakah orang-orang mengenang kita? Jawabannya hanya satu, yaitu melalui “tulisan”. Setiap tulisan yang kita buat adalah cerminan dari diri kita sendiri.
Bukan saatnya lagi mengarang bebas! Membuat suatu tulisan yang kelak akan menjadi acuan untuk orang lain agar lebih banyak lagi belajar menjalani hidup ini adalah tugas kita sebagai insan yang berguna, peduli perubahan dan menjalankan pancasila yaitu “mencerdaskan kehidupan bangsa”.
Kali ini, mata kuliah writing IV akan lebih berbeda dari mata kuliah writing sebelumnya, kali ini mungkin akan lebih banyak berbicara mengenai academic, dimana ada jarak yang jauh antara penulis dan tulisannya. Writing IV ini akan lebih strong taste lagi, dimana penulis akan lebih banyak mengembangkan tulisannya sesuai dengan standard research-nya sang penulis tersebut.
Untuk semester ini juga kita akan lebih banyak meneliti, dimana kita akan lebih banyak lagi dilatih bagaimana seorang penulis mengembangkan tulisannya atas dasar research, agar si pembaca bisa menikamati dan bisa mengambil manfaat dari apa yang mereka baca, pernah ada istilah bahwa “writer    satisfied the reader”.
            Disini kitra akan belajar meneliti bagaimana teori-teori penulian dan pengajaran menulis telah berevolusi, sebagaimana yang sudah saya katakana sebelumnya bahwa bukan saatnya lagi menulis dengan gaya mengarang bebas, karena sekarang bahkan kita akan belajar bagaimana menguasai cara pengajaran menulis. Bagaimana menulis dengan sifat penulisan yang baik, sifat teks dan genrenya, dan bagaimana kita mencerminkan penggunaannya dalam komunitas wacana tertentu, dimana kitapun akan belajar tentang hubungan antara penulis di pertama (L1) dan kedua (L2) bahasa. Bagaimana kurikulum dapat dikembangkan untuk kursus menulis, bagaimana kita belajar pengembangan bahan ajar untuk kelas menulis, bagaimana penggunaan computer dalam menulis instruksi dan pendekatan untuk umpan balik dan penilaian.
            Sangat penting sekali kitabelajar writing academic sebelum memasuki masa akhir kuliah, karena sesuai dengan kebiasaan mahasiswa semester atas sekarang ini (dalam lingkungan kampus kita) masih banyak sekali yang “latah” yang artinya banyak sekali yang hasil skripsinya hampir sama, jadi wajar saja jika masih banyak mahasiswa yang terkadang terlihat bolak balik outar haluan hanya untuk mengganti judul skripsi, karena setelah konsultasi kepada dosen pembimbing maka kita akan mendapatkan 1+1+1+… dan terus bertambah. Nah, disini kita akan belajar bagaimana suatu judul bahkan inti dari tulisan kita menjadi hal yang sangat luar biasa yang jarang ditemui, tentunya sesuai dengan apa yang diharapkan oleh sang pembimbing.
            Sebagai seorang calon tenaga pengajar (guru) kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi dikemudian hari, entah apa yang yang kita butuhkan dan apa yang tidak kita perlukan, tapi yakinlah tidak ada ilmu yang tidak bermanfaat, hanya saja kita perlu tahu kapan dan dimana ilmu itu bisa digunakan. Entah apa ilmu yang sangat kita butuhkan dikemudian hari, tugas kita hanya bisa berusaha dan berdoa.
            Mengingat kita adalah mehasiswa bahasa, maka disini kita akan belajar bagaimana untuk membantu guru bahasa menjadi guru menulis, agar menjadi seorang guru yang efektif yaitu guru yang bisa menjadi salah satu yang dapat membuat pilihan informasi tentang metode, material, dan prosedur untuk digunakan dalam kelas didasarkan pada pemahaman yang jelas tentang sikap saat ini dan praktek dalamnya profesi.
            Seorang guru yang kuat adalah seorang guru yang reflektif dan refleksi yang membutuhakan pengetahuan untuk berhubungan kegiatan kelas untuk penelitian dan teori yang relevan.
            Jadi kesimpulannya adalah tulislah apa yang ingin kau tulis. Menulis melibatkan menyusun keterampilan dan pengetahuan tentang teks, konteks dan membaca. Maka dari itu, menulis harus didasarkan pada penelitian, reflection dan class activity.

Seperti kerajinan apapun, menulis membaik dengan PRAKTEK. So, jika menulis itu disebut sebagai oksigennya ilmu, kenapa menulis itu masih sangat berat dilakukan? Let’s do it dan jadikan tulisanmu sebagai oksigennya ilmu bagi setiap orang yang membacanya. Jadilah seorang penulis dan jadilah Tuhan untuk tulisanmu sendiri, serta jadilah seperti yang dikatakan (Janice) “ saya menulis apa yang mau saya baca, maka saya jadi termotivasi ingin menyelsaikan tulisan tersebut dan membacanya”. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

a space for comment and critic