We are simple, but no simple impact. Proudly Presents, PBI C 2012. Happy Reading!

Course: Writing and Composition 4

Instructor : Lala Bumela

This website created by : College student from The State Institute of Islamic Studies Syekh Nurjati Cirebon, The Dapartment of English Education 2012.


widgets

Jumat, 14 Februari 2014

Introduction to Academic Writing

Class review

The time comes to fast. The long holiday has stopped quickly. I can not sleep soundly and meet my happy dream again during one month. I have to get up now, and I have to prepare for the next challenges. It is the 4th writing subject. Surely it will always stand on my brain wherever I go. Itu sekilas tentang orientasi saya untuk mengawali perkuliahan di semester 4 ini sebelum jauh melangkah menuju penjelasan dan perkuliahan selanjtnya. Pada kesempatan pertemuan pertama ini sebelum memulai pelajaran, semua mahasiswa terlihat tegang menanti kedatangan sosok lecturer yang terkenal dengan kedisiplannya, kewibaaannya, kecerdasannya, dan pastinya kegantengannya. Hehe.  Yang tiada lain adalah Mr. Lala Bumela. Beliau yang telah memulai membimbing kita dari semester 2 sampai semester 4 ini untuk selalu mampu berkarya dan berkembang dari waktu ke waktu.
Seperti biasa, kelas dimulai dengan penjelasan tentang syllabus. Yang perlu diingat dan dilengkapi pertama kali yaitu passport yang terdiri dari Class Review dan Chapter Review yang sudah menjadi makanan pokok kita sekali dalam seminggu. Mendengar kata passport membuat fikiran saya kembali melayang layang, karena untuk mengerjakannya tidaklah mudah bagaikan membalikkan telapak tangan. Harus membutuhkan tenaga ekstra dan pemahaman yang luas agar saya mampu menyelesaikanya dengan baik dan struktur kalimatnya harus benar.
Terkait dengan mata kuliah ini, teman-teman dan saya diharuskan untuk selalu menulis dan menulis. Dan tidak hanyaa sekedar menulis, melainkan mampu mnganalisa setiap tekss yang diberikan pada pertemuan selanjutnya.
            Apa itu menulis ? ia adalah suatu kegiatan mengeksplorasi ilmu pengetahuan yang dituangkan pada tulisan diatas kertas. Jadi kegiatan ini adalah untuk memfasilitasi setiap orang yang mempunyai ilmu pengetahuan agar mampu mengamalkan ilmunya lewat tulisan. Dan  juga kegiatan ini mampu dijadikan sebagai our memoriam atau peninggalan bersejarah yang mampu dikenang oleh bagi pembaca. Tak ada amal ibadah yang kekal kecuali anak yang sholeh, shodaqoh jariyah, dan ilmu bermanfaat. Inilah keutamaan bagi kita jika apa yang kita tulis dapat memberi menfaat bagi siapa yang membacanya.
            Pada semester ini kita akan ditekankan pada bagaimana kita mennulis dengan research, agar mempu menjadi daya tarik bagi yang membacanya kata lainnya adalah writer-satisfying the reader maka inilah yang dinamakan Writing Academic dengan pemilihan kata (diksi) yang tepat, coherence, dan menggunakan bahasa yang formal yang bersifat pasif. Itulah tantangan bagi kita dalam menghadapi mata kuliah Writing 4 ini dengan harapan agar mampu menjadi mahasiswa yang berfikir kritis dalam mendapatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuannya. Berikut adalah goals yang harus dicapai oleh kita semua:
1.      Untuk mengembangkan engetahuan mahasiswa tentang Academic Writing.
2.      Untuk mempertajam pemahaman mahasiswa tentang tiga pokok menulis: re-writing. Writing, post writing.
3.      Memberikan kepada mahasiswa pelatihan dasar  tentang writing critical review dan teks yang berargumentasi.
4.      Untuk memenuhi mahasiswa tentang prisip dassar tentang penilaian kemampuan mereka sendiri.    
 Adapun secara garis besar Hyland menuliskan dalam bukunya pada tahun 2003 dan 2004 tentang wwriting adalah :
1.      Mempelajari bagaimana kita menulis dalam second language (L2) yang merupakan salah satu tantangan terbesar pada pembelajaran L2 tersebut.
2.      Walaupun bagi orang-orang native speaker, namun kemampuan menulis bagi mereka merupakan sesuatu yang membutuhkan penjelsan yang luas dan special.
Demi tercapainya tujuan sebuah pembelajaran writing maka para mahasiswa ditantang untuk mampu mlatih dirinya bagaimana teori tentang academic writing tersebut dapat dikembangkan, mampu menggunakan sifat dasar tentang penulisan yang baik, mampu memahami sifat dari setiap teks dan jenisnya, dan mampu bagaimana mereka menggambarkan penggunaannya dalam komunitas kelompok tertentu.
Dalam kata lain juga diterangkan bahwa seorang pengajar yang efektif adalah pengajar yang mampu membuat pilihan-pilihan tentang metode, bahan ajar, dan prosedur yang digunakan didalam kelas berdasarkan tentang pemahaman sikap, dan juga seorang guru yng kuat adalah guru yang dapat merefleksikan kepentingan ilmu pengetahuan untuk menghubungkan kegiatan-kegiatan pada penelitian dan teori yang saling berkaitan. Jadi disini maksudnya adalah bagaimana seorang guru mampu menerapkan ilmu pengetahuannya sesuai dengan penelitian dan teorinya.
Dari semua keterangan-keterangan diats dapat disumpulkan bahwa menulis itu meliputi skill dan ilmu pengetahuan tentang text, context, dan reader. text menunjukkan pada wacana yang akan disampaikan, context merujuk pada lingkungan social dan psikologi ketika tulisan dihasilkan, sedangkan reader adalah sasarannya. Disini juga writing disamakan seperti sebuah hasil kerajinan yang membutuhkan selalu membutuhkan praktek. Dan yang menjadi fondasi dasar untuk menuju second language writing adalah fist language writing.
Writing dalam ruang lingkup pengajar haruss mengetahui beberapa komponen, yaitu:
-          Struktur kebahasaan
-          Fungsi penulisan itu sendiri
-          Tema yang akan disampaikan
-          Menggunakan ekspresi yang kreatif
-          Proses penyusunan penulisan
-          Makna yang terkandung, dan
-          Jenis dan konteks dari penulisannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

a space for comment and critic