We are simple, but no simple impact. Proudly Presents, PBI C 2012. Happy Reading!

Course: Writing and Composition 4

Instructor : Lala Bumela

This website created by : College student from The State Institute of Islamic Studies Syekh Nurjati Cirebon, The Dapartment of English Education 2012.


widgets

Kamis, 13 Februari 2014

First Meeting

Class Review : 1

Pada tanggal 04 Februari 2014 adalah pertemuan pertama pada mata kuliah writing & composition 4, dan dosen pengampuh mata kuliah ini adalah pa Lala Bumela. Pa lala juga pernah menjadi dosen pengampuh padan mata kuliah writing & composition 2 dan English Phonology pada saat semester 3. Pada pertemuan pertama sama seperti dosen-dosen yang lain pa lala melakukan kontrak belajar dan menjelaskan isi silabus.
Hal pertama yang pa lala bacakan dari silabus adalah jadwal agenda kerja pa lala yang sangat padat. Berbeda dengan silabus-silabus sebelumnya, silabus kali ini berisikan tugas yang mengarah pada akademik writing  dan tugas mingguan seperti class review dan chapter review yang tingkatannya lebih besar dari class review sebelumnya. Mahasiswa pada semester ini diharuskan membuat class review 5 halaman dan chapter review 10 halaman yang tadinya hanya 3 halaman dan masih sama seperti semester sebelum-sebelumnya class review dan chapter review sebagai passport untuk bisa mengikuti pembelajaran pa lala. Pa lala memberikan aturan untuk penulisan class review dan chapter review kepada mahasiswa yaitu pada class review harus menggunakan bahasa indonesia atau inggris, sedangkan untuk chapter review diwajibkan untuk menggunakan bahasa indonesia karena untuk menghindari copy-past dari materi pa lala berikan atau dari materi yang ada di internet.
Kemudian tugas baru yang ada di silabus adalah bogging. Dalam tugas ini pa lala meminta mahasiswa untuk mempost semua tugas mingguan yang telah direkomendasikan ke blog, yang bertujuan untuk sebagai bukti tulisan yang telah dihasilkan oleh mahasiswa. Kemudian tugas baru yang akan diberikan pa lala yaitu crilical review dan argumentative essay. Alasan pa lala mengajarkan critical review dan argumentative essay karena pada semester kali ini pa lala akan mengajarkan pembelajaran yang ada di academic writing.
Pa lala mengatakan academic writing bersifat formal dan terkesan kaku dan beku, sehingga penulisan yang digunakan harus menggunakan bahasa yang formal. Selain critical review dan argumentative essay yang menjadi jenis dari academic writing yaitu essay, paper, research paper, term paper, analysis paper atau analysis essay, information essay dan masih banyak lagi.
Kemudian pa lala menjelaskan skilled dan skillfull, sebenarnya skilled dan skillful ini pernah pa lala jelaskan pada writing & composition 2 yaitu, skilled adalah kemampuan seseorang yang sejatinya sudah ada sejak orang tersebut lahir, sedangkan skillful adalah kemampuan seseorang yang muncul karena sudah biasa dilatih atau dilakukan. Saya ingat pa lala pernah  mengatakan bahwa kebanyakan orang yang berhasil adalah orang yang memiliki kemampuan skillful karena mereka sudah terbiasa terlatih dan mereka memiliki banyak pengalaman. Pa lala pun mencoba melatih mahasiswanya dengan berlatih terus menerus supaya bertujuan agar mahasiswanya memiliki kemampuan skillful.
Kemudian  pa lala menjelaskan materi yang terdapat di powerpoint tentang bagaimana belajar menulis dengan bahasa inggris sebagai bahasa kedua bagi sebuah negara yaitu menjadi hal atau salah satu aspek yang paling menantang dari pembelajaran yang menjadikan bahasa inggris menjadi bahasa kedua atau second language, menurut (Hyland 2003). Bahkan bagi mereka yang bahasa inggris sebagai bahasa pertama, cukup kesulitan untuk menulis dan kemampuan menulis secara efektif adalah sesuatu yang membutukan instruksi yang luas dan khusus, menurut (Hyland 2003).
Kemudian pa lala menjelaskan tantangan kita saat ini yang terdapat di powerpoint: pertaman, meneliti bagaimana teori-teori yang ada dalam penulisan dan pengajaran menulis telah berevolusi. Kedua, sifat penulisan yang baik, baik disini berarti baik secara grammatikal maupun dalam penyusunan katanya. Ketiga, aliran dan sifat teks yaitu bagaimana penulis mencerminkan penggunaan teks pada komunitas tertentu. Keempat, hubungan menulis antara penguna bahasa inggris sebagai bahasa pertama dan pengguna bahasa inggris sebagai bahasa kedua. Kelima, bagaimana kurikulum dapat mengembangkan kemampuan menulis. Keenam, pengembangan bahan ajaran untuk kelas menulis. Ketujuh, penggunaan komputer dalam perintah menulis, dan kedelapan, pendekatan yang bersifat timbal balik dan penilaian.
Kemudian pa lala menerangkan tentang “ my expectation is tobe honest(hyland 2002)” yang dapat membantu guru bahasa menjadi guru yang bisa menulis, seorang guru yang efektif adalah salah saru pilihan yang dapat menjadi informasi tentang metode, material dan prosedur untuk digunakan dalam kelas selain itu dapat memahami dengan jelas tentang sikap saat ini agar dapat dipraktekan dalam proseninya kelak, dan guru yang kuat adalah guru reflektif dan refleksi membutuhkan pengetahuan untuk berhubungan kegiatan kelas untuk penelitian dan teori yang relefan. Pa lala pernah mengatakan bahwa ketika kita berlatih menulis berarti kita sedang merefleksikan diri kita.
Sebuah pengingat sederhana pada powerpoint yang ada yaitu menulis melibatkan penyusunan ketrampilan dan pengetahuan tentang teks, konteks dan pembaca, menulis membaik dengan praktek dan bahasa pertama anda (L1) adalah dasar untuk bahasa kedua (L2).
Kesimpulan :

Academic writing memiliki beberapa bagian yaitu opini essay, critical essaay dan lain-lainnya, dan untuk membuat bahasa kedua kita baik maka kita harus memperbaiki bahasa pertama kita atau bahasa ibu kita. Untuk menjadi seorang guru yang baik dan guru yang efektif kita harus menguasai 3 unsur yaitu : teori, reseach, dan activity yang harus saling berhubunganb dan seimbang, dan untuk menjadi penulis yang baik kita harus memperhatikan 3 bagian yaitu teks, context dan pembaca. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

a space for comment and critic