Class
Review : 1
Pada tanggal 04 Februari 2014 adalah pertemuan pertama pada mata
kuliah writing & composition 4, dan dosen pengampuh mata kuliah ini adalah
pa Lala Bumela. Pa lala juga pernah menjadi dosen pengampuh padan mata kuliah
writing & composition 2 dan English Phonology pada saat semester 3. Pada
pertemuan pertama sama seperti dosen-dosen yang lain pa lala melakukan kontrak
belajar dan menjelaskan isi silabus.
Hal pertama yang pa lala bacakan dari silabus adalah jadwal agenda
kerja pa lala yang sangat padat. Berbeda dengan silabus-silabus sebelumnya,
silabus kali ini berisikan tugas yang mengarah pada akademik writing dan tugas mingguan seperti class review dan
chapter review yang tingkatannya lebih besar dari class review sebelumnya.
Mahasiswa pada semester ini diharuskan membuat class review 5 halaman dan
chapter review 10 halaman yang tadinya hanya 3 halaman dan masih sama seperti
semester sebelum-sebelumnya class review dan chapter review sebagai passport
untuk bisa mengikuti pembelajaran pa lala. Pa lala memberikan aturan untuk penulisan
class review dan chapter review kepada mahasiswa yaitu pada class review harus
menggunakan bahasa indonesia atau inggris, sedangkan untuk chapter review
diwajibkan untuk menggunakan bahasa indonesia karena untuk menghindari
copy-past dari materi pa lala berikan atau dari materi yang ada di internet.
Kemudian tugas baru yang ada di silabus adalah bogging. Dalam tugas
ini pa lala meminta mahasiswa untuk mempost semua tugas mingguan yang telah
direkomendasikan ke blog, yang bertujuan untuk sebagai bukti tulisan yang telah
dihasilkan oleh mahasiswa. Kemudian tugas baru yang akan diberikan pa lala
yaitu crilical review dan argumentative essay. Alasan pa lala mengajarkan
critical review dan argumentative essay karena pada semester kali ini pa lala
akan mengajarkan pembelajaran yang ada di academic writing.
Pa lala mengatakan academic writing bersifat formal dan terkesan
kaku dan beku, sehingga penulisan yang digunakan harus menggunakan bahasa yang
formal. Selain critical review dan argumentative essay yang menjadi jenis dari
academic writing yaitu essay, paper, research paper, term paper, analysis paper
atau analysis essay, information essay dan masih banyak lagi.
Kemudian pa lala menjelaskan skilled dan skillfull, sebenarnya
skilled dan skillful ini pernah pa lala jelaskan pada writing & composition
2 yaitu, skilled adalah kemampuan seseorang yang sejatinya sudah ada sejak
orang tersebut lahir, sedangkan skillful adalah kemampuan seseorang yang muncul
karena sudah biasa dilatih atau dilakukan. Saya ingat pa lala pernah mengatakan bahwa kebanyakan orang yang berhasil
adalah orang yang memiliki kemampuan skillful karena mereka sudah terbiasa
terlatih dan mereka memiliki banyak pengalaman. Pa lala pun mencoba melatih
mahasiswanya dengan berlatih terus menerus supaya bertujuan agar mahasiswanya
memiliki kemampuan skillful.
Kemudian pa lala menjelaskan
materi yang terdapat di powerpoint tentang bagaimana belajar menulis dengan
bahasa inggris sebagai bahasa kedua bagi sebuah negara yaitu menjadi hal atau
salah satu aspek yang paling menantang dari pembelajaran yang menjadikan bahasa
inggris menjadi bahasa kedua atau second language, menurut (Hyland 2003).
Bahkan bagi mereka yang bahasa inggris sebagai bahasa pertama, cukup kesulitan
untuk menulis dan kemampuan menulis secara efektif adalah sesuatu yang
membutukan instruksi yang luas dan khusus, menurut (Hyland 2003).
Kemudian pa lala menjelaskan tantangan kita saat ini yang terdapat
di powerpoint: pertaman, meneliti bagaimana teori-teori yang ada dalam
penulisan dan pengajaran menulis telah berevolusi. Kedua, sifat penulisan yang
baik, baik disini berarti baik secara grammatikal maupun dalam penyusunan
katanya. Ketiga, aliran dan sifat teks yaitu bagaimana penulis mencerminkan
penggunaan teks pada komunitas tertentu. Keempat, hubungan menulis antara
penguna bahasa inggris sebagai bahasa pertama dan pengguna bahasa inggris
sebagai bahasa kedua. Kelima, bagaimana kurikulum dapat mengembangkan kemampuan
menulis. Keenam, pengembangan bahan ajaran untuk kelas menulis. Ketujuh,
penggunaan komputer dalam perintah menulis, dan kedelapan, pendekatan yang
bersifat timbal balik dan penilaian.
Kemudian pa lala menerangkan tentang “ my expectation is tobe
honest(hyland 2002)” yang dapat membantu guru bahasa menjadi guru yang bisa
menulis, seorang guru yang efektif adalah salah saru pilihan yang dapat menjadi
informasi tentang metode, material dan prosedur untuk digunakan dalam kelas
selain itu dapat memahami dengan jelas tentang sikap saat ini agar dapat
dipraktekan dalam proseninya kelak, dan guru yang kuat adalah guru reflektif
dan refleksi membutuhkan pengetahuan untuk berhubungan kegiatan kelas untuk
penelitian dan teori yang relefan. Pa lala pernah mengatakan bahwa ketika kita berlatih
menulis berarti kita sedang merefleksikan diri kita.
Sebuah pengingat sederhana pada powerpoint yang ada yaitu menulis
melibatkan penyusunan ketrampilan dan pengetahuan tentang teks, konteks dan
pembaca, menulis membaik dengan praktek dan bahasa pertama anda (L1) adalah
dasar untuk bahasa kedua (L2).
Kesimpulan :
Academic writing memiliki beberapa bagian yaitu opini essay,
critical essaay dan lain-lainnya, dan untuk membuat bahasa kedua kita baik maka
kita harus memperbaiki bahasa pertama kita atau bahasa ibu kita. Untuk menjadi
seorang guru yang baik dan guru yang efektif kita harus menguasai 3 unsur yaitu
: teori, reseach, dan activity yang harus saling berhubunganb dan seimbang, dan
untuk menjadi penulis yang baik kita harus memperhatikan 3 bagian yaitu teks,
context dan pembaca.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
a space for comment and critic