We are simple, but no simple impact. Proudly Presents, PBI C 2012. Happy Reading!

Course: Writing and Composition 4

Instructor : Lala Bumela

This website created by : College student from The State Institute of Islamic Studies Syekh Nurjati Cirebon, The Dapartment of English Education 2012.


widgets

Kamis, 13 Februari 2014

KEMBALI MENULIS


Beberapa minggu berlalu, liburan semester ini sangat mengesankan bagi saya.  Semua lelah dan penat di semester 3 terbalaskan di liburan kali ini.  Sedikit bisa bernafas lega walaupun semester 4 menanti dengan tugas yang lebih berat dari sebelumnya.  Saya harus tetap semangat, sudah setengah perjalanan untuk bisa mendapatkan dan meraih cita-cita.
Sedikit bercerita tentang pengalaman liburan saya kali ini, banyak sekali pengalaman baru yang saya dapatkan.  Minggu pertama liburan saya berkunjung ke rumah kerabat di daerah Pandeglang Banten.  Pada saat itu saya pergi kesana sendiri.  Awalnya saya merasa takut, untuk pergi ke Bandung saja belum tentu berani apalagi harus pergi ke Banten.  Tapi pada saat itu saya nekat, walaupun sempat merasa cemas karena ini adalah pertama kalinya bagi saya bepergian sejauh ini sendiri.
Setelah menempuh perjalanan selama 10 jam, akhirnya saya sampai ditempat tujuan.  Lega rasanya pengalaman pertama yang membuat saya menjadi berani untuk bepergian jauh.  Sudah dua minggu saya berada di Pandeglang.  Saya kembali pulang ke Majalengka karena berniat ingin mengikuti audisi menyanyi di Bandung.
Kembali menempuh 10 jam perjalanan, saya sampai di Majalengka.  Istirahat sejenak dan mempersiapkan diri untuk mengikuti audisi.  Keesokan hari saya kembali menempuh perjalanan jauh menuju kota Bandung selama 5 jam.  Sesampainya ditempat tujuan, lelah rasanya.  Apalagi harus antri untuk mendapat nomor urut giliran audisi.  Setelah beberapa jam, audisipun selesai dan saya kembali ke Majalengka.
Saya merasa bahwa pengalaman saya ini adalah pengalaman yang paling berkesan dan saya harus kembali ke kanmpus untuk kembali mengikuti perkuliahan di semester 4.  Mengawali perkuliahan di tanggal 04 Februari 2014 dengan mengikuti mata kuliah writing.  Kembali bertemu dengan Mr.Lala Bumela, yang identik dengan memberi tugas yang begitu menguras tenaga dan fikiran.
Pertemuan yang digunakan untuk menjelaskan kontrak belajar yang ada dalam silabus.  Benar saja di semester sekarang tantangannya lebih berat.  Saya kembali harus bekerja keras untuk mengerjakan tugas rutin class rivew dengan di tambah tugas Appetizer yang nantinya akan diketik lalu di posting ke blog.  Benar-benar akan membuat stres dan pastinya berat badan turun.
Mr. Lala menjelaskan sedikit slide pembuka perkuliahan kali ini.  Pada semester ini akan lebih banyak tantangan karena kita tidak hanya di tuntut untuk menjadi seorang writer saja, tetapi kita juga harus bisa menjadi reader yang mampu membuat suatu argumen dalam tulisannya.  Ini bukan sesuatu yang muidah karena membutuhkan banyak informasi dari berbagai sumber untuk memperkuat argumentasi kita.
Menurut Hyland 2003 mengutartakan bahwa mempelajari writing itu :
1.      Mempelajari bahasa kedua, dengan sedikit berbicara walaupun berlogat daerah.  Apabila terbiasa dan faham dengan apa yang kita baca atau ucapkan, maka akan mempermudah untuk menuliskannya.
2.      Mereka yang memiliki bahasa pertamanya bahasa inggris, belum tentu terbiasa untuk menuliskan bahasa mereka sendiri.  Oleh karena itu kata kuncinya adalah :
Ø  Exensive yakni memiliki cakupan informasi yang luas, lebih pada wawasan.
Ø  Specialised yakni jam terbang atau kegiatan yang terbiasa dilakukan secara profesional (Hyland 2003).
Apa saja tantangan-tantangan kita kali ini :
v  Lebih memahami bagaimana mempelajari teori menulis dan mengembangkannya.
v  Tidak hanya sekedar menulis, tetapi harus bisa menarik pembaca.  Kualitas tulisan menjadi penentu.
v  Teks yang kita buat memiliki sifat dan jenis teks dan mampu menggambarkan sehingga pembaca tidak bosan dengan tulisan kita.
v  Menggabungkan dua bahasa diantara diantara dua tulisan dan mampu menghubungkan antara keduanya.
v  Bagaimana agar kurikulum bisa berkembang dalam mata kuliah writing.
v  Mengetahui perkembangan materi pembelajaran untuk mata kuliah writing.
v  Mengetahui penggunaan komputer dalam pelajaran writing.
Hyland juga mengutarakan harapannya untuk menjadi seorang yang jujur :
ü  Membantu guru-guru bahasa menjadi guru yang tidak lepas dari kegiatan literasi.
ü  Seorang guru yang efektif adalah ia yang bisa membuat pilihan informasi (baca lalu review) mengenai metode, materi dan prosedur untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas, memahaminya kemudian mempraktekannya.
ü  Seorang guru yang kuat adalah guru yang mampu mengontrol situasi kelas dan memiliki pengetahuan banyak tentang materi maupun aktifitas didalam kelas untuk mengkaitkan dengan sebuah penelitian dan teori baru.

Semua aktifitas dan kegiatan guru tidak akan lepas dengan tulisan, di ibaratkan seperti segitiga.


 



Theory

Research
                                               
                                                                                                        


Activity
                                                           
                                                                                                                       

Kegiatan mengajar yang dilakukan guru adalah sebuah aktifitas yang tentu saja memiliki landasan teori.  Disamping itu akan memunculkan research atau penelitian.  Bagaimana agar cara mengajar kita sebagai seorang guru mampu membuat murid memahami teori-teori belajar yang disampaikan.


Contex

Reader

Text
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   
Penulis harus mampu mengembangkan segitiga tersebut. Menjadi seorang penulis sebenarnya tidak sulit.  Cukup membuat senang satu pembaca, kita sudah bisa menjadi penulis.
Jadi dapat disimpulkan bahwa tantangan utama kita adalah bagaimana kita lebih mengasah kemampuan menulis.  Tidak hanya berperan sebagai penulis dan pembaca saja, tetapi bagaimana kita mampu menggunakan dua kata kunci utama yakni Exensive dan Specialised.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

a space for comment and critic