Class
Review 1
Sekarang saya sudah masuk disemester empat. Rasanya waktu
cepat sekali berlalu dan dua tahun lagi (2016), saya harus lulus dari IAIN
Syekh Nurjati Cirebon. Untuk mencapai target itu banyak yang harus dipersiapkan
salah satunya, tetap semangat, selalu berdoa dan belajar lebih giat lagi,
seperti yang saya lakukan sekarang wajib menulis “Learning Log” lagi karena
disemester empat ini kami semua bertemu kembali dengan Mr. Lala Bumela, M.Pd dalam
mata kuliah “Writing 4”.
Pada pertemuan pertama di Writing empat beliau menjelaskan
tentang syllabus. Do you know Syllabus ? Syllabus dapat diartikan sebagai garis
besar, ringkasan atau pokok-pokok isi atau materi pelajaran. Syllabus di
gunakan untuk menyebut suatu produk pengembangan lebih lanjut dari Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang ingin dicapai serta pokok-pokok uraian
materi yang perlu dipelajari siswa dalam rangka pencapaian Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar.
Manfaat Syllabus :
1. Sebagai pedoman dalam pengembangan lebih lanjut, seperti
pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan
pengembangan sistem penilaian.
2. Merupakan sumber
pokok dalam penyusunan rencana pembelajaran, baik rencana pembelajaran untuk
satu standar kompetensi maupun satu kompetensi dasar.
3. Sebagai pedoman untuk merencanakan pengelolaan kegiatan
pembelajaran, misalnya kegiatan pembelajaran secara klasikal, kelompok kecil,
atau pembelajaran secara individual.
4. Untuk
mengembangkan sistem penilaian yang mengacu pada SK atau KD.
Diterbitkan : 19 Juli
2012
Dalam syllabus yang beliau jelaskan didalamnya banyak
ketentuan-ketentuan diantaranya seperti :
1. Passport
Seperti yang sudah diketahui passport
ini berisi Class Review dan Chapter Review yang sudah mempunyai ketentuannya
masing-masing. Untuk semester sekarang class review menjadi 5 halaman dan
chapter review sebanyak 10 halaman.
2. Membuat Blogging
Blogging adalah tugas yang baru buat kami
karena sebelumnya tidak ada. Blogging ini gunanya untuk memasukan semua
tugas-tugas yang sudah beliau berikan.
3. Membuat Appetizer Essay atau Opinion
Essay
Selain itu, didalam syllabus beliau
menjelaskan istilah baru yaitu “Academic Writing”
Academic Writing adalah suatu
kegiatan atau aktivitas menulis untuk keperluan menyelesaikan tugas belajar
study di lembaga pendidikan dimana si penulisnya sedang menempuh pendidikannya.
Lembaga pendidikan ini bisa di tingkat SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi maupun
Lembaga Pendidikan Ketrampilan (LPK).
Bentuk Tulisan Academic Writing (AW) :
• Paper (essay panjang)
• Paper-Works (makalah)
• Minithesis (skripsi pendek untuk meraih gelar S-1 atau
tingkat diploma)
• Thesis (skripsi panjang untuk meraih gelar di atas S-2)
Perbedaan antara Academic Writing (AW) dan Creative Writing
(CW) :
Academic Writing Creative Writing
- Non fiksi
- Berdasarkan fakta
- Untuk keperluan akademis
- Menggunakan istilah akademis (dilengkapi dengan catatan
kaki)
- Dilengkapi daftar referensi
- Menggunakan Appendix
- Fiksi
- Berdasarkan imajinasi
- Untuk keperluan sastra/hiburan
- Bisa menggunakan istilah akademis (tergantung temanya)
- Tidak dilengkapi daftar referensi
- Tidak berappendix
Appendices
What
is a critical review ?
A critical review adalah summary dan evaluasi dari ide-ide
dan informasi didalam sebuah article.
The Content of a Critical Review :
• Introduction (pendahuluan)
• Summary
• Main Body (critique)
• Conclusion
• References
Penjelasan-penjelasan ini termasuk dalam Syllabus yang
beliau berikan kepada kami.
Kesimpulan : Syllabus disusun berdasarkan standar isi, yang
didalamnya berisikan identitas mata pelajaran, standar kompetensi dan
kompetensi dasar, materi pokok dan kegiatan pembelajaran, indikator penilaian,
alokasi waktu dan sumber belajar.
Examples :
Writing 4 Identitas Mata Pelajaran Course Readings
1. Alwasilah, A.C. (2012). Pokoknya Rekayasa Lierasi.
Bandung: Kiblab Buku Utama dan Sekolah Pascasarjana UPI Bandung. Sumber Belajar
Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Session and Date Topic Readings
1. 4 Februari 2014
Alokasi
Waktu Learning Contract Introduction to the couse ; a diagnostic test. Syllabus
and already prepared reading material.
Course
Work Evaluations :
1.
Two best homework assignments (class review and chapter review): 20%
Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar Grading Scale
: A+ 98-100
B+
87-89
A
94-97
B
84-86
A-
90-93
B-
80-83
Indikator
Penilaian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
a space for comment and critic