We are simple, but no simple impact. Proudly Presents, PBI C 2012. Happy Reading!

Course: Writing and Composition 4

Instructor : Lala Bumela

This website created by : College student from The State Institute of Islamic Studies Syekh Nurjati Cirebon, The Dapartment of English Education 2012.


widgets

Kamis, 13 Februari 2014

Class Review


Diawal bulan februari ini, tepatnya pada tanggal 04 februari diruang 44, saya dan teman-teman PBI-C datang untuk mempersiapkan diri.  Mempersiapkan diri untuk apa? Jawabannya yaitu untuk melanjutkan perjuanga kami sempat terhenti oleh liburan.  Perjuangan yang akan kami hadapi di semester 4 in cukup berbeda dengan semester sebelumnya.  Di semester  genap ini, kami kembali bertatap muka dengan Mr. Lala dalam mata kuliah writing 4.  Namun, beliau mengubah tema writing 4 menjadi  writing academic.  Hal itu dikarenakan hampir seluruh materinya  berkenaan dengan academic.
Pada pertemun tersebut, beliau datang tepat pada pukul 11.00 yang kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan seputar kontrak belajar yag akan dilaksanakan pada semester ini.  Di dalam sylabus writing 4, disana sudah tertera semuanya.  Mulai dari penjelasan tentang pengertian wrriting academic itu sendiri, referensi-referensi buku, serta perhitungan persentase nilai yang harus terpenuhi dalam mata kuliah di semester ini.  Jika dibandingkan dengan semester sebelumnya, di sylabus tersebut terdapat beberapa persamaan dan perbedaan.
Persamaan yag pertama yaitu kehadiran kita dikelas sangat ditentukan dengan passport yang telah kita buat.  Apabila passport yang harus harus dikerjakan belu  selesai dan tidak memennuhi kriteria yang telah  ditentukan, maka konsekuensinya ialah tidak akan mendapatkan absen kehadiran.  Namun, yang membedakannya ialah di semester kali ini, porsi menulis lebih ditingkatkan lagi.  Pada semester lalu kami hanya menulis menulis passport minimal 4 halaman, kini ditambah 1 menjadi 5 halaman.  Hal itu tidak lain tujuannya agar mahasiswa jurusan bahasa Inggris bisa memaksimalkan waktu dengan hal-hal yang bermanfaat.  Namun demikian, tidak jarang mahasiswa yang mengeluh dengan beban tugas in, tanpa kecuali terhadap diri saya sendiri.  Walaupun begitu, hati saya harus bertekad behwa saya bisa melakukan ini semua,ammiiin!;)
Selain itu, pada semester ini juga sama-sama terdapat tugas chapter review.  Namun, pada semester sebelumnya hanya 2 lembar, disemester ini akan diperberat lagi dengan tujuan yang sama.  Pada semester ini kita harus membuat chapter review yang tidak boleh kurang dari 10 halaman, amazing huh? Berat memang, tetapi insya allah saya pasti bisa.  Dengan niat dan kesungguhan yang kuat, semuanya akan terasa mudah.
Disamping itu, ada beberapa tugas yang kami anggap tugas itu baru, karena memang kali ini tugas itu diterapkan.  Tugas tersebut ialah kami diwajibkan mengepostkan tugas-tugas yang telah dibuat ke dalam blog yang akan di cek oleh Mr. Lala disetiap minggunya.  Semua yang Mr. Lala terapkan pasti mempunyai tujuan masing-masing.  Salah satunya program blogging ini, yang bertujuan agar mahasiswa-mahasiswa tidak gaptek dan visa menguasai perkembanga teknologi serta sangat bermanfaat untuk generasi selanjutnya.
Pada writing academic ini, kami dituntut untuk bisa membuat critical review terhadap suatu bacaan yang telah dibaca.  Di dalam membaca pula kita perlu untuk menjadi critical reading.  Dari situlah writing academic dimulai.  Selain itu, Mr.lala mengatakan bahwa disemester ini kita akan memproduksi dan menyentuh isu-isu berat yang terjadi di dunia ini.  Writing atau menulis merupakan suatu kegiatan yang belum tentu semua orang bisa melakukan hal ini.  Siapa bilang jika menulis itu gampang.  Tak semua orang bisa menulis.  Namun saya akan berusaha sedikit demi sedikit untuk bisa menulis.
Writing academic merupakan suatu wadah dimana didalamnya kita harus melakukan sesuatu yang seharusnya dilakukan di tingkat perguruan tinggi ini.  Disini, kita akan mempelajari bagaimana menjadi seseorang yang bisa memberikan argumen-argumen terhadap isu-isu atau topik yang sedang dibahas dengan diimbangi referensi-referensi buku lainnya.  Jadi menurut saya, writing academic ini menumbuhkan fikiran-fikiran critical terhadap suatu isi pada setiap mahasiswa.  Bacaan)ulang didalam fikiran kita.  Maka setelah itu, kan timbula fikiran-fikiran kritis dari masing-masing.
Didalam perjalanan karirnya, Mr. Lala selalu mengedepankan beberapa hal yang terbentuk dalam segitiga
                                    theory              research



                                                activities
Maksud dari gambar diatas menggambarkan bahwa aktifitas-aktifitas yang dilakukannya harus berhubungan dengan theory dan peneliiannya, karena gambar tersebut menunjukan adanya keterkaitan.
Tulisan-tulisan yang akan kita buat harus memprhatikan first language(L1) terlebih dahulu.  Apabila seseorang telah mampu menggunakan bahasa Inggris sebagai firdt languagenya, maka dengan kemampuan tersebut memenuhi syarat exensive and specialized instruction(dikutip dari Hyland 2003; Hyland 2004).  Selanjutnya (Hyland 2003) mengatakan bahwa bagaimana untuk belajar menulis di dalam sebuah econd languageialah merupakan salah satu aspek yang paling dalam mempelajari second laguage.
Selain itu, di dlam slide yang dibuat oleh Mr. Lala terdapat 8 poin yang akan dilalui sebagai tantangan kami semua.  Di slide yang keenam, disana tertulis sebuah pengingat yang simpel, diantaranya :
*                    Writing melibatkan perpaduan kemampuan dan pengetahuan tentang texts, contexts, readers. 
*                    Seperti ahli lainnya, writing diperbaiki dengan cara practice.
*                    First language(L1)anda adalah fondasi untuk menuju second language (L2).
L2 writing mengajarkan tentang hal-hal yang meliputi :
1.                  Language structures
2.                  Fungsi dan teks
3.                  Themes atau topics
4.                  Creative expression
5.                  Commpossing
6.                  Content
7.                  Genre and contexts of writing

Berdasarkan penjelasan-penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwamata kuliah writing academic ini menuntun kita untuk menjadi orang yang kritis terhadap suatu hal apapun, khususnya dalam writing.  Writing juga melibatkan 3 bahan utama yaitu texts, contexts, dan readers.  Sebagai fondasi dari second language yaitu first language dahulu yang perlu dikuasai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

a space for comment and critic