We are simple, but no simple impact. Proudly Presents, PBI C 2012. Happy Reading!

Course: Writing and Composition 4

Instructor : Lala Bumela

This website created by : College student from The State Institute of Islamic Studies Syekh Nurjati Cirebon, The Dapartment of English Education 2012.


widgets

Jumat, 14 Februari 2014

A new Challenges In Academic Writing

Class Review 1

Sebuah tantangan yang besar bagi saya bhkan mungkin teman-teman saya disemester empat sekarang ini, karena dimata kuliah writing kali ini terdapat sebuah perubahan dan pebedaan yang menyoroti didalam mata kliah ini, Kenapa demikian? Karena ketika sya membaca silabus yang pa Lala berikan kemarin terdapat poin-poin perbedaan yang sangat mencolok dan itu membuat hati saya tergugah, serta memacu semangat atau adrenalin saya.
Bukan hanya konsep serta aturan (rule) yang berbeda dalam mata kuliah ini nanti kedepan, akan tetapi pa Lala jug sedikit memberikan perubahan atau terobosan baru dari segi nama dalam mata kuliah ini.  Dan bagi saya, itu nama yang sangat menarik.  Nama asli yang kita ketahui dilembaran kpps dengan sebutan writing da conversation 4, berubah menjadi “Academic Writing”.
Dalam pertemuan pertama kemarin beliau mengajak kita semua untuk mengetahui isi atau aturan kontrak belajar yang harus kita jalankan dalam mata kuliah academik writing ini. Sungguh sangat menakjubkan karena terdapat banyak perubahan yang ada didalamnya.  Perubahan yang sangat mencolok dalam mata kuliah ini diantaranya adalah bahwasanya kita itu dituntut untuk bekerja dan belajar lebih keras lagi demi mengasah kemampuan menulis kita dan dri aspek kapasitas tulisan kita.  Kita pun dituntut untuk lebih meningkat dan bertambah, itu terlihat dari pembuatan class review maupun chapter review yang harus lebih banyak lagi dari sebelumnya.  Kemudian hal yang lebih mencolok lagi adalah bahwa hasil karya atau tulisan kita itu harus dituangkan blog secara kolektif.
Menurut saya, terobosan baru yang pa Lala berikan ini sangat memberikan banyak manfaat untuk kita selaku mahasiswa, sehingga tidak ada ruang untuk bermalas-malasan.  Dihalaman awal pada silabus terdapat sebuah kalimat bijak yang disampaikan oleh Maria Popova, dia mengatakan bahwa “ Perfection is like cashing the horizon. Keep moving ”.  Kalau kita menyikapi kalimat ini sungguh sangat menarik motivasi serta semangat yang ada dalam diri kita, karena maksud dalam kalimat bijak ini adalah bahwa kesempurnaan itu bagaikan mengejar sebuak cakrawala, dan kita dituntut untuk bergerak maju terus melawan tantangan yang ada.
Mungkin dalam mata kuliah writing ini artinya kita nanti dipaksa untuk kurang tidur, mata yang berkaca-kaca, sakit punggung dan jari-jari yang pada kaku karena menulis.  Banyak buku-buku yang berserakan disetiap kamar maupun meja belajar, berdiskusi dengan teman-teman dikampus dan masih banyak lagi.  Tetapi dengan menulis membuat kita menjadi lebih baik lagi, baik untuk diri sendiri maupun untuk masyarakat.
Sebenarnya di academic writing ini memiliki tujuan tertentu yang harus dicapai oleh mahasiswa antara lain:
1.      Untuk mengembangkan kemampuan dasar mahasiswa, atau pemahaman terhadap kemampuan dasar “ Academic Writing ” belajar menulis.
2.      Untuk mengasah pemahaman mahasiswa ketika proses menulis.
3.      Untuk menyajikan kepad amahasiswa latihan dasar dalam menganalisa tulisan dan opini-opini.
4.      Untuk melengkapi mahasiswa dengan prinsip dasar penafsiran dalam bidangnya sendiri.
Dengan adanya tujuan-tuujuan tersebut saya berharap bisa mencapai itu semua dengan hasil yang memuaskan, serta mampu mengimplementasikan dalam kehidupan masyarakat dan menjadi mahasiswa yang mempunyai kualitas terutama dalam hal menulis.
Dalam penjelasan kemarin yang disampaikan oleh pa Lala, selain mengenai isi silabus, beliau juga menyampaikan melalui slide di power poin yang sudah beliau siapkan sebelumnya. Dalam slide pertama beliau sedikin menyampaikan atau memberitahukan statistik tentang hasil proses pencapaian atau perolehan hasil belajar mahasiswa masing-masing kelas pada semester kemarin, bahwasanya kelas saya kelas saya berada pada posisi kedua dengan pencapaian prosentasi skor 84.59%. Dengan hasil tersebut boleh dikatakan sedikit memuaskan bila dilihat dari kedu kelas dibawah kita, walaupun hasil itu masih jauh dari kata sempurna, karena masih ada yang berada diatas kelas kita.  Berbeda bila dilihat dari spesifikasi secara individual, karena saya sangat menyesal dengan pencapaian hasil nilai yang saya dapatkan pada semester kemarin dalam mata kuliah phonology, semua itu karena ketidakstabilan performence yang saya tunjukan pada saat itu.
Dari hasil yang ada, itu semua mampu membangkitkan semangat belajar saya untuk menjadi lebih baik lagi dan menjadi yang terbaik serta menjadikan acuan untuk tetap semangat dan fokus dalam belajar pada semester ini dn seterusnya.
Pada dasarnya ada beberapa garis besar yang akan dipelajari dalam mata kuliah ini antara lain:
1.       Mampu mempelajari bagaimana kita menulis dalam second language adalah salah satu tantangan yang besar pada pembelajaran second language.
2.      Meskipun bagi orang-orang yang berbicara bahasa Inggris, yang menjadikan bahasa tersebut sebagai bahasa pertama dan kemampuan untuk menulis dengan benar bagi mereka adalah sesuatu yang membutuhkan intruksi yang luas dan spesial.
Dapat kita simpulakan dari pernyataan diatas adalah bahwasanya belajar bagaimana menulis dengan baik itu tidaklah mudah.  Bahkan sangat sulit sekali walaupun bagi orang-orang yang setiap harinya menggunakan bahasa asli apa yang dimiliki ketika berkomunikasi setiap harinya.  Yang perlu digaris bawahi adalah kata meluas (exensive) dan specialised (khusus).  Kata-kata ini dijadikan acuan dasar bagi para penulis.
Sesuai judul yang saya tulis diawal bahwasanya dalam mata kuliah writing empat ini kita akan menemukan sebuah tantangan baru di academic writing, karena di academic writing ini kita memiliki tantangan baru dalam menulis.  Tantangan itu meliputi melati bagaimana memahami teori tentang menulis yang baik dan benar, sifat dari teks dan jenisnya dan bagaimana mereka mampu menggambarkan penggunaan dalam komunitas kelompok tertentu.
Sebagai bahan ingatan sedarhana kita, bahwa menulis itu cara menyusun keterampilan dan pengetahuan tenyang teks, konteks dan pembaca.  Seperti sebuah kerajinan menulis bisa bekembang itu dengan latihan dan bahasa pertama adalah dasar untuk bahasa kedua.
Kesimpulanya adalah bahwa di academic writing ini kita akan menemuakan sebuah tantangan baru yang akan kita lewati kedepan dalam mata kuliah writing empat ini sampai akhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

a space for comment and critic