We are simple, but no simple impact. Proudly Presents, PBI C 2012. Happy Reading!

Course: Writing and Composition 4

Instructor : Lala Bumela

This website created by : College student from The State Institute of Islamic Studies Syekh Nurjati Cirebon, The Dapartment of English Education 2012.


widgets

Rabu, 26 Maret 2014

SANG PENCIPTA

-7th Class Review-


Alunan instrumen ‘Moonlight Sonata’ oleh sang komposer Beethoven mengiringi kisah ini, menjadi pemandu jiwa-jiwa yang tergores dalam bahagia. Setelah duka sekian lama menyelimuti ingatan setiap insan, setelah duka membantai semua hasrat setiap insan, itu semua adalah kegelapan yang amat mencekam. Kini kita kembali menyala dalam malam, dalam gelap.  Di tanggal 18 Maret 2014, kita kembali merekam jejak-jejak sejarah Mr. Lala Bumela. Dari sinilah kita menciptakan sejarah, dan mengubah paradigma masyarakat dunia. Menulis bukanlah sesuatu yang mudah, walaupun kita selalu bergelut dengan kertas dan pena. Menulis membutuhkan jiwa yang tercerah, mengumpulkan ide-ide dari segala arah. Untuk itu beliau menunjukkan petuah kepada kita tentang “menjadi seorang pencipta dalam menulis”.

            Menjadi sosok pencipta sempurna menjadi hal yang sulit dijalani, apalagi kita adalah seorang bibit-bibit penulis yang banyak menghasilkan seni dalam tulisan, mestinya paham dengan aturan main menjadi seorang penulis. Di minggu lalu, beliau menjelaskan tentang beberapa aturan mainnya. (1)Salah satu tugas utama penulis adalah untuk mengungkap kemungkinan-kemungkinan baru pemahaman, (2) menjangkau bentuk-bentuk baru dari pemahaman meliputi tiga tahap penting: meniru-menemukan-membuat, (3) menulis adalah masalah menciptakan affordances dan mengeksplorasi potensi makna, (4)menulis adalah genesis setengah, dan (5) Pernyataan tesis merupakan tahapan yang sangat penting untuk membuat dialog awal dengan pembaca diharapkan. Tapi di minggu lalu, kita banyak melakukan kesalahan dalam mengeksplorasikan ide dan terlalu naif untuk mengungkapkan apa yang tersembunyi dalam tulisan.

            Sesuai dengan apa yang menjadi pembahasan minggu lalu, kali ini kami akan menjelaskan sedikit penerangan tentang hal tersebut. Pembahasan ini mengacu pada dua buku yang akan menjadi kiblat pembahasan, yaitu Milan Kundera dalam “L’art du Roman (The art of the Novel)” dan pendukung Kundera dalam buku “Theory, Cultural & Society” yang ditulis Zygmunt Bauman. Kedua buku tersebut terkait dengan apa yang akan dibahas pada minggu ini dengan mengorek keterkaitan penulis dengan literasi, sejarah dan ideologi. Penulis harus bisa mengoneksikan apa-apa yang menjadi permasalahan, ini yang disebut sebagai “affordance” dalam pembahasan minggu lalu yaitu mempunyai sumber daya yang besar dalam menulis. Penulis sama hal nya dengan penemu, kita harus menemukan apa yang menjadi misteri di sekitar kita. Penulis, penyair, komposer maupun sejarawan mempunyai tugas sama, yaitu menciptakan penemuan baru dalam menciptakan.

Mengutip penyair Ceko Jan Skacel pada nasib penyair, dalam hal ini sesuai dengan apaya ng menjadi komentar seorang penyair Milan Kundera (dalam L’art du Roman, 1986):  `to write, means for the poet to crush the wall behind which something that ``was always there'' hides. Artinya, menjadi seorang penulis haruslah menemukan harta yang tersembunyi dibalik tembok, menghancurkan tebok yang menjulang tinggi sebagai penghalang informasi. Dalam hal ini, tugas penyair tidak berbeda dari pekerjaan sejarah, yang juga menemukan daripada menciptakan'. Sejarah, seperti penyair, mengungkapkan, dalam situasi yang selalu baru, kemungkinan manusia sampai sekarang tersembunyi. Apa sejarah tidak menjadi pencekik bahkan,  misi untuk penyair. Untuk naik ke misi ini, penyair harus menolak melayani kebenaran yang diketahui sebelumnya, kebenaran sudah jelas` 'karena mengambang di permukaan. Tidak peduli seperti apakah `diasumsikan di awal' kebenaran diklasifikasikan sebagai revolusioner atau pembangkang, Kristen atau ateis ± atau bagaimana hanya mereka atau dicanangkan untuk menjadi. Apapun sifat dan denominasi mereka, orang-orang `kebenaran' tidak ini` sesuatu yang tersembunyi' yang penyair dipanggil untuk mengungkap, mereka, lebih tepatnya, bagian dari dinding yang misi penyair adalah untuk menghancurkan. Juru bicara yang jelas,jelas dan `apa yang kita semua percaya, jangan kita adalah penyair palsu, kata Kundera.

Demikian jelas apa yang dikatakan Kundera dalam hal ini, penulis harus bisa menemukan titik-titik lain dan mampu menyambungkannya menjadi sebuah garis. Garis tersebut adalah suatu ide, suatu alat yang mampu mengembangkan dan menghidupkan suatu teks.  Penyair pun sama, mereka juga bisa mengaitkan lingkungan dengan sejarah. Seperti yang dikatakan oleh Milan Kundera (L’art do Roman,1986: 20) dalam Dialogue on the Art of the Novel , dalam dialog tersebut Kundera membeberkan masalah proyek pembuatan Novelnya dengan sejarah.

  1. Penulis terkait dengan  Sejarah dan ideologi
C.S: konsepsi novel anda dapat didefinisikan sebagai meditasi puitis pada eksistensi. Namun novel Anda tidak selalu dipahami dengan cara itu. Mereka mengandung banyak peristiwa politik yang telah memprovokasi sosiologis, historis, ideologis atau interpretasi. Bagaimana saudara mempertemukan minat  dalam sejarah sosial dengan keyakinan Anda bahwa novel meneliti terutama teka-teki keberadaan?

M.K: Heidegger mencirikan keberadaan oleh formulasi yang sangat terkenal: in- der - Welt - sein , being -in - the- world. Manusia tidak berhubungan dengan dunia sebagai subjek ke objek, mata lukisan, bahkan bukan sebagai aktor untuk tahap ditetapkan. Manusia dan dunia terikat bersama-sama seperti siput ke cangkangnya: dunia adalah bagian dari manusia, itu adalah dimensi, dan sebagai perubahan dunia, keberadaan (in- der - Welt - sein) berubah juga. Sejak Bal - zac, dunia keberadaan kita memiliki sifat sejarah, dan kehidupan karakter 'terungkap dalam ranah waktu ditandai dengan tanggal. Novel ini tidak pernah bisa melepaskan diri dari warisan itu dari Balzac. Bahkan Gombrowicz, yang menciptakan fantastis, cerita mustahil, yang melanggar semua aturan verisimilitude, tidak bisa menghindarinya. Novelnya mengambil tempat dalam waktu yang memiliki tanggal dan benar-benar bersejarah. Tapi dua hal tidak harus bingung: ada di satu sisi novel yang meneliti dimensi sejarah keberadaan manusia, dan di sisi lain novel yang merupakan ilustrasi dari situasi historis, deskripsi masyarakat pada saat tertentu, historiografi novelized. Anda akrab dengan semua novel tentang Revolusi Perancis, tentang Marie Antoinette, atau sekitar tahun 1914, tentang kolektivisasi di Uni Soviet (untuk atau melawannya), atau sekitar tahun 1984; semua orang adalah populerisasi yang menerjemahkan non-novelistik pengetahuan ke dalam bahasa novel. Yah, aku tidak akan pernah bosan mengulangi : The novel -satunya raison d' etre adalah untuk mengatakan apa yang hanya novel bisa mengatakan.

CS: Tapi apa yang secara khusus dapat novel katakan tentang sejarah? Atau, apa cara Anda memperlakukan sejarah?

M.K. : Berikut adalah beberapa prinsip-prinsip saya sendiri. Pertama: Semua situasi historis saya memperlakukan dengan perekonomian terbesar. Saya bersikap terhadap sejarah seperti desainer panggung yang membangun set abstrak dari beberapa barang yang sangat diperlukan dengan tindakan .

Prinsip kedua : Dari keadaan historis, saya tetap hanya orang-orang yang menciptakan situasi eksistensial wahyu untuk karakter saya. Contoh: Dalam The Joke , Ludvik melihat semua teman-temannya dan rekan mengangkat tangan mereka untuk memilih, dengan mudah mengucapkan, pengecualian nya dari universitas dan dengan demikian untuk menggulingkan hidupnya. Dia yakin bahwa mereka akan, jika perlu, telah memilih dengan kemudahan yang sama untuk menggantungnya. Dari mana definisinya manusia: seorang yang mampu dalam setiap situasi consigning his neighbor to death. Ludvik pengalaman antropologis mendasar sehingga memiliki akar sejarah, tapi deskripsi sejarah itu sendiri (peran Partai, basis politik teror, organisasi lembaga-lembaga sosial, dll) tidak menarik minat saya, dan Anda tidak akan menemukannya di novel.

Prinsip ketiga : Historiografi menulis sejarah masyarakat, bukan dari manusia. Itulah mengapa peristiwa sejarah novel saya berbicara tentang sering dilupakan oleh historiografi. Contoh: Dalam tahun-tahun berikutnya tahun 1968 invasi Rusia Cekoslowakia, pemerintahan teror terhadap masyarakat didahului oleh pembantaian resmi yang diselenggarakan terhadap anjing-anjing. Sebuah episode benar-benar lupa dan tanpa kepentingan untuk sejarawan, untuk seorang ilmuwan politik, tetapi tentang pentingnya antropologi maksimal! Dengan ini episode satu saja saya menyarankan iklim sejarah The Farewell Party.  Sifat tidak bersemarak! Keadaan lain sejarah dilupakan, namun betapa pentingnya bagi orang wajib hidup di bawah rezim Komunis.Tapi itu adalah prinsip keempat yang berlangsung terjauh: Tidak hanya harus keadaan historis menciptakan situasi eksistensial baru untuk karakter dalam novel, tapi Sejarah itu sendiri harus dipahami dan dianalisis sebagai situasi eksistensial. [Milan Kundera (1986: 19-20)].

Melihat dialog yang dikatakan Kundera dalam kaitannya menjadi penulis memang benar-benar membawa penemuan yang mendalam. Penulis novel yang biasanya hanyut dalam naluri dan menggelontorkan kata-kata puitis bisa saja bergelut dalam kata-kata ilmiah dan menjadi bahan provokator. Ini adalah salah satu contoh dari seorang penulis yang mampu mencari sesuatu yang belum di tulis sebelumnya, Kundera mencari sisi lain, mengungkapkan apa yang tersembunyi, dan menolak asumsi-asumsi yang lama bereda dan nyata. 


   2.       Penulis terkait dengan Literasi

Milan Kudera dalam hal ini adalah salah satu cotoh nyata, bahwa dalam menulis ia mampu mengaitkan apa yang terjadi di lingkungannya, serta mampu mengubah paradigma suatu kaum. Literasi aadalah bagian dari sejarah, sejarah menurut dalam komentar Kundera yang ditemukan dalam buku Zygmunt Bauman (2000:2)history is the endless process of human cretion. Sejarah adalah proses tanpa akhir penciptaan manusia, itu bukan karena alasan yang sama (dan dengan cara yang sama) proses tak berujung manusia penemuan diri? Seseorang tidak bisa begitu yakin, meskipun, tentang potensi manusia ditemukan oleh sejarah. Memang manusia ± pembuat dan dibuat, para pahlawan dan korban sejarah ± membawa selamanya volume yang sama kemungkinan menunggu waktu yang tepat untuk diungkapkan? Atau lebih tepatnya bahwa ± sejarah manusia berjalan. Untuk itu, untuk tetap abadi sejarawan menajdikan dirinya menjadi seorang penulis dan menciptakan temuan-temuannya dalam bentuk artefak.

Sejarawan dan linguist juga memiliki hal yang sama, dalam hal ini kita mereka sama-sama di lihat dari segi value dan diagronik. Melihat nilai/norma dan diakronik, diakronik sendiri merupakan pendekatan terhadap bahasa dengan melihat perkembangan sepanjang waktu (sejarah). Seperi apa yang dikatakan Fowler (1996:10), “ koneksi spesifik tujuan dan metode dengan sejarah”. Adapun tujuan, dan pandangannya, linguis kritis seperti sejarawan

bertujuan untuk memahami [sinkron] nilai-nilai yang mendukung pembentukan sosial, ekonomi, dan politik. Adapun metode, salah satu aspek pada setiap tingkat, linguis kritis , seperti sejarawan, memperlakukan teks sebagai kedua jenis praktik diskursif (karakter, huruf, proklamasi, kisah parlemen) dan sebagai dokumen (sumber untuk kepercayaan lembaga, misalnya). Seperti histographer itu, linguis kritis krusial berkaitan dengan relativitas ideologis representasi ( fowler 1996:10 ).

Dari penjelasan di atas kita bisa lihat bahwa penulis, sejarawan, maupun linguist mempunyai tugas yang sama. Mereka sama-sama mengungkap apa yang tersembunyi dibalik suatu permasalahn lingkungannya, denga mencoba menemukannya dan mengeksekusinya dalam suatu artefak. Menjadi seorang penemu bukanlah sesuatu yang mudah, ini memakan proses yang lama. Tugas kita di sini sebagai penemu, baik itu dalam sastra, sejarah, maupun bahasa. Itu semua adalah proses menuju penciptaan dan menemukan sejarah baru, kita adalah sang pencipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

a space for comment and critic