We are simple, but no simple impact. Proudly Presents, PBI C 2012. Happy Reading!

Course: Writing and Composition 4

Instructor : Lala Bumela

This website created by : College student from The State Institute of Islamic Studies Syekh Nurjati Cirebon, The Dapartment of English Education 2012.


widgets

Rabu, 26 Maret 2014

PEER REVIEW AND FRIEND IN WRITING



Pagi hari itu seperti biasa, jadwal yang sama hari yang sama dan dosen yang sama kami memasuki gerbang akademik writing tanggal 18-03-2014 pukul 10.50 wib.  Beliau check attenden, kami pun menjawabnya dengan “yes” bersamaan dengan beliau saya pun mengkroscek daftar hadir.  Setelah mengkroscek dafta hadir,beliau mengeluarkan alat perang berupa netbook dan kawan-kawan untuk saling melengkapi.  Beliau pun membuka slide yang  ke tujuh dengan judul”peer review is a must”, thesis kami adalah memeriksa 1000 kata yang telah di buat, agar menghasilkan cita rasa yang excellent.  Hal ini bisa menghasilkan Sense of dissatisfaction, Sense of happy and Sense of anger. Thesis statement, yaitu suatu cara untuk mempertanyakan keyakinan sebagai pembaca dari point of view bentuk dari persuasi.  Seringkalli di sebut juga argument akademik, mengikuti sebuah pola ramalan dalam writing.  Sedangkan, thesis essay yaitu ide pokok thesis statement dari essay yaitu satu atau dua kalimat statement yang mengidentifikasikan penulis topik dan opini penulis tentang topik.  Fungsi dari thesis statement yaitu ada dua, yang pertama yaitu penuis membuat sebuah thesis untuk fokus terhadap subjek essay.  Sedangkan yang kedua yaitu kehadiran dari thesis statement yang bagus membantu pembaca memahaminya.
 Jadi, thesis statement itu artinya yaitu meyakinkan si pembacadari segi pandangan penulis.  Salah satu bentuknya yaitu paragrap persuasi, sering di sebut juga akademik argumen mengikuti sebuah pola ramalan dalam writing.  Setelah satu pengantar ringkas dari topikmu, kamu menyatakan pandangan topik secara langsung dan sering di suatu hukum.  Kalimat ini adalah pernyataan di sertai dan melayani sebagai satu rangkuman dari argumen kamu yang akan membuat pada sisa kertasmu.
Disertai dari satu essay adalah ide utama, pernyataan disertai dari satu essay adalah dua pernyataan kalimat ekspresi itu merupakan ide utama.  Pernyataan disertai identifikasi topik penulis dan pendapat penulis yang punya topik itu sendiri.  Pernyataan disertai melaksanakan dua fungsi yaitu sebagai berikut:
1)      Penulis menciptakan satu disertasi untuk memfokuskan subyeknya essay
2)      Buat-buatan dari satu pernyataan disertasi bajik pemahaman pembaca bantuan
 Dalam thesis statement yaitu terdapat ceruk-ceruk baru ilmu pengetahuan dan pemahaman berupa “who is colombus? Where is Howard Zinn?”.  Jika terdapati keduanya maka lengkap dan sempurnalah ide yang di tuangkan dalam tulisan karena, itu menghasilkan pemahaman si pembaca.  Teatpi, jika tidak dapat mempengaruhi si pembaca maka ia akan gagal.  Seperti contohnya kita itu dapat menolak asumsi lama yang beredar, contohnya Colombus itu banyak yang memuja dan memuji baik dari kalangan bawah maupun atas.  Karena, orang-orang yang demikian itu berasumsi bahwa Colombus itu adalah pahlawan yang menemukan benua Amerika dan mempunyai paradigma bahwa bumi itu bulat.  Maka dari itu, setelah mengetahui bumi bulat banyak yang melakukan perjalanan laut dan mereka itu bisa kembali lagi ke tempat semula.  Selain itu, harus mempunyai antisipasi tentang keadaan real, yang ada di depan mata.  Contohnya, yaitu banyak orang-orang yang memiliki paradigma bahwa orang – orang Indonesia itu ramah tamah baik budi pekertinya.  Namun sayangnya, hal demikian itu sangat jauh berbeda dengan kenyataannya bahwa sekarang ini banyak kriminalitas yang terjadi diman-mana.  Seperti halnya, sekarang ini di zaman “edan” banyak kasus yang terjadi :
1.      “pembunuhan sepasang kekasih yang berawal dari Ade Sarah, berantai ke Rosa dan Gugun Gumilar membunuh Rosa dengan cara menceburkannya ke sungai yang deras hingga di temukan bangkainya yang sudah tak bernyawa dikarenakan si tersangka tidak terima dengan perlakuan mamah korban sebelumnya melaporkan tersangka ke kepolisian dengan kasus pernah membuat si korban hingga hamil”
2.      “pejabat di suatu daerah dibekuk dan terjaring rajia karena judi koclak bertempatkan di desa Leuwiseeng”
3.      Penularan hiv dan Aids.
4.      Angka perceraian yang meningkat di daerah Majalengka
5.      Bentrok aparat dan masa
6.      Pelajar smp cirebon di duga berbuat mesum di kebun.
 Hal yang demikian adalah salah satu contoh dari hilangnya masyarakat Indonesia yang mengadat kepada budaya ketimuran.  Maksud dari budaya ketimuran adalah orangnya ramah tamah, baik budi dan sopan santun.  Maka dari itu mempelajari sejarah itu sangatlah penting bagi kehidupan.  Hanya orang yang bodoh lah yang mau terjerembab pada lubang hitam yang salah secara continue.  Sejarah juga merupakan cerminan hidup, tujuan mempelajari sejarah yaitu :
1)      Membuat penilaian mengenai suatu peristiwa
2)      Mengetahui pentingnya suatu peristiwa
3)      Mengetahui sebab dan akibat dari suatu peristiwa
4)      Memberi semangat agar berusaha bersungguh-sungguh untuk mengulangi keagungan negara seperti pada zaman kegemilangan Melayu Melaka.
5)      Memupuk semangat petriotisme yaitu perasaan cinta akan tanah air
6)      Membantu membuat ramalan pada masa depan yaitu tentang suatu peristiwa
7)      Semangat berkorban untuk mempertahankan negara.
 Sejarah juga berfungsi untuk mengungkap hal-hal yang tersembunyi, jika belajar itu harus mengetahui sejarah asal-usulnya atau di sebut juga sebagai fungsi edukatif “pembelajaran”.  Banyak manusia yang belajar dari sejarah, belajar dari pengalaman tidak hanya terbatas pada pengalaman yang di alaminya sendiri, melainkan juga dari generasi sebelumnya baik kesalahan sendiri ataupun oranglain ia mencoba menghindarinya.  Maka dari itu, disini manusia tidak untuk mencoba dan salah (trial and error).
 Manfaat dari sejarah yang lainnya yaitu sebagai rekreatif, maksudnya adalah sejarah dapat memberi suatu hiburan yang segar.  Gaya penulisan yang hidup dan komunikatif dari beberapa sejarawan terasa mampu “menghipnotis” pembaca akan terasa nyaman membaca tulisan dari sejarawan.  Membaca, menjadi media hiburan dan rekreatif.
Tujuan pembelajaran sejarah, yaitu untuk membangun kesadaran peserta didik tentang betapa pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini dan masa depan.  Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta-fakta sejarah secara benar dengan di dasarkan pada pendekatan ilmiah dan metodologi keilmuan.  Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah sebagai bukti peradaban bangsa Indonesia melalui sejarah yang panjang dan masih berproses hingga masa kini dan masa yang akan datang.  Menumbuhkan kesadaran dalam diri peserta didik sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang memiliki rasa bangga dan cinta tanah air yang dapat di implementasikan dalam berbagai bidang kehidupan baik nasional maupun internasional.
Cara melacak sejarah melalui karya sastra yaitu dengan cara, sastra bisa menjadi rujukan atau bahan data untuk mengetahui peristiwa sejarah.  Dalam hal ini, adanya keterkaitan antara konteks dan teks sastra dengan berbagai kekuatan sosial, ekonomi, politik yang melingkupinya.  Dengan menekankan kajian antara teks dan sejarah akan membantu menemukan potongan sejarah yang kabur atau hilang, dengan kata lain karya sastra ikut membangun mereproduksi, mendeskripsikan norma (nilai-nilai) budaya melalui tindak verbal dan imajinasi kreatifnya, karena teks merupakan produk dari kekuatan sosial historis pada zamannya.  Akan tetapi, pada saat yang sama teks menghasilkan dampak sosial.  Jadi, kaitan antara karya sastra dengan sejarah adalah adanya kaitan intertekstual antara berbagai teks baik fiksi maupun  fakta.
Bahkan menurut Louis A. Montrose mengungkapkan hubungan yang sangat dekat mengenai keterkaitan sastra dan sejarah, yakni membaca sastra sama dengan membaca seajarah; membaca sejarah sama dengan membaca sastra.’ Critical essay ini di buat untuk menanggapi artikel ‘speaking truth to power with books’, yang di tulis oleh sejarawan fenomenal Howard Zinn.
Mikko lehtonen menyebutkan bahwa ‘dengan hormat untuk sisi fisik mereka kita dapat memikirkan bahwa teks adalah perkakas peradaban kuno komunikatif, dengan ata lain, instrumen di hasilkan manusia dari komunikasi.’ Dengan jelas Lehtonen berpendapat bahwa manusia menghasilkan instrumen berupa artefak (teks) sebagai bentuk komunikasi.  Dalam artikelnya Zinn, mengemukakan efek sebuah karya sastra (buku) yang dapat mempengaruhi hidup seseorang – bukan mengubah dunia.  Zinn juga mengungkapkan adanya keterkaitan yang sangat besar dari sebuah karya sastra (buku) dan sejarah dalam mengubah pola pikir seseorang.
Pertama, menurut Zinn bahwa pembawa akan menemukan sebuah ide atau gagasan yang tidak pernah terfikirkan sebelumnya.  Buku sebagai wahana komunikasi antara penulis dan pembaca dapat memberikan makna baru bagi pembaca, karna dalam sebuah teks yang di maksud dengan semogenesis (proses pembentukkan makna) yakni bahasa yang mempunyai sumber daya dengan mana orang-orang dapat menciptakan arti lagi,’ (Halliday dan matthiessen, 1999 yang di kutip oleh Paul Tench dalam bukunya ‘proses dari semogenesis pada intonasi Inggris).
Kedua, mengenai kemungkinan yang membentur bahwa kita tidak semuanya mempunyai minat sama.  Ketiga, mengenai fakta yang di sajikan, secepat fakta yang di keluarkan di dunia (kamu meletakkan mereka terbongkar dari opsi dunia atau orang lainmereka terbongkar kamu), mereka mewakili satu pertimbangan, yang berarti segera setelah fakta-fakta yang di sajikan di dalam buku di publikasikan kepada dunia, maka akan ada beberapa orang yang akan menghakimi ketika buku tersebut tidak sesuai dengan apa yang sudah di yakini selama bertahun-tahun.
Ke empat, mengenai ‘ orang-orang meyakini mereka mengetahui apa pun ketika mereka alangkah tidak melakukan’.  Kelima, mengenai pemikiran daftar pustaka dari kemustahilan.  Alasan sebuah tulisan disebut akademik yaitu:
1)       Di dasari suatu argumen atau ide utama (thesis statement)
2)      Di dukung penalaran dan bukti-bukti logis (misal fakta)
3)      Diangkat dari riset formal
4)      Tidak subjektif / memihak pada suatu pihak
5)      Artikel akademik bukan kumpulan fakta, tapi evaluasi analisa dan kritik terhadap fakta
 Ciri-ciri artikel akademik yaitu:
1.      Jelas/clear yangmana harus dapat di fahami oleh pembaca setiap kalimat yang di tulis
2.      Jelas/ concise yaitu tulis yang harus di tulis
3.      Logis/coherence yaitu gunakan struktur kalimat yang logis
4.      Lengkap/ complete yaitu jangan membiarkan kalimat – kalimat menggantung
5.      Tepat/correct yaitu gunakan kata-kata secara tepat
 Ciri – ciri bahasa tulisan akademik
1.      Menggunakan bahasa formal
2.      Menghindari kata-kata personal
3.      Menghindari pertanyaan retorika adalah pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban atau akan di jawab oleh penulis sendiri.
4.      Ekonomik kata
 Jenis artikel akademik
1)      Deskriptip
2)      argumentatip
Menurut Milan Kundera (di L’art duroman 1986), untuk menulis berarti untuk penyair untuk menghancurkan dinding di belakang yang sesuatu yang “selalu ada” kulit.  Dalam hal ini, tugas penyair tidak berbeda dari karya sejarah yang juga menemukan daripada menciptakan’.  Sejarah seperti penyair mengungkapkan dalam situasi yang selalu baru, kemungkinan manusiasampai sekarang tersembunyi.  Apa sejarah tidak perduli pencekik bahkan adalah misi untuk penyair.  Untuk naik ke puisi ini, penyair harus menolak melayani kebenaran yang diketahui sebelumnya, kebenaran sudah jelas,”karena mengambang di permukaan”.  Karena sejarah itu merupakan proses yang tiada akhir dalam penciptaan manusia , itu bukan karena alasan yang sama (dan dengan cara yang sama).  Sejarah bagian yang penting dari literasi (Gist) dimulai dari “endless process of human”.  Sejarah juga merupakan proses penciptaan yang tidak akan pernah putus dan discovery pun tidak akan putus. 
Menurut Milan Kundera yaitu poet + historian = linguist, agar bisa membongkar rahasia contohnya Howard Zinn mencari jejak Colombus di India, namun tidak sepenuhnya Howard Zinn mengungkap fakta mengenai Colombus.  Ini merupakan pertanyaan yang sangat besar.  Historian + linguist = values secara diakronik untuk menghasilkan hasil yang sangat bagus.
Salah satu tugas utama penulis yaitu untuk mengungkap kemungkinan  kemungkinan baru pemahaman, menjangkau bentuk-bentuk dari pemahaman meliputi tiga tahap penting yaitu meniru – menemukan – membuat.  Menulis adalah masalah menciptakan affordances dan mengeksplorasi potensi makna menulis adalah sebuah semogenesis pernyataan tesis merupakan tahapan yang sangat penting untuk membuat dialog awal dengan pembaca di harapkan.
Peer-review dalam waktu satu jam (45 menit) apa yang harus menilai antara dua parameter dasar yaitu kesatuan dan koherensi (lihat rincian di bahan tambahan).  Bagaimana jika saya mengusulkan 40% untuk Unity dan 60% untuk coherence.  Bawa dua teks : teks-teks revisi baru di tambah dengan yang lama.  Lampirkan dua makalah dengan menggunakan klip kertas, pastikan bahwa kertas itu bebas dari kesalahan tata bahasa dan unsur-unsur kesatuan dan koherensi secara strategis terpenuhi.





Hasil dari 1000 kata minggu yang lalu dalam bahasa Inggris, kepunyaan saya itu kurang memuaskan.  Jadi, minggu depan harus di revisi dengan format yang baru di simpan di atas dan yang lama dibelakang lalu di jekrep dan keseluruhan di satukan dengan map yang sama.  Harus melihat pada generic structure, berpacu dalam syllabus mengenai peraturan.  Peraturan peer-review point 8, diantaranya yaitu sebagai berikut:
a)      Format harus benar





Text Box: Introduction
— This paper offers a critical insight/perspective on Howard Zinn’s article entitled “Speaking Truth to Power with Books”.
Text Box: Summary
— There are several basic points that Zinn wrote on Columbus, whom we ridicolusly percieve as the hero/the discoverer of America.  First.....Second....Third.....

 
                                                                                                        




Text Box: Critique
— There are four points on Columbus that are neglected in Zinn’s article.  First....second...third....fourth.....
 
Text Box: Conclusion
— There are two basic points that can be concluded from Zinn’s article......



                

                                                                                                  
                                                                                               
b)      Howad Zinn mengkritisi teks darinya
c)      Terapat issue dan interpretasi
d)     Text hasrus balance, avarage atau berat sebelah
e)      Memiliki generic structure seperti “first..., second....., third...”.
f)       Meletakkan your own experience
g)      Where does summary summary “introduction”.
            Sama halnya dengan debate terdapat aspek-aspek tertentu seperti “matter, maaner and methode”.  Harus menulis “introduction”, sama halnya dengan seles selalu ada kalimat pembukaan dalam mengganti basa-basinya pemeriksaan progress kelas di periksa.
            Maka, konten yang benar dan bagus itu adalah terdapat konten persyaratan essay.  Pengertian dari esay itu sendiri adalah sering di sebut juga artikel, tulisan atau komposisi.  Esay secara istilah yaitu sering di fahami sebagai sebuah karangan.  Secara umum, esay di definisikan sebagai sebuah karangan singkat yang berisi pendapat atau argumen penulis tentang suatu topik.
 Ciri –ciri esay yaitu berkaitan dengan jumlah kata dalam sebuah esay, tidak ada aturan baku yang menyebutkan berapa jumlah kata dalam satu esay.  Terkait dengan jumlah kata beberapa buku komposisi memberikan batasan yang lebih jelas, sebuah karangan di kategorikan esay bila karangannya berjumah 500-1500 kata.  Bila esay ini diketik dalam microsoft word jumlah halaman yang di hasilkan berkisar tiga-tujuh halaman dalam kertas ukuran A4 font 12 spasi 1,5.  Jika esay tersebut melebihi aturan yang berlaku maka itu disebut juga exteded essay (essay yang di perpanjang).  Ciri yang sangat menonjol dalam esay yaitu gaya bahasanya, pemilihan kata, struktur kalimat dan gaya penulisan merupakan hal terkait erat dengan penulis essay.   Semakin sering seseorang menulis essay, maka semakin mudah tulisan essay dikenali.  Misalnya tulisan essay dari Gunawan Muhammad tentu berbeda dengan essay yang ditulis oleh Bakti Sumanto atau oleh Umar Kayam.
 Essay sering di jadikan alat uji untuk mengukur intelegensi seseorang, karena seseorang berpengetahuan luas akan dapat menyampaikan gagasannya secara runtut, logis dan menarik.  Dengan banyak membaca, kita akan memiliki lebih banyak gagasan untuk di tulis.  Persoalan utama tinggal mewujudkan gagasan yang sudah tertanam dalam benak melalui tulisan yang harus terus menerus di latih agar semakin sempurna.
Essay adalah masing-masing penulisan yang mengembangkan satu topik ke beberapa alinea (pengantar, body paragrap, kesimpulan).  Satu essay yang mempunyai tiga utama terpisah yaitu:
A.     Satu alinea pengantar
Untuk memulai menulis satu pengantar dapat mudah selesai jika kamu mengingat bahwa satu pengantar memiliki empat penggunaan yaitu:
a)      Memperkenalkan topik essay
b)      Memberikan satu latar belakang umum dari topik
c)      Menandai “rencana keseluruhan essay”
d)     Membangunkan daya tarik pembaca pada topik mempunyai tambahan pengantar yang penting:
                                                                               I.             Pengantar umum secara ringkas pengantar umum :
ü  Memperkenalkan topik dari essay dan
ü  Memberikan keterangan latar belakang pada topik
                                                                            II.            Satu pernyataan disertasi, kesimpulan satu pernyataan disertasi:
ü  Menyatkan topik utama
ü  Mendaftarkan anak cabang dari topik
ü  Boleh menandai cara dari organisasi kertas seluruh
ü  Kalimat terakhir pada alinea pengantar
Essay adalah masing-masing penulisan yang mengembangkan satu topik ke beberapa alinea.
B.     Body paragrap
Masing-masing alinea mengembangkan satu anak cabang dari topik, sehingga angka alinea tubuh membedakan dengan angka dari anak cabang.  Titik utama dari alinea tubuh, dan alinea kedua sebagai organisir ide oleh order kronologis atau dengan perintah kepentingan dapat di organisir pada satu essay di jaan yang sama.
C.     Kesimpulan
Merupakan hal yang sangat penting dari essay, menulis ulang pernyataan disertasi pada perkataan berbeda.  Harus menulis satu kuat, pesan efektif yang akan di ingat alinea simpul terdiri dari:
ü  Satu rangkuman dari titik utama atau
ü  Satu uraian baru dari disertasi pada perkataan yang berbeda dan
ü  Akhirnya itu menafsirkan pokok materi
Satu-satunya elemen tambahan pada satu essay adalah menghubungkan ekspresi di antara alinea dari tubuh.  Ini adalah seperti halnya peralihan pada satu alinea.  Seperti yang dapat dilihat penulisan essay sebenarnya sama halnya penulisan satu alinea, satu essay lebih panjang.






KESIMPULAN
Jadi intinya pada pagi hari pertemuan yang ke tujuh membahas:
1.      Mengenai thesis statement
2.      Menganalisa peer-review
3.      Pentingnya mempelajari sejarah
4.      Mengenai essay
5.      Semogenesis menghasilkan meaning
6.      Melacak sejarah melalui karya sastra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

a space for comment and critic