Toward
the End Point
Senja sore yang akan semakin gelap, cahaya matahari
yang semakin berubah, burung-burung yang bergegas pergi. Tongkat inspirasi yang menjadi pondasi
pertama dalam mengawali langkah-langkahku.
Percaya diri yang ada dalam benakku, membuat hatiku optimis
untukmenghadapi kehidupan ini. Kita bisa
memeluk dunia dengan mudahnya, jika kita mempunyai segudang ilmu. Ilmu adalah gerbang utama untuk menuju
kesuksesan. Dalam benak saya selalu
berpikir, bagaimana caranya untuk memeluk dunia? Artinya, kita berlomaba-lomba untuk mencari
ilmu walaupun sampai ke negeri China. Terbayang
dalam mimpi, terbangun dalam tidu.
Itulah rasa yang saya rasakan kali ini.
Segala aktivitas yang saya lakukan pasti selalu mengingat sebuah tugas. Dalam hati yang sepi, jiwa yang gelisah dan
pikiran yang kosong, selalu memikirkan sebuah tugas.
Suara alarm yang begitu dahsyat membuat
mimpi-mimpiku menjadi terpotong, suara adzan yang berkumandang, membuat saya
bergegas untuk menyelasaikan tugas ini. Dalam
pembahasan kali ini saya akan membahas tentang “Thesis Statement” karena dalam
sebuah penulisan, thesis statement sangat diperlukan untuk memperjelas argument
kita dan pembaca juga bisa mengetahui topic yang kita bahas pada sebuah
tulisan.
The
Writing Center (UNC College of Arts and Action)
What this Handout is
about
Handout
ini menjelaskan tentang apa pernyataan tesis, bagaimana pernyataan tesis
bekerja atau memperbaiki satu untuk draft.
Introduction
Menulis di Perguruan Tinggi sering
mengambil bentuk persuasi-meyakinkan orang lain bahwa kita memeliki sisi
menarik dalam menulis, sudut pandang logika pada subjek yang kita
pelajari. Persuasi adalah keterampilan
kita berlatih secara teratur dalam kehidupan sehari-hari kita. Contohnya kita membujuk teman sekamar kita untuk
membersihkan, ataupun teman kita untuk memilih calon faforit kita dalam hal
kebijakan. Di perguruan tinggi, tugas
kursus sering meminta kita untuk membuat kasus persuasive secara tertulis. Kita akan diminta untuk menyarankan pembaca
tahu bahwa dalam tulisan tersebut memiliki sudut pandang kita sendiri. Bentuk persuasi sering disebut argument
akademis, mengikuti pola diprediksi secara tertulis. Setelah pengenalan singkat dari topic anda,
anda mengatakan sudut pandang anda pada topic secara langsung dan sering dalam
satu kalimat. Kalimat ini adalah
pernyataan tesis, dan berfungsi sebagai ringkasan dari argument anda akan
membuat disia kertas anda.
Thesis statement is
·
Memberitahu pembaca
bagaimana anda akan menafsirkan pentingnya materi pelajaran yang sedang
dibahas.
·
Adalah peta jalan untuk
kertas, dengan kata lain, ia memberitahu apa yang pembaca harapkan.
·
Langsung menjawab
pertanyaan diminta dari anda.
·
Tesis merupakan
interpretasi dan pertanyaan atau subjek, bukan subjek itu sendiri. Subjek atau topic dari sebuah esai mungkin
perang dunia II atau Moby Dick, tesis maka harus menawarkan cara untuk memahami
perang atau novel.
·
Membuat klaim bahwa
orang lain mungkin membantah.
·
Biasanya satu kalimat
disuatu tempat di paragraph pertama anda yang menyaikan argument anda pada
pembaca. Sisa kertas, body esai,
mengumpulkan dan mengatur bukti yang akan membujuk pembaca logika penafsiran
anda.
How do I get a thesis?
Tesis
adalah hasil dari proses berpikir yang panjang. Merumuskan tesis bukanlah hal pertama yang
anda lakukan setelah membaca tugas esai.
Sebelum anda mengembangkan argument tentang topic apa saja, anda harus
mengumpulkan dan mengatur bukti mencari kemungkinan hubungan antara fakta yang
anda ketahui (seperti kontras mengejutkan atau kesamaan), dan berpikir tentang
pentingnya hubungan ini. Setelah anda
melakukan pemikiran ini, anda mungkin akan memiliki “working thesis” ide dasar utama argument yang anda piker, anda
dapat mendukung dengan bukti tapi itu mungkin perlu penyesuaian di sepanjang
jalan.
Penulis menggunakan sehgala macam
teknik untuk merangsang pemikiran mereka dan untuk membantu mereka memperjelas
hubungan atau memahami makna yang lebih luas dan topic yang tiba di thesis
statement, untuk ide-ide lebih lanjut tentang bagaimana untuk menmulai, lihat
handout kami pada brainstorming.
How
do I know if my thesis is strong?
Jika ada waktu, menjalankannya
dengan instruktur anda atau membuat janji di pusat ]menulis untuk mendapatkan
umpan balik. Bahkan jika anda tidak
punya waktu untuk mendapatkan nasihat di tempat lain, anda dapat melakukan
beberapa evaluasi tesis anda sendiri.
Ketika meninjau draft pertama anda dan tesis yang bekerja, tanyakan pada
diri sendiri sebagai berikut:
·
Apakah saya menjawab
pertanyaan? Re- reading pertanyaan yang cepat setelah membangun tesis bekerja
dapat membantu anda memperbaiki argument yang mendukung focus pertanyaan.
·
Apakah saya mengambil
posisi bahwa orang lain mungkin menantang atau tidak? Jika tesis anda hanya
menyatakan fakta bahwa tidak ada yang akan, atau bahkan bisa, tidak sejutu
dengan itu mungkin bahwa anda hanya menyediakan ringkasan daripada membuat
argument.
·
Apaka thesis statement
saya cukup spesifik? Thesis statement
yang terlalu rumit sering tidak memiliki argument yang kuat: jika tesis anda
berisi kata-kata seperti “good” atau “success” lihat apaka anda bisa lebih
spesifik: mengapa sesuatu “good” apa yang secara khusus membuat sesuatu
“success?”
·
Apakah tesis saya lulus
“so what?” test? Jika pembaca respon
pertama adalah, “so what?” maka anda
perlu menjelaskan untuk menjalin hubungan atau menghubungkan ke masalah yang
lebih besar.
·
Apakah esai saya
mendukung tesis saya secara khusus dan tanpa berkeliaran? Jika tesis anda dan body esai anda tampaknya
tidak pergi bersama-sama, salah satu dari mereka harus berubah. Ini untuk mengubah tesis anda bekerja untuk
mencerminkan hal-hal yang sudah tahu dalam rangka penulisan masalah anda. Ingat selalu meninjau kembali dan merevisi tulisan
anda yang diperlukan.
·
Apakah tesis saya lulus
“How and Why?” tesis anda mungkin
terlalu terbuka dan kurang bimbingan bagi pembaca. Lihat apa yang dapat anda tambahkan untuk
memberikan pembaca mengambil lebih baik pada posisi anda benar dari awal.
Sekarang
saya akan membahas tentang “ideology and value”. Kita berada pada level of relevance. Pembahaan kali ini masih membahas tentang
Columbus tetapi berdasarkan ideology.
Sebelum itu saya akan membahas yang pada Mr Lala yaitu:
Katanya, tugas mereka yang tercerahkan--kaum literat--adalah
meneroka ceruk ceruk 'baru' tempat pengetahuan dan keterampilan yang mereka
pungut, kumpulkan dan kuasai dalam perjalanan hidupnya sebagai bagian sederhana
dari cinta mereka pada pengetahuan dan pemberi pengetahuan. Mereka yang hanya
baru tahu teori ini dan itu dari 'suara-suara penuh kuasa' di bidang yang
mereka geluti, belumlah dapat dikatakan yang tercerahkan--literat.
mereka baru pada fase awal; peniru.
Meniru adalah bagian penting dari menemukan lalu
menciptakan, dari memahami affordance dan
meaning potential tanda tanda yang terserak, yang dibaca dengan teori ini dan
itu. Yang berbahaya adalah ketika kita merasa sudah mendesiminasi, pun meneroka
padang-padang baru tempat segala teori yang dipahami digunakan, padahal kita
baru sampai pada tahap meniru. Lalu kita dengan pongahnya mengatakan 'ini salah
itu tak benar", tanpa dasar yang 'tak bergetar' pada mereka yang berada di
titik awal menjadi peniru. Kita merasa bahwa hapal saja teori ini dan itu,
telah membuat kita menjadi bagian dari "Rejim kebenaran tak
terbantahkan". Begitu banyak yang
harus dipelajari, dipahami lalu dimaknai; lebih banyak dari alasan menjadi
sombong sebab apa yang baru kita sedikit ketahui.
Jadi, kita masih berada pada fase awal, dan bermula
menjadi seorang peniru. Dengan meniru, kita bisa mengetahui ilmu-ilmu dan kemudian
kita bisa tambahkan dengan pemahaman kita.
Sebelum kita mempunyai fakta yng real bahwa tulisan ini benar dan itu
salah, kita jangan mengatakan seperti itu.
Kita harus lebih banyak mempelajari, memahami, dan mengetahui sebuah
tulisan. Dengn begitu, kita bisa
memprediksi kemampuan kita.
Fowler
(1996: 10): “seperti sejarahwan linguistic kritis bertujuan untuk memahami
nilai-nilai yang mendukung formasi social, ekonomi, politik dan diakronis,
perubahan nilai dan perubahan formations.
Fowler
(1996:12): “ideology ini tentu saja baik media dan alat proses sejarah.”
Ideology
dimana-mana disetiap teks tunggal (lisan, tertulis, audio, visual) atau
kombinasi dari semua itu (Fowler 1996).
Produksi
teks tidak pernah netral! (Fairclough, 1989; 1992; 1995; 2000 Lehtonen
2000). Literasi tidak pernah netral
(Alwasilah 2001;2012) oleh karena itu,
membaca dan menulis selalu termotivasi secara ideologis.
Discourse Semantics and
Ideology
Teun A. Van Dijk
University of Amsterdam
Konsep dasar ideology
Teori ideology yang menginformasikan
analisis kita dalam banyak hal berbeda dari pendekatan filosofis dan sosiologis
yang berlaku yang menjadi cirri ratusan buku dari ribuan artikel tentang
ideology diterbitkan karena pengenalan konsep Destutt de Tracy di abad ke-18 (untuk
survey awal dan diskusi, misalnya pusat contern temporer study budaya, 1978:
Eagleton, 1991: Larra in, 1979; Rosenberg, 1988; Thompson, 1984, 1990). Yang paling sulit di pahami dari pengertian
teoritis dalam humaniora dan ilmu social.
Meskipun ilmiah sombong untuk ingin memakai dari awal dalam cahaya
seperti jumlah berlimpah upaya sebelumnya.
Pertanyaan yang penting, seperti sturtur interal ideology atau hubungan
rinci antara ideology, wacana, dan praktek social lainnya. Jadi, pendekatan khusus untuk ideology,
sebagian bertentangan dengan pendekatan lain, kita dapat menyoroti asumsi
sebagai berikut:
a)
Ideology
are cognitive
Meskipun ideology jelas bersifat
social dan politik, dan terkait dengan kelompok-kelompok dan struktur social,
mereka juga memiliki dimensi kognitif penting.
Secara intituitif, mereka melibatkan onjekmental seperti idei-ide,
pikiran, keyakinan, penilaian dan nilai-nilai.
Artinya, salah satu untur definisi mereka menyiratkan bahwa mereka
adalah “system kepercayaan” hal ini terutam dalam study social dan politik
kognisi bahwa system kepercayaan tersebut telah diperiksa secara rinci (Lyengar dan Mc Guire, 1993; Lau dan Sears,
1986)
b)
Ideologies
are social
Setidaknya sejak Mark and Engels,
ideology memiliki saat yang sama telah didefinsikan dalam sosiologis atau
istilah sosio-ekonomi, dan biasanya berhubungan dengan kelompok, atau posisi
kelompok dan kepentingan atau konflik kelompok seperti kelas, jenis kelamin
atau “ras” perjuangan, karenaya untuk kekuatan social dan dominasi serta kebingungan
mereka dan apakah ideology hanya terbatas pada hubungan dominasi adalah mesalah
pertentangan, tetapi dalam pandangan kami sebagian besar merupakan masalah
pilihan dan definisi, dan bukan property penting dari konsep yang berguna
ideology. Artinya, “dominan ideology”,
dalam eksklusif rasa ideology “kelompok” dominan atau ideology yang dipaksakan
oleh dominan kelompok adalah kasu khusus dari ideology, dan tidak karakteristik
semua ideology (Abercronbie et al, 1980,
1990)
c)
Ideologies
are sociocognitive
Bertindak sebagai interface antara
kognitif dan social, ada dimensi penting dari system kepercayaan social,
seperti pengetahuan, penadapat, dan sikap.
Artinya, ideology dasarnya dibagi (atau diperebutkan) oleh anggota
kelompok social. Dengan cara yang sama
karena tidak ada bahasa “pribadi” menurut definisi kami, tidak ada ideology
pribadi. Gagasan “akal sehat “, karena
Gramsci sering berhubungan dengan social dan penerimaan ideology politik (Balai
et al, 1978 h), dan secara teoritis dikembangkan dalam analisis
ethonomethodological anggota social “mengambil untuk diberikan” (Sharrock and
Anderson, 1991), adalah contoh gagasan khas yang telah baik dimensi kognitif
dan social. Dalam cara yang sama seperti
(tatabahasa, norma-norma, dan aturan) bahwa alami, ideology keduanya kognitif,
sementara melibatkan prinsip-prinsip dasar pengetahuan social, penilaian,
pemahaman, persepsi, dan social, sementara yang dimiliki oleh anggota kelompok
atau lembaga, dan terkait dengan kepentingan social-ekonomi dan politik dari
kelompok-kelompok disana.
d)
Ideologies
are not “true” or “false”
Ini tidak berate bahwa baik feminis
mungkin tidak memiliki benar ‘keyakinan tentang dominasi laki-laik atau
lingkungan hidup tentang pencemaran’, mengingat spesifik standar epistemologis (ilmiah
atau lainnya) dan criteria pengetahuan dan kebenaran (Kornblith, 1994). Tapi contoh ini menunjukkan bahwa ideology
pada umumnya tidak secara khusus ‘benar’ atau ‘salah’. Sebaliknya mereka mewakili kemungkinan
partisan, melayani melayani diri ‘kebenaran’ dari kelompok social. Dalam hal ini, mereka lebih atau kurang
relevan atau kerangka efisien interpretasi (tindakan) untuk kelompok-kelompok
tersebut jika mereka mampu mamajukan kepentingan kelompok.
e)
Ideologies
may have various degrees of complexity
Ideology sebagaimana didefinisikan
disini tidak perlu sepenuhnya system maju dan eksplisit keyakinan. Disisi lain, meskipun penelitian menunjukkan
bahwa tidak semua orang memiliki sangat eksplisit politik ideology, mereka
mungkin memiliki ideology yang lebih detail tentang kelompok masalah social
lainnya yang relevan. Ideology ini dapat berkisar dari yang
sederhana sampai yang sangat kompleks, dan terdiri dari sebuah preposisi dasar
sedikit atau kerangka besar seperti ideology ‘demokrasi’ atau ‘sosialisme’. Memang, tidak seperti penggunaan istilah
ideology dalam teks sehari-hari dan berbicara, ideology tidak terbatas pada
utama filosofis atau politikisme (Skidmore,
1993).
f)
Ideologies
have contextually variable manife stations
Ekspresi ideologis anggota kelompok
sering muncul untuk tidak hadir, samar-samar, bingung, bertentangan atau tidak
koheren tidak berarti bahwa ideology sendiri bertentangan atau bahwa ideology
tidak ada di tempat pertama. Pribadi dan
variasi wacana kontekstual ideologis dan tindakan. Misalnya:
·
Fakta bahwa orang-orang
anggota, atau mengidentifikasi dengan beberapa, kadang-kadang saling
bertentangan, ideology dan nilai-nilai (Tetlock,
1993).
·
Norma-norma social umum
atau hukum (misalnya diskriminasi) menghambat ‘bebas’ tindakan berdasarkan
ideology.
·
Kendala kontekstual
(tujuan, kesopanan, impression management, dan lain-lain)
·
Pengalaman pribadi,
biografi, motivasi, emosi, dilemma (Billing,
1988) dan prinsip-prinsip dari setiap anggota social.
g) Ideologies
are general and abstract
Dari perspektif
ethnomethodological, variabilits kontekstual (ekspresi) ideology mungkin
diambil sebagai bukti bahwa ideology yang diproduksi secara local, dan bahwa
tidak ada umum, system abstrak harus perlu dipostulasikan (Button,1991). Teori ini,
kami mengusulkan pendekatan alternative bahwa ideology yaitu “sebagai system
abstrak” adalah situasi yang independen, dan bahwa hanya mereka mungkin
ekspresi variable diproduksi secara local dan dibatasi oleh kontekstual.
kerangka
teoritis untuk dikembangkan disini dapat diringkas sebagai berikut: ideology
adalah kerangka dasar kognisi social bersama oleh anggota kelompok social,
merupakan dengan pilihan yang relevan dan nilai-nilai social budaya, dan
terorganisir oleh skema ideologis yang mewakili definisi dari kelompok. Selain fungsi
social mereka mempertahankan kepentingan kelompok. Ideology memiliki fungsi kognitif
pengorganisasian representasi soaial (ketinggian pengetahuan) kelompok, dan
dengan demikian secara tidak langsung memantau terkait kelompok social praktis,
dan karenanya teks juga anggota berbicara.
Sebelum kita menelaah cara-cara edeologi
mengendalikan makna wacan, kita secara singkat beberapa konsep utama dari
kerangka teori ini.
Value
Tidak seperti pengetahuan, ideology
sebagaimana didefinisikan disini adalah kognisi social yang pada dasarnya
evaluative. Mereka memberikan dasar
tentang apa yang baik dan apa yang buruk, benar atau salah, dan dengan demikian
juga menyediakan pedoman dasar untuk persepsi social dan dasar dari ideology
adalah nilai-nilai social budaya, seperti kesetaraan-keadilan, kebenaran atau
efisiansi. Biasanya, nilai-nilai
tersebut tidak terbatas pada kelompok-kelompok tertentu, tetapi memiliki
relevansi budaya yang lebih luas. Ini
berarti bahwa mereka mungkin bmemiliki budaya spesifik dan budaya variable,
meskipun beberapa nilai mungkin yang universal (Hofstede, 1980; Rokeach, 1973,1979).
Masing-masing
kelompok sosial diasumsikan untuk membuat pilihan sendiri tertarik dari
nilai-nilai ini, dan memberikan hirarki kepada mereka sebagai fungsi posisi dan
tujuan sosialnya. Misalnya, feminis dan
anti-rasis mungkin menekankan freedom, professor dan wartamawan nilai-nilai
kebenaran dan keandalan sebagai criteria dasar ideologis tujuan dan tindakan
mereka (Eisenberg et al, 1989). Dengan demikian, untuk setiap kelompok,
nilai-nilai ini dapat diharapkan untuk membentuk criteria evaluative dasar
untuk pendapat yang mendefinisikan system ideologis.
Definisi ideology ini dari hubungan
kelompok-kelompok lain adalah bagian yang lebih kompleks yaitu skema yang
mengatur ideology yang lainnya kognisi social (Fiske and Taylor, 1991; Lyengar and Mc Guire, 1993; Lau and Sears,
1986). Arinya, jika semua anggota
social mengembangkan ideology sebagai fungsi keanggotaan kelompok mereka, dan
kebutuhan untuk melakukannya berulang-ulang dan efisien, maka kita daoat
mengasumsikan bahwa mereka juga mengembangkan skema structural yang spesifik
dan variable aksioma ideologis akan cocok.
Skema tersebut terdiri dari sejumlah kategori dasar, dari beberapa aturan
atau strategi yang mendefinisikan atau memproses hubungan antara kategori ini.
Dalam rangka untuk meawakili kepentingan dasar
(sendiri) kelompok, kita sementara menganggap bahwa ideology dapat dipahami
sebagai semacam skema diri kelompok.
Terhadap latar belakang teori sosiologis kelompok dan formasi social, skema ini terdiri dari sejumlah kategori
dasar pengorganisasian, evaluative yang preposisi mendefinisikan (jenis
kelompok):
Ø Identity/ membership:
siapa milik kelompok dan siapa yang tidak termasuk kelompok. Hal ini sangat jelas untuk rasi etnosentris,
ideology xenophobia atau nasionalis, menurut kita kulit putih milik Eropa, dan
lain-lain tidak harus diakun, setidaknya tidak seperti warga yang sama (Miles,
1980; Van Dijk, 1984,1987). Kategori ini
biasanya memiliki fitur didefinisikan diri yang mendasar (misalnya melekat atau
lebih atau kurang permanen) sidat kelompok, seperti asal, pemnampilan, etnis,
genre, bahasa-agama, dan sebagainya.
Ø Task/Activities:
apa yang biasa kami lakukan? Apa yang
diharapkan dari kita? Apa peran atau
tugas kelompok kami? Dengan demikian,
journalist jelas (self) dipresentasikan sebagai menulis berita, professor
sebagai pengajaran dan sebagai melakukan penelitian, dan feminis sebagai
terlibat dalam tindakan terhadap Chauvinisme.
Kategori ini biasanya mendefinisikan (ideology) professional kelompok
dan peran social, seperti professor dan tukang kayu, ibu dan ayah, kelompok
aksi dan serikat pekerja.
Ø Goal:
tindakan kelompok khas biasanya dilakukan dalam pandangansatu atau lebih
keselut=ruh social. Tujuannya untuk
menginformasikan kapada masyarakat atau untuk bertindak sebagai pengawas
masyarakat; dokter sebagai mempromosikan kesehatan; dosen sebagai pengajar
untuk mendidik atau melakukan penelitian untuk menemukan kebenaran.
Ø Norms/values:
untuk setiap kelompok, tugas dan tujuan dikenakan pilihan tertentu. Sekelompok criteria ideologis untuk
penilaian, yaitu norma dan nilai-nilai.
Norma dan nilai biasanya menentukan kelompok politik dan agama, seperti
liberal dan konservatif, katolik dan protestan.
Ø Position:
setiap kelompok mendefinisikan dirinya tidak hanya dengan karakter yang
terkandung di dalamnya istics, tugas, tujuan, dan nilai-nilai untuk penilaian
mereka, tetapi juga dalam kaitannya dengan spesifik kelompok lain: wartawan
sehubungan dengan public (actor berita), dosen yang berkenaan dengan mahasiswa
dan lain-lain. Artinya, posisi kategori mendefinisikan teman dan musuh, sekutu dan
musuh, awandan pendukung, serta hubungan social dominasi dan persaingan antar
kelompok dan konflik.
Ø Resources:
semua kelompok bertahan atau memperbaiki diri jika mereka memiliki akses ke
sumber daya social yang langka. Kelompk
tertentu di definisikan oleh mereka (istimewa) akses ke materi tertentu atau
sumber daya simbolik, seperti kewarganegaraan, timpat tinggal, status, hak
asasi manusia, hormat, pekerjaan, kesehatan, perumahan, kesejahteraan,
pendapatan, pengetahuan atau wacana public.
Semua kategori ini bersama-sama menentukan apa yang
secara tradisional disebut (but hardly analyses as) kepentingan social. Sekali lagi harus ditekankan bahwa kategori
ini dan isi profosional mereka tidak mencerminkan realitas social, tetapi
konstruksi ideologis melayani diri sendiri, citra diri dari kelompok-kelompok
lain (Abrams dan Hogg, 1990; Turner dan
Giles, 1981).
Ayat utama:
Emulate-meniru +
Discover-Mencari ceruk baru + Create- menciptakan
|
Artinya, kita sebagai penulis baru, tahap yang
pertama kali kita lakukan yaitu meniru (emulate). Dengan meniru, kita bisa mengetahui
pengetahuan/wawasan yang lebih luas.
Sebagai penulis baru, kita wajar jika dalam menulis terdapat
meniru. Karena dalam menirulah kita bisa
mengetahui bagaimana cara menulis dengan baik.
Tahap kedua yaitu discover (mencari cerukbaru), kita mengumpulkan data
yang sebanyak-banyaknya untuk bahan penulisan kita. Setelah kita sudah mengumpulkan data dan
fakta-fakta sebagai topic pembahasan kita, kita bisa menginjak tahap yang
ketiga yaitu create. Di dalam tahap
create inilah pikiran kita mulai menciptakan sebuah tulisan.
The enlightened + the literate = the issue of
knowledge
Affordance
(mempunyai kekuatan yang baru untuk menghasilkan sesuatu yang baru) + meaning
potential (semogenesis).
Process of Semogenesis
in English Intonation
By Paul Tench
Cardiff University,
Wales, Uk
Semogenesis, penciptaan makna, telah di promosikan
oleh Halliday dan Matthiessen (1999)
sebagai “pedoman” dalam presentasi
mereka tentang teori fungsional sistemik dari bahasa yang memiliki dalam
dirinya sendiri sumber daya dengan orang dapat menciptakan makna baru.
Semogenesis adalah istilah yang Halliday dan
Matthiessen (1999:17) diciptakan untuk merujuk pada penciptaan makna. Mereka menyarankan bahwa setidaknya ada 3
dimensi atau bingkai waktu untuk proses tersebut:
1. A
phylogenetic dimension: Dimensi filogenetik untuk mencakup evolusi dalam bahasa
dan dalam bahasa tertentu.
2. An
ontogenetic: Dimensi ontogenetic untuk mencakup perkembangan linguistic dalam
individu, meningkatkan repertoar linguistic individu.
3. A
logogenetic: Dimensi logogenetic untuk mencakup terungkapnya makna dalam wacana
actual.
Makna terus diciptakan, ditransmisikan, diciptakan,
diperpanjang dan di ubah (1999:18) dengan proses yang beroperasi di
masing-masing dimensi, atau kerangka waktu.
Dengan demikian secara umum, kemampuan manusia untuk menggunakan bahasa
untuk mengubah pengalaman kami menjadi tindakan komunikasi memungkinkan saya
sebagai seorang individu untuk berkomunikasi apa yang saya maksud dalam bahasa
tertentu pada suatu titik waktu tertentu.
Halliday dan
Matthiessen (1999: 18-22) kemudian menggambarkan
3 jenis proses dimana berarti potensi
dapat diperluas. Tanda linguistic
baru dapat di produksi, kami akan memnaggial proses ini “inovasi” atau tanda linguistic dapat di bagi untuk kelezatan
semiantik, kita akan menyebutnya proses “differentiation”,
dan tanda dapat “mendekonstruksi”,
yaitu makna dan yang realisasi dalam kata-kata dapat terlepas dari satu sama
lain dan kembali melekat pada susunan kata dan makna lainnya.
Mari kita menggambarkan masing-masing proses:
pertama, inovasi. Otogenetically saya
mungkin memperoleh tanda yang sebelumnya tidak saya ketahui. Misalnya, ketika saya diberi mercerized
adalah baru bagi saya. Proses kedua untuk menciptakan makna baru
adalah diferensiasi. Pada abad ke-16
Inggris, temptation disebut semua jenis pengujian, sehingga membawa kami dalam
percobaan adalah permohonan untuk cadangan kami dari segala bentuk pengujian
sama sekali. Proses ketiga untuk menciptakan makna baru adalah dekonstruksi. Dua bagian dari tanda makna, dan realisasinya
dalam kata-kaleng diidentifikasi secara terpisah. Halliday
dan Matthiessan (1999:21) menggambarkan proses ini awalnya oleh pemidsahan “kata
benda” sebagai realisasi.
Ini adalah hasil proses kreatif waktu dikelas membahas
tentang Howard Zinn dan Columbus.
Howard Zinn was a historian, playwright, and
activist. He wrote the legendary book,
entitled “A People’s History of the United States”. Zinn book certainly is the
courage to reveal the dark side of the history of the new continent. That book made the reader interesting
because explained about Chistoper Columbus.
He is very brief to explain about dark history about new continent
Subaltern in Spivak definition. He wrote
about history of Chistoper Columbus and people literate write about innouncent
version from coming kolonis. It is very interesting for me, when he is also through the
same critic with Zinn. That he is
taking a choice ideology in write history.
That he is explained about the facts is likes. The fact, Zinn
is the different boxer from point of view ring.
He
is explained about Chistoper Columbus, that Columbus never arrived in America
continent. Because 70 year before
Columbus arrived in America, earth think India, that is muslim from China,
named is Ceng Ho (Zheng He) arrived in America.
My
friend comment:
We must read the book howard zinn exactly about A
people’s history of the united states. And we must to know about the history
Columbus. Please more explore about the history, and please your attention full
stop and coma.
Jadi, dalam sebuah tulisan harus memiliki
thesis statement karena didalam thesis statement
kita sebagai penulis baru bisa menuangkan ide besar pada tulisan tersebut. Dalam sebuah wacana, ideology sangatlah penting.
Ideology adalah kerangkan dasar kognisi bersama
anggota kelompok social, dengan pilihan yang relevan dari nilai-nilai social, dan
terorganisir oleh skema ideologis. Dari ideologis
tersebutlah akan hadir sebuah value. Tulisan
kita pun harus mempunyai value agar seorang pembaca bisa mengerti makna dari tulisan
kita. Makna itulah yang disebut semogenis.
Ini merupakan tahap menuju titik akhir.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
a space for comment and critic