We are simple, but no simple impact. Proudly Presents, PBI C 2012. Happy Reading!

Course: Writing and Composition 4

Instructor : Lala Bumela

This website created by : College student from The State Institute of Islamic Studies Syekh Nurjati Cirebon, The Dapartment of English Education 2012.


widgets

Kamis, 13 Februari 2014

PEMANASAN DALAM WRITING CLASS


 Pagi itu di sambut dengan hujan yang sangat deras, cuaca pun berubah dari terang menuju gelap.  Tetapi, semangat dalam pembelajaran.  Hal, itu di karenakan dosen writingnya bersemangat.  Dosen writing kami kali ini, mr. Lala.  Tidak heran, dalam pembelajaran bersama beliau pasti ada olahraga class review, chapter review untuk makanan sehari – hari nya.  Hal demikian, sering buka log book untuk berolahraga di pagi hari begitu pun di malam hari.  Jika saya belum membuka log book, untuk mencoret – coret sebagai olahraga malam hari maka yang terjadi adalah akan mendapatkan mimpi buruk.  Itulah manfaat berolahraga di malam hari dan berolahraga di malam hari dan di pagi hari.
Beliau berpendapat, bahwa writing kali ini akan berbau akademik seperti reading, writing, listening.  Awalnya, beliau tidak berniat untuk membahas silabus. Tetapi akhirnya, beliau pun menjelaskan silabus. Beliau memberikan intruksi kepada kami, bahwa kami harus membaca silabus dalam waktu lima menit.  Hal tersebut bagaikan berpacu kuda, lima menit pun terasa tiga menit. 
Hal – hal yang baru dalam writing class kali ini, yaitu terdapat class review dan chapter review, critical review, dan argumen essay, individual presentatio, blogging dan final exam.  Untuk chapter dan class review masih sama, yaitu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.  Cara penilainnya pun masih sama:
A+
98-100
B+
87-89
C+
77-79


A
94-97
B
84-86
C
74-76
D
60-69
A-
90-93
B-
80-83
C-
70-73
F
<60

            Class review jangan kurang dari lima halaman, begitu pun dengan chapter review jangan kurang dari 10 halaman.  Di harapkan untuk konsultasi dengan beliau di staf jurusan, dengan menghubungi nomor telepon beliau.  Beliau pun menjelaskan kesibukan beliau untuk di semester sekarang ini.  Peraturan dalam belajar mengajar yaitu kelas harus bersih sebelum kelas di mulai, tidak boleh telat dari 10 menit, di harapkan reading and homework harus komplit.  Jika, tidak bisa mengikuti writing class “sms saja nomer beliau” tidak boleh menelpon.  Keadaan yang demikian pun jika dalam keadaan gawat darurat.  Tidak menghadiri kelas lebih dari tiga hari,  maka bersiaplah mendapatkan nilai rendah.  Tidak dapat mengikuti ujian susulan tanpa ada ijin dari dosen yang bersangkutan.  Tidak di perkenankan menggunakan handphone dan gadget lainnya selama pembelajaran, atur waktu dengan baik.  Untuk pria potongan rambut harus ok, jangan menggunakan kaos oblong.  Sedangkan untuk wanita yaitu jangan menggunakan perhiasan dan baju yang berlebih dan mencolok.
            Jari – jari mahasiswa pun terasa kaku.  Kurang tidur di malam hari, mata bengkak.  Tetapi, itu semua membuat diri kami menjadi lebih baik lagi dalam menulis.  Minimun critical review itu berkisar 2500 kata dalam bahasa indonesia, dan 3000 kata untuk bahasa inggris dalam argument essay.  Hal tersebut adalah peraturan dari progress test.  Telah tersedia dalam silabus beliau pun materi-materi yang akan di sajikan.
            Saya sangat yakin bahwa saya masuk ke IAIN Syekh Nurjati itu saya akan menggapai cita-cita yang saya inginkan menjadi yang terbaik.  Hal tersebut serupa dengan yang di ucapkan oleh beliau” I want to be the best, tidak ada alasan yang lain”.  Kiat sukses dalam hidup yaitu selalu bertanya karena mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, mencari data yang di butuhkan di waktu senggang sebagai bahan referensi. semuanya itu adalah kiat sukses dalam hal apa pun, baik itu phonology, writing 2 ataupun writing 4.
Akademik writing itu sangatlah sulit, tidak semudah dengan apa yang kita bayangkan. Kenapa demikian? Karena, gaya bahasa yang terpaku kaku dan baku.  Seperti contohnya I learn to completed, menjadi this study to completed.  Untuk menyempurnakannya bisa mencari buku-buku di belakang pascasarjana UPI Bandung.  Sekarang itu yang di butuhkan adalah seorang guru yang bisa menulis, karena hidup adalah choices.  Jadi, harus di tes terlebih dahulu dengan memenuhi syarat sebagai berikut:
Theory  Research
                   ACTIVITY
Semua itu harus bisa di aplikasikan theory nya dapat, research yang terpercaya, dan di tuangkan menjadi real activity yang bagus.  Orang – orang akan kuat daya ingatnya dengan menulis, karena sebelum menulis mereka mengalami proses membaca.  Hal tersebut akan membentuk:
TEXT CONTEXT
READER
Text, orang tersebut akan mencari bahan referensi yang akan di tuangkan ke dalam kontekstual yang nantinya di sajikan kepada reader.
A.  POKOK DARI WRITING 4
              Menurut hyland(2003) belajar, bagaimana untuk menulis dalam bahasa ke dua adalah satu aspek belajar yang telah berubah dari belajar bahasa ke dua.  Itu sejajar untuk berbicara Bahasa Inggris sebagai bahasa pertama, kemampuan untuk menulis efektif adalah sesuatu yang membutuhkan pedoman spesialis(Hyland 2003; Hyland2004)
B.  PERUBAHAN ZAMAN
              Menguji teori yang bagaimana mengajar writing seperti apa meningkatkan writing.  Sifat dari writing yangbagus, sifat dari teks dan ciri khas serta ke reflekan yang di gunakan dalam kmunitas tulisan.  Hubungan antara, tulisan pertama dan tulisan ke dua yaitu bagaimana sebuah kurikulum dapat menjadi perkembangan untuk sebuah writing.  Perkembangan dari material yang bersifat pembelajaran untuk sebuah kelas writing.  Penggunaan dari komputer dalam intruksi writing berbicara arus balik dan dugaan.


C.  KEJUJURAN
             Menurut Hyland 2002:
                 Untuk membantu guru-guru, dari bahasa menjadi para pengajarnya dalam menulis.  Sebuah ke efektifan guru-guru adalah satu yang dapat membuat pilihan informasi tentang metode, material dan prosedur untuk di gunakan di dalam kelas dan praktek dalam profesinya.  Guru yang kuat adalah seorang guru yang reflek dan membutuhkan kereflektifan pengetahuan untuk relasi aktivitas kelas untuk pencarian yang relevan dan teoritis.

D.   SURAT YANG SIMPLE
             Menulis itu adalah suatu komposisi kemampuan dan pengetahuan tentang teks yang di tuangkan menjadi konteks yang di sajikan untuk pembaca.  Seperti, beberapa keahlian, improvisasi writing dengan praktek.  Bahasa pertama kamu adalah suatu produksi untuk bahasa ke dua.  
E. MASUKAN DALAM BELAJAR WRITING
             Struktur bahasa, fungsi bahasa, tema atau topik, ekspresi yang kreatif, proses komposisi, konten, jenis konteks dari writing.

KESIMPULAN
                 Jadi, kesimpulannya adalah pada pagi yang di sambut dengan hujan yang sangat deras membahas mengenai peraturan yang ada di silabus.  Kesibukan beliau yang berada dalam silabus.  Pokok dari writing empat, perubahan zaman, kejujuran, surat yang simple, masukan dalam belajar writing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

a space for comment and critic