Pagi itu di sambut dengan hujan yang sangat
deras, cuaca pun berubah dari terang menuju gelap. Tetapi, semangat dalam pembelajaran. Hal, itu di karenakan dosen writingnya
bersemangat. Dosen writing kami kali
ini, mr. Lala. Tidak heran, dalam
pembelajaran bersama beliau pasti ada olahraga class review, chapter review
untuk makanan sehari – hari nya. Hal
demikian, sering buka log book untuk berolahraga di pagi hari begitu pun di
malam hari. Jika saya belum membuka log
book, untuk mencoret – coret sebagai olahraga malam hari maka yang terjadi
adalah akan mendapatkan mimpi buruk.
Itulah manfaat berolahraga di malam hari dan berolahraga di malam hari
dan di pagi hari.
Beliau berpendapat, bahwa writing kali
ini akan berbau akademik seperti reading, writing, listening. Awalnya, beliau tidak berniat untuk membahas
silabus. Tetapi akhirnya, beliau pun menjelaskan silabus. Beliau memberikan
intruksi kepada kami, bahwa kami harus membaca silabus dalam waktu lima menit. Hal tersebut bagaikan berpacu kuda, lima
menit pun terasa tiga menit.
Hal – hal yang baru dalam writing class
kali ini, yaitu terdapat class review dan chapter review, critical review, dan
argumen essay, individual presentatio, blogging dan final exam. Untuk chapter dan class review masih sama,
yaitu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Cara penilainnya pun masih sama:
A+
|
98-100
|
B+
|
87-89
|
C+
|
77-79
|
|
|
A
|
94-97
|
B
|
84-86
|
C
|
74-76
|
D
|
60-69
|
A-
|
90-93
|
B-
|
80-83
|
C-
|
70-73
|
F
|
<60
|
Class
review jangan kurang dari lima halaman, begitu pun dengan chapter review jangan
kurang dari 10 halaman. Di harapkan
untuk konsultasi dengan beliau di staf jurusan, dengan menghubungi nomor
telepon beliau. Beliau pun menjelaskan
kesibukan beliau untuk di semester sekarang ini. Peraturan dalam belajar mengajar yaitu kelas
harus bersih sebelum kelas di mulai, tidak boleh telat dari 10 menit, di
harapkan reading and homework harus komplit.
Jika, tidak bisa mengikuti writing class “sms saja nomer beliau” tidak
boleh menelpon. Keadaan yang demikian
pun jika dalam keadaan gawat darurat.
Tidak menghadiri kelas lebih dari tiga hari, maka bersiaplah mendapatkan nilai
rendah. Tidak dapat mengikuti ujian
susulan tanpa ada ijin dari dosen yang bersangkutan. Tidak di perkenankan menggunakan handphone
dan gadget lainnya selama pembelajaran, atur waktu dengan baik. Untuk pria potongan rambut harus ok, jangan
menggunakan kaos oblong. Sedangkan untuk
wanita yaitu jangan menggunakan perhiasan dan baju yang berlebih dan mencolok.
Jari
– jari mahasiswa pun terasa kaku. Kurang
tidur di malam hari, mata bengkak.
Tetapi, itu semua membuat diri kami menjadi lebih baik lagi dalam
menulis. Minimun critical review itu
berkisar 2500 kata dalam bahasa indonesia, dan 3000 kata untuk bahasa inggris
dalam argument essay. Hal tersebut
adalah peraturan dari progress test.
Telah tersedia dalam silabus beliau pun materi-materi yang akan di
sajikan.
Saya
sangat yakin bahwa saya masuk ke IAIN Syekh Nurjati itu saya akan menggapai
cita-cita yang saya inginkan menjadi yang terbaik. Hal tersebut serupa dengan yang di ucapkan
oleh beliau” I want to be the best, tidak ada alasan yang lain”. Kiat sukses dalam hidup yaitu selalu bertanya
karena mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, mencari data yang di butuhkan di
waktu senggang sebagai bahan referensi. semuanya itu adalah kiat sukses dalam
hal apa pun, baik itu phonology, writing 2 ataupun writing 4.
Akademik writing itu sangatlah sulit,
tidak semudah dengan apa yang kita bayangkan. Kenapa demikian? Karena, gaya
bahasa yang terpaku kaku dan baku.
Seperti contohnya I learn to completed, menjadi this study to
completed. Untuk menyempurnakannya bisa
mencari buku-buku di belakang pascasarjana UPI Bandung. Sekarang itu yang di butuhkan adalah seorang
guru yang bisa menulis, karena hidup adalah choices. Jadi, harus di tes terlebih dahulu dengan
memenuhi syarat sebagai berikut:
Theory
Research

ACTIVITY
Semua itu harus bisa di
aplikasikan theory nya dapat, research yang terpercaya, dan di tuangkan menjadi
real activity yang bagus. Orang
– orang akan kuat daya ingatnya
dengan menulis, karena sebelum menulis
mereka mengalami proses membaca. Hal
tersebut akan membentuk:
TEXT
CONTEXT

READER
Text,
orang tersebut akan mencari bahan referensi yang akan di tuangkan ke dalam
kontekstual yang nantinya di sajikan kepada reader.
A.
POKOK DARI
WRITING 4
Menurut
hyland(2003) belajar, bagaimana untuk menulis dalam bahasa ke dua adalah satu
aspek belajar yang telah berubah dari belajar bahasa ke dua. Itu sejajar untuk berbicara Bahasa Inggris
sebagai bahasa pertama, kemampuan untuk menulis efektif adalah sesuatu yang
membutuhkan pedoman spesialis(Hyland 2003; Hyland2004)
B.
PERUBAHAN
ZAMAN
Menguji
teori yang bagaimana mengajar writing seperti apa meningkatkan writing. Sifat dari writing yangbagus, sifat dari teks
dan ciri khas serta ke reflekan yang di gunakan dalam kmunitas tulisan. Hubungan antara, tulisan pertama dan tulisan
ke dua yaitu bagaimana sebuah kurikulum dapat menjadi perkembangan untuk sebuah
writing. Perkembangan dari material yang
bersifat pembelajaran untuk sebuah kelas writing. Penggunaan dari komputer dalam intruksi
writing berbicara arus balik dan dugaan.
C. KEJUJURAN
Menurut Hyland 2002:
Untuk
membantu guru-guru, dari bahasa menjadi para pengajarnya dalam menulis. Sebuah ke efektifan guru-guru adalah satu
yang dapat membuat pilihan informasi tentang metode, material dan prosedur
untuk di gunakan di dalam kelas dan praktek dalam profesinya. Guru yang kuat adalah seorang guru yang
reflek dan membutuhkan kereflektifan pengetahuan untuk relasi aktivitas kelas
untuk pencarian yang relevan dan teoritis.
D.
SURAT YANG
SIMPLE
Menulis itu adalah suatu komposisi kemampuan dan
pengetahuan tentang teks yang di tuangkan menjadi konteks yang di sajikan untuk
pembaca. Seperti, beberapa keahlian,
improvisasi writing dengan praktek.
Bahasa pertama kamu adalah suatu produksi untuk bahasa ke dua.
E.
MASUKAN DALAM BELAJAR WRITING
Struktur bahasa, fungsi bahasa, tema atau topik,
ekspresi yang kreatif, proses komposisi, konten, jenis konteks dari writing.
KESIMPULAN
Jadi,
kesimpulannya adalah pada pagi yang di sambut dengan hujan yang sangat deras
membahas mengenai peraturan yang ada di silabus. Kesibukan beliau yang berada dalam
silabus. Pokok dari writing empat, perubahan
zaman, kejujuran, surat yang simple, masukan dalam belajar writing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
a space for comment and critic