We are simple, but no simple impact. Proudly Presents, PBI C 2012. Happy Reading!

Course: Writing and Composition 4

Instructor : Lala Bumela

This website created by : College student from The State Institute of Islamic Studies Syekh Nurjati Cirebon, The Dapartment of English Education 2012.


widgets

Rabu, 19 Februari 2014

LITERAS



1.       Apa sih literasi itu?
2.      Apa saja sih dimensi nya?
3.      Adakah gagasan dalam literasi?
4.      Apa saja ya prinsip literasi?
5.      Apa yang terjadi literasi pada anak bangsa?
6.      Kesimpulan dari literasi apa ya?

            Dari sejumlah pertanyaan yang ada di atas mari kita bahas satu persatu, di bawah ini:
A.   Pengertian Literasi
Literasi, memiliki beberapa pengertian menurut para ahli.  Menurut Oxford edisi yang ke tujuh (2005:898), mengatakan bahwa literasi adalah suatu kemampuan hanya membaca dan menulis.  Sedangkan, menurut pak lala (11-2-2014) literasi adalah suatu tingkat pemahaman yang nantinya menguasai teknologi dan bahasapengajaran.  Seperti contohnya di Amerika melakukan penyambutan dengan duduk membawa kursi dalam waktu lima menit itu beres, bersih, rapih bahkan tanpa suara ribut atau gaduh sedikit pun.  Ciri- ciri yang memiliki literasi tingkat tinggi yaitu yaitu tidak akan membuang sampah sembarangan, tidak menerobos lampu merah dan tidak akan melakukan korupsi, tidak membuang sampah sembarangan, jika sedang di periksa di bandara dengan waktu yang lama maka dia akan merasa baik-baik saja, senang dalam mengantri, bahkan dari hal yang terkecil pun mereka bisa.  Semua itulah yang akan membuat bangsanya aman, seharusnya negara Indonesia itu yang mayoritasnya islam harus memiliki hal demikian karena telah tercantum dalam al-qur’an. Seperti contohnya anna dhofatu minal iman”kebersihan sebagian dari iman”, tetapi meskipun sudah ada hal yang demikian sebagian dari mereka tidak mengindahkan hal yang demikian. Buktinya yaitu Kota Jakarta saja dilanda banjir tiap tahun, gunung pun meletus dan bencana dimana-mana.  Itu semua adalah dari keteledoran kita, yang di sebabkan tidak berliterat.  Sedangkan Negara Korea Utara itu telah mampu menciptakan nuklir, untuk melindungi negaranya dari serangan musuh.  Hal yang demikian dan lompatan ekonomi itu terletak di literasi.
Menurut Setiadi (2010) di dalam istilah pendidikan itu tidak ada yang namanya literasi, melainkan yang ada yaitu pengajaran bahasa atau disebut juga pembelajaran bahasa. Untuk zaman sekarang yang serba canggih dan modern, literasi itu tidak hanya cukup mengandalkan kemampuan membaca dan menulis saja.  Seperti contohnya, kemampuan mental dan keterampilan baca-tulis.  Sesungguhnya literasi adalah suatu praktek yang menyeluruh yang berkaitan dengan persoalan sosial dan politik.  Kemudian, para ahli pun mempunyai definisi yang baru mengenai literasi yaitu literasi komputer, literasi Bahasa Inggris, literasi matematika, literasi IPA, literasi IPS, dengan adanya hal yang demikian, Free-Body dan Luke melakukan beberapa penawaran mengenai literasi yaitu:
1)      Memahami kode dalam teks
2)      Terlibat dalam memaknai teks
3)      Menggunakan teks secara fungsional
4)      Melakukan analisis dan mentransformasikan teks secara kritis dalam masyarakat yang demokratis.
Para perancang menganjurkan untuk mengeksplor peran dari percakapan dalam kontruksi ilmu pengetahuan, menghasilkan tawaran dari konsep komunitas dan macam-macam pemikiran dan penulisan teks, hubungan antara bahasa dan konteks yang di pakai. 
1)      ... kemampuan individu untuk membaca, menulis dan berbicara dalam Bahsa Inggris, menghitung, memecahkan masalah pada kemampuan yag di pelukan untuk berfungsi di tempat kerja dan di masyarakat.  Untuk mencapai tujuan seseorang mengembangkan pengetahuan dan potensi seseorang. 
2)       Institusi sosial menulis.  Literasi bukan dan tidak pernah ada atribut pribadi atau ideologis lembam "skill", hanya untuk menjadi 'acuired' oleh orang-orang individu. Baik itu teknologi belaka, thoough itu memerlukan sarana produksi baik phsycal dan sosial
3)      .. di abad ke-21, standar kelas dunia, akan menuntut bahwa setiap orang sangat numerete, baik informasi, mampu belajar terus-menerus, dan percaya diri dan mampu memainkan peran mereka sebagai warga masyarakat yang demokratis.



 Dari beberapa pengertian yang ada di atas, dapat di tarik kesimpulan bahwa literasi iti tetap berurusan dengan penggunaan bahasa.  Kini literasi mempunyai tujuh dimensi diantaranya sebagi berikut:
B.   DIMENSI LITERASI
·          Dimensi geografis
·         Dimensi bidang
·         Dimensi fungsi
·         Dimensi media
·         Dimensi jumlah
·         Dimensi bahasa
Orang yang memiliki pemahaman tinggi mengenai literasi yaitu akan terlihat dalam salah satu  kemampuannya yaitu menulis.  Menurut Field Guide to writing(416-476)  memasukkan kesepakatan yang hebat dari pentinganya sebuah informasi tentang format.  Beberapa kertas yang kamu tulis di MLA membutuhkan penglihatan sebagai contoh kertas.  Evaluasi yang di pakai ada tiga, yaitu proses, organisasi, penggunaan bahasa dan sumber informasi.
Menurut Northon Field guide to writing (211-214), awalnya dapat di susun dengan cara list beberapa pertanyaan seperti:
1)      Bagaimana cara memberikan definisi?
2)      Bagaimana cara menggambarkan dan menjelaskan?
3)      Bagaimana cara menganalisis?
4)      Bagaimana cara mengklasifikasikan?
Dalam hal menulis saja, orang yang mempunyai literasi tingkat tinggi akan dapat dengan mudahnya terlihat.  Namun, dia juga harus memiliki kemahiran di bidang lain seperti berbicara, style kesehariannya, dan membaca sebuah teks.

C.   GAGASAN LITERASI
1)      Tertibnya lembaga-lembaga sosial
2)      Tingkat kefasihan yang relatif
3)      Standarisasi
4)      Mengembangkan potensi diri dan pengetahuan.
D.    PRINSIP LITERASI
1)      Literasi adalah suatu kecakapan untuk memenuhi kehidupannya yang memiliki fungsi maksimal untuk menjadi anggota masyarakat.
2)      Literasi itu mampu meningkatkan kualitas membaca dan menulis, bahkan betkomunikasi dengan baik.
3)      Literasi mampu memecahkan suatu permasalahan.
4)      Literasi adalah suatu kajian, untuk mengkaji diri
5)       Literasi adalah hasil pencampuran
6)      Literasi adalah suatu kegiatan untuk interpretasi
E.   LITERASI YANG TERJADI PADA ANAK BANGSA
Skor prestasi yang  membaca dalam kalangan dunia yaitu negara Indoensia terakalahkan oleh Negara Rusia yang meraih skor tertinggi.  Sedangkan Indonesia, menempati juara kelima dari bawah.  Kemudian dalam tiga kategori negara berdasarkan skor membaca tujuan literasi dan tujuan informasi, bangsa Indonesia memiliki indikator yang tinggi dalam retreving daripada interpreting, intergrating dan evaluating process.
Linguistik teks
Maka, inti dari beberapa contoh permasalahan tersebut adalah berawal dari pendidikan saja.  Bangsa Indonesia sudah kalahsaing dengan negara-negara lain. 
Membaca dan   menulis
Kognitif (mind)
Perkembangan (growth)
Sosio kultural (group)
 








PENJELASAN
Menurut kucer (2000), ada tiga paradigma(pemikiran) dalam pembelajaran literasi yaitu pemahaman keterampilan dan bahasa.  Ada suatu paradigma (pemikiran) mengenai bahasa, yaitu bahasa adalahsistem terstruktur yang mandiri, fokus terhadap teks sebagai struktur tata bahasa,  menekankan makna denotatif dalam konteks.  Tetapi untuk zaman sekarang bahasa adalah suatu fenomena sosial, berorientasi pada proses, fokus pada ekspresi diri dan menekankan nilai komunikasi. 
Dengan kata lain, guru bahasa akan melakukan hal-hal seperti tidak melakukan target yang sama kepada semua siswa.  Guru juga akan memberikan intruksi menulis pada siswanya sesuai dengan hobby dan keperluannya secara bebas.  Kesalahan dalam EYD, dapat di sempurnakan ketika proses berjalan.
KESIMPULAN
Pengertian literasi menurut Pak Lala, adalah suatu tingkat pemahaman yang nantinya menguasai teknologi dan bahasa pengajaran.  Oxford edisi ke tujuh (2005:898), mengatakan bahwa literasi adalah suatu kemampuan hanya membaca dan menulis saja.  Free body and Luke melakukan penawaran mengenai literasi yaitu memahami kode dalam teks, terlibat dalam memaknai teks, menggunakan teks secara fungsional.
Dari bebearapa definisi diatas, dapat ditarik menjadi beberapa dimensi yaitu dimensi geografis, bidang, fungsi, media, jumlah dan bahasa.  Selain itu juga, terdapat beberapa prinsip gagasan dan hal-hal yang berliterasi rendah pada anak negeri.  Jadi, rekayasa literasi adalah suatu cara yang di sengaja untuk mendidik manusia dengan berbudaya melalui tingkat pemahaman bahasa yang optimal.  Demikianlah, penjelasan mengenai literasi.

           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

a space for comment and critic